Berita Universitas Islam Riau


30 Mei 2018
2.340 Calon Mahasiswa Baru UIR Jalani Test Tertulis Gelombang I

Pekanbaru: Universitas Islam Riau mulai menseleksi calon mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019. Sebanyak 2.340 lebih calon, pada Rabu pagi (30/5) pukul 09.00-11.00 menjalani test tertulis Gelombang I. Test yang berlangsung selama dua hari di tiga tempat itu (FISIPOL, Fakultas Hukum dan Ekonomi) berjalan lancar, dan mendapat apresiasi positif dari Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L.

Rektor Syafrinaldi memantau langsung test tertulis dalam waktu berbeda. Selain melihat langsung pelaksanaan ujian juga memastikan fasilitas yang tersedia di masing-masing fakultas tak mengecewakan calon mahasiswa. Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Menyusul Fakultas Hukum dan Ekonomi. Dalam kunjungan itu, ia didampingi Wakil Rektor II Ir. H. Asrol, M.Ec, Wakil Rektor III Ir. H. Rosyadi, Kepala Lembaga Penjamin Mutu Dr. Ir. H, Agusnimar, MSc., Kepala Biro Administrasi Umum dan Personalia H. Zakir, S.H., M.Pd, Kepala Biro Keuangan H, Azwirman, SE., M.Acc., CA., CPP., Kepala Biro BAAK AkmarEfendi, S.Kom., M.Kom dan Kabag Humas dan Protokoler Dr. H. Syafriadi, S.H., M.H.

Test hari pertama dilaksanakan untuk calon mahasiswa bidang kemampuan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Mereka menjalani test selama dua jam untuk mata pelajaran yang meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pengetahuan Sosial lainnya serta ilmu keagamaan. Sementara Kamis esok (31/5) tes tertulis dilaksanakan untuk kemampuan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Rektor UIR Syafrinaldi mengakui, jumlah Mahasiswa Baru yang mendaftar di Gelombang I tahun ini turun dibanding tahun lalu. Tahun 2017, pendaftar yang mengikuti ujian seleksi di Gelombang I mencapai 3.200. Tak dijelaskan penyebab turunnya peminat di gelombang pertama, namun Rektor yakin jumlah tersebut akan naik lagi setelah seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri.

”Saya tetap yakin, UIR menjadi salah satu perguruan tinggui pilihan prioritas mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan apalagi kualitas kita sekarang terus membaik. Mudah-mudahan pada Gelombang II nanti jumlah peminat yang masuk ke UIR lebih banyak lagi,” kata Syafrinaldi. Rektor mengatakan, tahun 2017/2018 UIR akan memperketat seleksi penerimaan mahasiswa baru. ”Kita ingin mahasiswa yang bukan dari segi jumlah atau kuantitas, akan tetrapi kualitas.

Maksudnya, mahasiswa yang lolos dan diterima di UIR benar-benar memiliki kemampuan tinggi,” tegas Rektor. Dari 2.340 calon mahasiswa yang mendaftar di Universitas Islam Riau, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan (FKIP) tetap berada di urutan pertama. FKIP masih menempati rangking pertama dengan jumlah mahasiswa 439. Kemudian Fakultas Teknik 395, Fisipol 331, Ekonomi 328, Hukum 299, Pertanian 206, FIKOM 128, FAI 108 dan Psikologi 106.

Kembali

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2018/2019 dapat dilihat disini

Panduan_Pembayaran