Email

Kontak

Email

Kontak

Fakultas Agama Islam UIR Taja Edukasi Halal Bagi Pengusaha Perempuan UMKM Kota Dumai

Dumai, UIRNews: Dosen Fakultas Agama Islam mengadakan kegiatan PKM (Pengabdian kepada Masyarakat) dengan melaksanakan program edukasi halal bagi wirausaha perempuan UMKM di IAI Tafakkuh Dumai pada tanggal 30 Maret 2021 bertepatan dengan tanggal 17 Sya’ban 1442 H dengan tema “Implementasi dan Edukasi Halal Pengusaha Perempuan UMKM Kota Dumai”.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau Dr. H. Zulkifli Rusby, MM, ME,Sy. Selain sosialisasi, FAI juga mengadakan penandatangan MoU dan MoA dengan Rektor IAI Tafakkuh Dr. H. Ahmad Rozai Akbar, MH dan Ketua STIE Tuah Negeri Dumai Dr. H. Zulkifli Z, MM.

Kegiatan PKM dihadiri oleh Rektor IAI Tafakkuh (yang diwakili oleh Wakil Rektor III Dr. Rasyidi, M.Pd) dan Wakil Rektor I Dr. Faisal, bersama Pimpinan FAI dan Civitas Akademi FAI dan Tafakkuh. Kegiatan diisi dengan nara sumber Dr. Hj. Sofia Anita, M.Sain (Direktur LPPOM Provinsi Riau), Dr. Hj. Daharmi Astuti, Lc, M.Ag (Dosen Fakultas Agama Islam UIR & Pengurus MUI Provinsi Riau), dan Boy Syamsul BAkhri, Ak sebagai moderator.

Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Pimpinan FAI, Dosen, Karyawan sebanyak 25 orang. Sasaran sosialisasi adalah wirausaha perempuan UMKM yang bergerak di bidang kuliner dengan berbagai jenis usaha antara lain: aneka keripik, kue basah, rendang ubi, juice kemasan, dan aneka oleh-oleh Dumai.

Kegiatan ini bertujuan untuk membina hubungan silaturrahim, memberikan sosialisasi dan edukasi pentingnya sertifikasi halal kepada produsen, pengusaha perempuan UMKM dan menjadi wujud pelaksanaan Catur Dharma dosen dalam pengabdiannya kepada masyarakat.

Pembinaan dilakukan karena perempuan memiliki peran, fungsi dan tugas yang dominan baik di tengah keluarga maupun di tengah masyarakat dan menjadi target emberdayaan karena perempuan adalah madratul ula tempat pembelajaran dan rujukan pertama bagi generasi anak bangsa. Makanan yang halal akan mempengaruhi tumbuh kembang anak sebagaimana yang diungkapkan ibu Tuty dalam paparannya.

Sertifikasi dan edukasi halal sangat penting dilakukan karena sebagai negara yang emiliki populasi masyarakat mayoritas muslim harus berupaya dalam menjaga makanan, minuman yang dikonsumsi dan dipakai muslim terjamin halal dan thoyyib.

Permasalahan yang ditemukan masih banyak makanan dan minuman yang belum bersertifikasi halal dan data produsen yang mengurus sertifikasi masih kecil jumlahnya dibandingkan dengan produk yang berlabel halal. Ibu Soffi dalam paparannya menyampaika nbahwa sangat penting produsen dan masyarakat mengetahui manamakanan yang halal dan haram dengan mengenali bahan, jenis, proses dan kemasannya sehingga diharapkan perlindungan konsumen muslim dapat diwujudkan.*

[]relis/hms

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content