Email

Kontak

Email

Kontak

23 Universitas Terkemuka Ikuti Kompetisi JOVED 2019

Pekanbaru, UIR : JOVED, Java Overland Varsity English Debate (JOVED) ini adalah kompetisi debat bahasa Inggris dengan pola Australiasian parlementer tingkat Universitas yang pertama di Indonesia dan telah mencetak debaters dan adjudicators handal Indonesia yang membanggakan hingga level dunia. Kompetisi ini diselenggarakan setahun sekali dari tahun 1997 hingga sekarang 2019. Bahkan kompetisi bergengsi debat bahasa Inggris tingkat Nasional seperti IVED (Indonesia Varsity English Debate) “lahir” setelah JOVED.

Debat bahasa Inggris seperti JOVED (Java Overland Varsity English Debate), yang diadakan pada tanggal 14-18 Juni 2019 di Universitas Ciputra Surabaya, merupakan pengalaman yang sangat berharga untuk mahasiswa Hubungan Internasional FISIPOL UIR (Ruatianur Zaky Zahran, Rahayu Kurnia Lestari Bediona, dan Dian Venita Sary) bersama dengan Dosen HI FISIPOL UIR, Artha Yudilla, SI.P, M.A selaku observer dalam kompetisi. Hal ini juga merupakan pengalaman pertama bagi UIR untuk ikut serta, kesempatan yang sangat baik untuk memperkenalkan UIR di ajang debat bahasa Inggris tingkat nasional.

Seni berdiplomasi memiliki kriteria yang sama dengan berdebat, matter, method dan manner menjadi penentu utama, ujar Artha Yudilla.

“Pada awalnya JOVED khusus diikuti oleh Unversitas-Universitas di pulau Jawa, dalam meningkatkan kemampuan debat berbahasa Inggris, maka Universitas-Universitas di luar pulau Jawa pun di ikut sertakan, sekarang ini JOVED terbuka untuk semua universitas seluruh Indonesia yang berkeinginan untuk meningkatkan kemampuan debat berbahasa Inggris”.

Kompetisi JOVED 2019 yang di adakan Universitas Ciputra Surabaya diikuti oleh 23 Universitas terkemuka dengan pengalaman debat tingkat interrnasional seperti Universiatas Indonesia (UI), Universiats Gadjah Mada (UGM), Universitas Bina Nusantara, Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Bandung, Universiatas Airlangga, Universitas Surabaya, Universiatas Negeri Semarang dan beberapa Universitas yang ada di pulau Jawa.

Sedangkan peserta yang berasal dari luar pulau Jawa hanya Universitas Islam Riau dan Universiatas Sumatera Utara. UIR juga masuk menjadi anggota IDC (Indonesia Debating Council) yang memiliki pengaruh untuk merumuskan sistem debat bahasa Inggris di Indonesia, cakap Artha.

Artha berharap dari kompetisi ini dapat menigkatkan kemampuan debat bahasa Inggris mahasiswa HI FISIPOL UIR, sekaligus juga meningkatkan Critical Thinking , Public Speaking dan English Fluency, yang tidak hanya akan dibutuhkan dalam kompetisi debat bahasa Inggris saja tapi juga Konfererensi Internasional, pungkasnya.

Laporan : HUMAS UIR

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content