Email

Kontak

Email

Kontak

Bisnis Goes To Campus 2022, Hadir Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Pada Mahasiswa

Masyarakat Indonesia secara umum belum memahami karakteristik produk dan layanan keuangan yang ditawarkan selama ini. Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) pada tahun 2019 menyebutkan bahwa indeks literasi keuangan mencapai 38,03%, sedangkan indeks inklusi keuangan 76,19%. 

Melek keuangan penting untuk pemberdayaan masyarakat, untuk itu mahasiswa sebagai agen perubahan diharapkan membantu pemerintah dan kalangan industri keuangan dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan.

Salah satu cara meningkatkan literasi dan inklusi keuangan pada mahasiswa, Bisnis Indonesia Media Group bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar kegiatan yang bertajuk Bisnis Indonesia Goes To Campus (BGTC) 2022   dI Gedung Rektorat Kampus Universitas Islam Riau (UIR), Kamis (22/9/2022) yang diikuti lebih kurang 170 orang mahasiswa. 

Kegiatan pada BGTC 2022 tersebut akan berlangsung selama satu hari penuh serta diisi dengan berbagai kelas dan materi dari bermacam latar belakang seperti profesional, akademisi, dan praktisi yang pastinya berkompeten di bidangnya.  

Wakil Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia, Rahayuningsih menyampaikan kegiatan Bisnis Indonesia Goes To Campus 2022 merupakan kegiatan yang mengulas perkembangan transformasi keuangan di Indonesia yang saat ini sudah beralih ke era digital, masifnya transformasi tersebut tidak disertai dengan literasi masyarakat yang tinggi 

“BGTC 2022 digelar bertujuan untuk meningkatkan literasi digital terutama literasi akan inklusi keuangan masyarakat, corong paling mudah untuk memberikan pemahaman tersebut adalah mahasiswa” ujar Rahayuningsih

Maka dari itu diharapkan mahasiswa UIR dapat menjadi salah satu agen perubahan yang dapat menyebarkan benih – benih inklusi digital di tengah masyarakat. 

Rektor Universitas Islam Riau yang diwakili oleh Wakil Rektor 3 Dr. Admiral, S.H., M.H. mengatakan dalam sambutannya bahwa tema serta isu yang diangkat oleh BGTC 2022 sangatlah relevan untuk dibahas saat ini karena semua proses perbankan dan keuangan sebagian besar sudah beralih ke digital 

“Kami berterima kasih serta apresiasi atas terpilih nya UIR oleh Bisnis Indonesia sebagai salah satu tempat digelarnya acara ini, dari kegiatan ini kiranya dapat menambah literasi keuangan pada para mahasiswa” ungkap Admiral 

Setelah dibukanya acara oleh Wakil Rektor 3, acara lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para narasumber yang dibagi menjadi beberapa kelas diantaranya, Kelas Finansial, Kelas Asuransi, Kelas Pasar Modal, Kelas Keuangan, dan Kelas Jurnalistik. Pada kegiatan BGTC 2022 juga dimeriahkan dengan life music dan beberapa stand – stand dari UMKM yang ada di Pekanbaru, serta beberapa mitra seperti Bank Riau Kepri Syariah, Pegadaian, dan Telkomsel yang dipusatkan di Halaman Parkir Gedung Rektorat Universitas Islam Riau. (kh/hms) 

Share:

More Posts

Universitas Islam Riau Campus
Jl. Kaharuddin Nasution 113, Pekanbaru 28284
Indonesia

Telepon :  +62 761 674674
Faks :   +62 761 674834
Email : info[at]uir.ac.id

© Universitas Islam Riau developed by SIMFOKOM

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM