• Zaini Kunin: Setiap Warga Negara Berhak Mendapatkan Pendidikan Oleh Dr. M. Husnu Abadi , S.H., M.Hum

    Zaini Kunin: Setiap Warga Negara Berhak Mendapatkan Pendidikan Oleh Dr. M. Husnu Abadi , S.H., M.Hum

    SALAH satu warisan penjajah Belanda adalah kemiskinan dan rendahnya tingkat pendidikan yang dapat dicapai oleh mayoritas penduduk bangsa Indonesia. Hanya kalangan tertentu saja yang dapat menikmati dunia pendidikan di masa penjajahan Belanda. Surat-surat Kartini kepada temannya di Belanda yang kemudian dibukukan menjadi Habis Gelap Terbitlah Terang menggambarkan betapa tertinggalnya kaum wanita masa itu, tidak mempunyai […]


26 September 2018
Di Seminar Entrepreneurship FAI, Jon Erizal  Semangati Mahasiswa UIR Menjadi Wirausaha 

PEKANBARU: Menjadi seorang usahawan yang mandiri ternyata tak terlalu sulit. Kiat-kiat bagaimana berwirausaha itu dipaparkan Anggota Komisi XI DPR RI yang juga Pengusaha sukses, Jon Erizal, SE., MBA. Dihadapan ratusan mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau Jon melontar sejumlah gagasan sederhana, menarik dan mudah dilaksanakan.

Tak terlalu susah. Ia melihat ke UIR. Universitas tertua di Riau itu, kata Jon Erizal, memiliki lebih dari 27 ribu mahasiswa. Kenapa potensi ini tidak dijadikan market dalam mengembangkan usaha. Di UIR dengan jumlah mahasiswa sebesar itu, kata Jon Erizal, produk apapun bisa dijual. Sembako, misalnya, semua mahasiswa dan orangtua membutuhkan sembako. Atau produk lain sesuai kebutuhan mahasiswa. Tinggal memenejnya saja lagi.

”Mari kita buat aplikasi berbasis online untuk keperluan internal, dan UIR kita jadikan market utama. Saya siap membantu pendanaan kalau adik-adik mahasiswa ingin membuat aplikasi,” kata Jon Erizal saat menjadi pembicara utama pada Seminar Entrepreneurship yang ditaja Fakultas Agama Islam UIR di FAI, Selasa siang (26/9).

Menurut Jon Erizal, memulai sebuah usaha membutuhkan kemauan dan modal. Modal, katanya, di zaman sekarang mungkin tak terlalu masalah karena ada bank yang siap mengucurkan dana. Tapi kemauan dan keberanian merupakan hal penting yang harus dimiliki seorang untuk memulai berusaha. Ia mencontohkan usaha-usaha yang awalnya kecil sekarang tumbuh menjadi besar.
Seperti Go-Jeck dan Grab (perusahaan online bidang transportasi), bukalapak (perusahaan jual beli barang online), tokopedia (perusahaan jual beli barang online), traveloka (perusahaan pemesanan tiket pesawat, kereta api dan tiket lainnya),  OLX (perusahaan jual beli barang online), lazada (perusahaan jual beli barang online) dan lain-lain.

Perusahaan-perusahaan berbasis online tersebut tumbuh cepat. Bahkan Go-Jek mendapat suntikan dana $550 juta atau setara Rp 7 triliun dari perusahaan investasi asal Amerika Serikat KKR & Co dan Warbug Pincus. ”Investasi dari perusahaan asing itu  membuat Go-Jek lebih bernilai daripada perusahaan transportasi konvensional,” ujar Jon Erizal.

Yuk, kata Jon Erizal memberi semangat, kita mulai berwirausaha dari kampus UIR dengan 27 ribu mahasiswa. Kita buat aplikasi. Misalnya di FAI ada produk bolu komojo. Supaya kue bolu komojo FAI berbeda rasa dengan bolu komojo lain, kita lakukan research terlebih dahulu.

Research atau penelitian penting supaya saat kita masuk ke pasar, ada selera konsumen yang kita ketahui, dan produk bolu komojo kita berbeda rasa dengan orang lain. Begitu juga produk-produk lain. Saya siap membantu jika Dekan FAI serius menjadikan mahasiswa-mahasiswanya berbisnis menjadi pengusaha muda,” ungkap Jon Erizal memberi tantangan.

Seminar yang dibuka Dr. Agusnimar mewakili Rektor UIR ini juga menghadirkan pelaku usaha Masita, SAg., M.Pd. Turut hadir selain Dekan FAI Dr. Zulkifli Rusby, MM., ME.Sy, juga Wakil Dekan I Dr. H. Faturrahman, Wakil Dekan II Dr. H. Hamzah, Direktur Pascasarjana Dr. Saipul Bahri, Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ujang Paman, Putri Nuraini, SE., Sy., ME selaku moderator dan dosen-dosen di Fakultas Agama Islam.*

Kembali

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2018/2019 dapat dilihat disini

Silahkan unduh cara pembayaran SPP Dasar dan SKS disini.

Silahkan Download Sertifikat BAN PT Prodi dan UIR disini

Profil Universitas Islam Riau dapat diunduh disini

Untuk UIR News dapat di unduh disini

 

Download SK Penyesuaian Kewajiban Mahasiswa Baru 2021/2022 (Tidak ada perubahan dari tahun ajaran 2019/2020)

Disini

HASIL-SELEKSI-DOSEN-KONTRAK-2019
PENGUMUMAN-DOSEN-TETAP-V.1

 

Pengumuman penerimaan dosen tetap UIR dapat diunduh disini

 

UirNews Edisi 3

Untuk UIR News Edisi Ketiga dapat di unduh disini

 

Berikut berita acara dan data nama penerimaan dosen Universitas Islam Riau yang lulus Administrasi Tahun 2019.

BA-PENERIMAAN-DOSEN-FAI-DAN-PSIKOLOGI

File dapat diunduh disini

 

 

Berikut adalah pengumuman penerima beasiswa Pemerintah Provinsi Riau

1. Beasiswa FKIP

BeasiswaFKIP

 

2. Beasiswa Prodi Teknik Peminyakan

BeasiswaT.Perminyakan

 

3. Beasiswa Prodi Kriminologi

BeasiswaKriminologi

 

4. Beasiswa Bhakti Negeri

BeasiswaBhaktiNegeri

 

5. Beasiswa Tahfiz

BeasiswaTahfiz

Berikut adalah Undangan Sosialisasi Beasiswa Pemerintah Provinsi Riau

1. Beasiswa FKIP

UndanganFKIP

 

2. Beasiswa Prodi Teknik Peminyakan

UndanganT.Perminyakan

 

3. Beasiswa Prodi Kriminologi

UndanganKriminologi

 

4. Beasiswa Bhakti Negeri

UndanganBhaktiNegeri

1. PENDAFTARAN CALON KETUA UMUM IKA UIR PERIODE 2020-2024

Berikut adalah persyaratan dan tata cara pendaftaran calon ketua umu IKA UIR periode 2020-2024

PERSYARATAN PENDAFTARAN KETUA UMUM IKA UIR 2020

Formulir pendaftaran dapat didownload disini

 

2. PENDAFTARAN SAYEMBARA LOGO IKA UIR

Berikut adalah persyaratan dan tata cara pendaftaran sayembara logo IKA UIR

SYARAT DAN KETENTUAN SYAMEBARA LOGO IKA UIR-REVISI

Formulir pendaftaran dapat di download disini

Brosur Penerimaan Mahasiswa Baru T.A 2021/2022 dapat diunduh disini