Email

Kontak

Email

Kontak

IATP Fakultas Teknik Silaturrahmi ke Dekanat dan Rektorat

Pekanbaru, UIRNews: Roadshow Silaturrahmi Ketua Ikatan Alumni Teknik Perminyakan (IATP) Fakultas Teknik Universitas Islam Riau dan segenap Pengurus IATP ke Pihak Dekanat & Rektorat Universitas Islam Riau.

Kegiatan ini berlangsung di Kampus Teknik UIR Marpoyan (26/02/2021) yang dilaksanakan di Ruang Meeting Fakultas Teknik UIR yang dipimpin Dekan FT UIR Dr. Eng. Muslim, ST., MT didampingi Wakil Dekan III FT UIR Akmar Effendi, S. Kom., M. Kom. dan Ketua Prodi Teknik Perminyakan UIR bu Novia Rita, ST. beserta jajaran Fakultas Teknik UIR menerima kunjungan Silaturahmi Ketua IATP terpilih Periode 2021-2024 Norahmansyah, ST., MT. beserta Pengurus Inti IATP UIR, Muhammad Ismail, ST. (Sekretaris Jendral), Yufi Hendra, ST. (Ketua Internal) dan beberapa Ketua Bidang ; InfoKom M. Fadly, ST. & Bakti Armansyah, ST., External Relation M. Aminullah, ST., Official & Admin Aulia Nur Akbar, ST.

Kunjungan Silaturahmi & Audiensi tersebut juga sekalian Penyerahan SK Pengurus IATP dari Dekan Fakultas Teknik UIR kepada Ketua IATP UIR.

Pada pertemuan tersebut Dekan FT UIR Muslim berpesan agar keberadaan IATP UIR bisa memberikan kontribusi terbaik kepada Almamater terkhusus Teknik Perminyakan UIR berupa memberikan Program Pelatihan/ Pembekalan/ Mentoring dari Alumni yang sudah bekerja di Sektor Migas khususnya kepada adik-adik Alumni yang baru selesai kuliah dan menjadi Petroleum Engineer (PE) sebagai Sumber Daya Migas yang siap berkompetisi dan berkiprah di Perusahaan Minyak & Gas dan sektor-sektor Energi lainnya. Dengan adanya eksistensi dari Alumni Teknik Perminyakan UIR ini menjadi salah satu faktor pendukung peningkatan Akreditasi Fakultas maupun Universitas.

Pada kesempatan pertemuan tersebut juga Ketua IATP menyampaikan gambaran umum Program Kerja Jangka Pendek dan Jangka Panjang kepada Dekan & Wakil Dekan III FT UIR dan mensinkronkan Program FT UIR & IATP UIR dalam hal Pengembangan & Peningkatan Kualitas Sumber Daya Migas Sarjana Perminyakan UIR yang kompeten & profesional untuk siap terjun ke dunia kerja di sektor migas.

Kampus Rektorat UIR Marpoyan (01/03/2021) di ruang meeting Wakil Rektor III Ir. H. Rosyadi, M.Si didampingi Fitrianti, ST., MT. mewakili Dekan FT UIR, Prodi TP UIR & Migas Centre, menerima kunjungan Silaturahmi Ketua IATP terpilih Periode 2021-2024 Norahmansyah, ST., MT. beserta Pengurus Inti IATP UIR ; Muhammad Ismail, ST. (Sekretaris Jendral), Samsuri Daris, ST. (Ketua Eksternal), Yufi Hendra, ST. (Ketua Internal), Zainuddin, ST. (Ketua Enterpreneur) dan beberapa Ketua Bidang ; InfoKom M. Fadly, ST. & Bakti Armansyah, ST., Pengembangan SDM Denny Marianto, ST., External Relation M. Aminullah, ST., Official & Admin Aulia Nur Akbar, ST. & Sutan P. Hasibuan, Ketua IATP juga membawa Dewan Pembina IATP bu Dewi Sari, ST. & pak Junaidi Abdul Rahman, ST.

Kunjungan Silaturahmi & Audiensi tersebut merupakan bagian dari Roadshow Ketua IATP & Pengurus Inti IATP UIR ke pihak Rektorat Universitas Islam Riau. Pada pertemuan tersebut Ketua IATP UIR Norahmansyah menyampaikan beberapa concern terkait Program Kerja yang bersentuhan langsung di sektor Migas Riau dalam mempersiapkan SDM Migas Riau yang kompeten & profesional dalam menjawab tuntutan Industri Perminyakan Nasional maupun Internasional, Ketua IATP UIR juga menyampaikan saran masukan kepada pak WR III UIR terkait Sylabus Mata Kuliah Teknik Perminyakan UIR selain Ilmu Pengetahuan Perminyakan dan Keahlian Pendukung seperti ; Computer/Software Skill, English Skill juga ditambah dengan Sylabus Arabian Skill (kemampuan berbahasa Arab), hal ini untuk menjawab tantangan kebutuhan akan Tenaga Ahli Perminyakan dari Indonesia di Timur Tengah (Negara-negara Arab) dalam skala Internasional yang lebih menyukai SDM Migas dari Indonesia yang punya kemampuan berbahasa Arab.

Sementara untuk skala Regional Provinsi Riau Ketua IATP berharap nanti bersama Rektorat & Dekanat FT UIR & pihak-pihak yang berkepentingan di Riau akan memberikan saran masukan kepada PemProv & PemDa agar bisa terbit suatu Kebijakan atau Peraturan Daerah/ Peraturan Gubernur yang mengatur dan mengikat kepada semua pihak/ perusahan yang bergerak di Sektor Migas Riau untuk memprioritaskan terlebih dahulu SDM yang memiliki Ilmu & Kompetensi Migas dari Riau khususnya sebelum mereka merekrut/ memasukkan SDM Migas dari luar Riau.

Wakil Rektor III UIR Rosyadi juga menjelaskan beberapa program kerja UIR dengan sebutan istilah Kampus Merdeka dalam menjawab tuntutan kualitas SDM Riau, terkhusus SDM Migas Riau seperti dibentuknya ; Migas Centre UIR, Laboratorium Migas, Workshop Enterpeneurship Kemahasiswaan, adanya Program boleh mengambil Mata Kuliah 1 semester di Jurusan/ Fakultas lain dalam lingkungan Kampus UIR, sehingga khususnya untuk Sylabus Bahasa Arab, mahasiswa Teknik Perminyakan UIR bisa mengambil mata kuliah Bahasa Arab di Fakultas Agama Islam (FAI) – UIR, sedangkan program yang berskala Internasional, UIR telah memberikan Kebijakan 2 semester mengambil Mata Kuliah di Universitas Luar Negeri yang sudah ber-MoU dengan UIR, seperti di ; Malaysia, Thailand, Philipina, Vietnam, Korea, Libya, Uganda, dll.

Wakil Rektor III UIR juga sempat menjelaskan terobosan yang akan ditempuh dan kebetulan sinkron dengan Progam Kerja IATP UIR dalam hal terbentuk/ terbitnya PerDa/ PerGub di Riau terkait proteksi SDM Daerah Riau untuk bisa eksis membangun Riau terkhusus dari sektor Migas Riau.

Temu ramah dengan pihak Rektorat ini bertujuan untuk menjalin sinergisitas dalam memajukan almamater kedepan sehingga ada upaya-upaya yang dibangun bersama dalam memacu untuk meningkatkan prestasi Mahasiswa/ Alumni di tingkat Nasional dan Internasional.

WR III UIR menyampaikan bahwa yang terpenting adalah memupuk hubungan silaturrahmi, komunikasi dan rasa solidaritas yang realistis agar alumni tidak terpecah-pecah, sehingga nanti banyak agenda yang telah dicanangkan akan terwujud dengan dibangunnya sinergi bersama antara civitas akademika dengan para Alumni. Alumni akan menjadi kuat dan bermarwah dalam dunia industri perminyakan khususnya jika satu usaha dibangun bersama-sama dengan saling bahu-membahu mendapatkan cita-cita yang telah direncanakan kerangkanya.

Arah itulah yang akan kami bangun dengan dikemas dalam program-program yang menitik beratkan kepada peningkatan kualitas SDM Migas FT UIR khususnya yang kompeten dan profesional sehingga almamater yang baru keluar dari pembelajaran kampus akan merasa seperti sudah terbiasa dan siap dengan keadaan lingkungan kerja di industri, papar ketua IATP saudara Norahmansyah, ST., MT.

Dekan Fakultas Teknik UIR juga mengharapkan kepada semua pengurus IATP dapat sekiranya membantu beberapa program-program kampus di Fakultas Teknik UIR seperti media mahasiswa untuk belajar di lapangan atau field trip, kuliah praktek, magang dan lebih jauh dapat membantu sharing knowledge kepada adik-adik mahasiswa sehingga wawasan mahasiswa akan terbuka bagaimana kondisi, situasi dan emosionalisme di linkungan industri migas. Harapan ini tidak habis sampai disana, namun Bapak Dekan juga menginginkan IATP dapat direkayasa sebagai salah satu badan usaha yang akan membentuk kemandirian IATP dalam berbagai hal, dalam hal ini kampus akan men-support dalam membantu kemajuan IATP kedepan.

Rasa kebersamaan ini sangat terasa kental dan terus mengalir karena sangat dirasakan ada link and match antara IATP, Dekan FT UIR dan WR III UIR untuk men-support memajukan IATP kedepan, temu ramah ini ditutup dengan photo bersama sebagai tanda bahwa IATP akan membawa arah kemajuan secara progresif dengan usaha dan keyakinan bersama.

Laporan : hmsuir

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content