• Riau Beternak Konflik

    Riau Beternak Konflik

    Persoalan asap yang sedang marayakan ulang tahun ke dua puluh dua tahun pada tahun 2019 ini, sudah merupakan derita panjang bagi kami dan kita orang Riau, yang selalu hiruk pikuk ketika asap tersebut datang. Bahkan ada sebagian masyarakat menilai bahwa musibah ini merupakan hibah bagi para pemain di pusat sana, agar dapat laba dalam proyek […]
Jl. Kaharuddin Nasution 113 Pekanbaru Riau
28284 Ph: +62.761.674.674 Fax.: +62.761.674.834
Email : info@uir.ac.id


9 Agustus 2019
FIKOM UIR Bersama APDESI Rokan IV Koto, Taja Workshop Komunikasi Humas Pemerintahan Desa

Pekanbaru, UIR : Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Islam Riau sukses menggelar workshop pemberdayaan keahlian komunikasi HUMAS Pemerintahan Desa, yang diadakan se-Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu pada 8 Agustus 2019.

Ferizarma menjelaskan, pembekalan keterampilan dalam bidang komunikasi bagi aparatur Pemerintahan Desa ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Kegiatan yang merupakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang ditaja oleh Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Islam Riau (UIR) berkerjasama dengan Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia (APDESI) Rokan IV Kota, yang dibuka oleh Ferizarma Kasi Pemerintahan Camat Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Bersamaan dengan kegiatan, ketua Tim Pengabdian Masyarakat dan sekaligus sebagai narasumber pada kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemamapuan apartur Desa dari segi penguasaan skil komunikasi HUMAS, sehingga melalui kegiatan ini diharapkan aparatur Desa dapat meningkatkan upaya maksimal melayani masyarakat dari berbagai tingkatan strata sosial dan masalah yang mereka hadapi, ujar Dr Dafrizal Samsudin.

Hal yang sama didalam kegiatan juga disampaikan Dekan Fikom UIR, Dr. Abdul Aziz, M.Si, banyak potensi Desa yang bisa diangkat membangkitkan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan media komunikasi termasuk media sosial. hampir semua orang saat ini memiliki akun media sosial, maka manfaatkanlah media sosial untuk mengenalkan potensi Desa tersebut.

Dekan Fikom menambahkan yang juga menjadi salah seorang narasumber dalam pelatihan mengatakan, teknik-teknik komunikasi sangat penting dikuasai bagi aparatur dalam membangun citra pelayanan pemerintah yang terkadang masih dianggap kurang baik. “Banyak persoalan besar yang bisa diselesaikan dengan komunikasi, sebaliknya banyak persoalan kecil menjadi besar karena buruknya komunikasi,” kata Dr. Abdul Aziz, M.Si.

Senada juga disampaikan Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia (APDESI) Kecamatan Rokan IV Koto, Alexusanto, S.Ip, mengatakan, penting bagi aparatur Desa meningkatkan skill komunikasinya dalam melayani masyarakat. Tambah beliau, umumnya masarakat Desa terdiri dari banyak ragam perbedaan dalam segi tingkat pendidikan dan pengalaman sehingga saat melayani masyarakat tersebut memerlukan skil komunikasi yang memdai. Melalui pelatihan ini, aparatur Desa diharapkan bisa menguasai teknik-teknik komunikasi yang baik dalam melayani masyarakat,” kata Alexusanto yang juga merupakan Kepala Desa Rokan Koto Ruang.

Pelatihan Pemberdayaan Komunikasi Humas Bagi Aparatur Desa ini sendiri diikuti puluhan peserta yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa dan aparatur Desa lainnya di Kecamatan Rokan IV Koto, Selain itu, Peserta dalam pelatihan ini diberi pemahaman tentang, pengetahuan dasar tentang humas di pemerintahan Desa, teknik-teknik komunikasi yang baik dalam memberikan pelayanan Desa, serta pemanfaatkan media sosial dalam mensosialisasikan potensi Desa.

Laporan : HUMAS UIR

Kembali

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2018/2019 dapat dilihat disini

panduan_pembayaran_baru

Silahkan Download Sertifikat BAN PT Prodi dan UIR disini

majalah-untuk-cetak-2_compressed

 

Profil Universitas Islam Riau dapat diunduh disini

UIRNews_E2

Untuk UIR News dapat di unduh disini

 

Kepada mahasiswa angkatan 2013/2018 Input KRS dan Pembayaran SPP Dasar semester Ganjil T.A 2019/2020 paling lambat tangal

19 AGUSTUS 2019

  1. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank :
    1. BPR Unisritama Kampus UIR (Fasilitas : Teller)
    2. Bank Syariah Mandiri (BSM) (Fasilitas : Teller, Internet Banking, Mobile Banking)
    3. Bank Mega Syariah (Fasillitas : Teller, ATM, Internet Banking)
    4. Bank Negara Indonesia (BNI) (Fasilitas : Teller, ATM, Internet Banking, Mobile Banking)
  2. Bagi mahasiswa yang tidak mengindahkan batas waktu yang telah ditetapkan, maka mahasiswa tidak diperbolehkan mengikuti perkuliahan semester ganjil pada T.A 2019/2020

Pekanbaru, 26 Juni 2019

Wakil Rektor Akademik,

 

 

Dr. H. Syafhendry, M.Si

Download SK Penyesuaian Kewajiban Mahasiswa Baru 2019/2020

Disini

HASIL-SELEKSI-DOSEN-KONTRAK-2019
PENGUMUMAN-DOSEN-TETAP-V.1

 

Pengumuman penerimaan dosen tetap UIR dapat diunduh disini