• Riau Beternak Konflik

    Riau Beternak Konflik

    Persoalan asap yang sedang marayakan ulang tahun ke dua puluh dua tahun pada tahun 2019 ini, sudah merupakan derita panjang bagi kami dan kita orang Riau, yang selalu hiruk pikuk ketika asap tersebut datang. Bahkan ada sebagian masyarakat menilai bahwa musibah ini merupakan hibah bagi para pemain di pusat sana, agar dapat laba dalam proyek […]
Jl. Kaharuddin Nasution 113 Pekanbaru Riau
28284 Ph: +62.761.674.674 Fax.: +62.761.674.834
Email : info@uir.ac.id


9 Agustus 2019
July Wiarti Sosialisasikan UU KDRT di Kabupaten Lampung Barat

Lampung, UIR : Dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Riau July Wiarti, SH, MH mensosialisasikan Undang Undang Kekerasan Dalam Rumah Tangga di daerah Lampung Barat. Kegiatan yang berlangsung di salah satu masjid pada Rabu (5/6) itu merupakan wujud dari pelaksanaan catur dharma perguruan tinggi. Utamanya pengabdian kepada masyarakat dalama bentuk penyuluhan hukum.

Dalam sosialisasi itu, July menyatakan perbedaan gender rasanya hingga sekarang masih menjadi problematika bagi setiap lini kehidupan. Jenis kelamin antara Laki-laki dan perempuan selalu dianggap sebagai jurang pemisah dalam segala hal. Salah satunya perbedaan dalam perolehan hak. Perempuan selalu dianggap sebagai kaum yang lemah dan laki-laki sebagai kaum yang kuat. Namun perbedaan itu juga dapat berakibat buruk bila disalah-artikan.

Kata wanita kelahiran Air Tiris Kampar ini, pria menganggap dirinya lebih kuat dan dominan dari perempuan. Lalu menganggap perempuan lebih rendah dari lelaki sehingga memperlakukan perempuan dengan sesuka hati. Tidak memperlakukannya dengan manusiawi. Contoh, yang sering terjadi kekerasan fisik terhadap istri oleh suami.

Hal ini dikenal dengan Kekerasan dalam Rumah Tangga. ”Untuk menghindari terjadinya kekerasan dalam rumah tangga secara terus menerus, Pemerintah telah menerbitkan peraturan yang melarang kekerasan dalam rumah tangga,” ujarnya. Yakni Undang-undang Nomor 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga.

Akan tetapi, sejak Undang-undang tersebut diterbitkan tahun 2004, ternyata kekerasan dalam rumah tangga masih sering terjadi. Salah satunya di Lampung.

Ia menyatakan, untuk mencegah terjadinya kejahatan, ada dua upaya yang dapat dilakukan. Yaitu upaya penal dan nonpenal. Upaya nonpenal adalah penanggulangan kejahatan tanpa menggunakan hukum pidana. Upaya ini identik dengan bentuk pencegahan. Salah satu bentuk pencegahannya adalah melakukan sosialisasi ke masyarakat luas seputar larangan kejahatan.

Dikatakan, menurut UU Penghapusan KDRT terdapat beberapa dua bentuk kekerasan dalam rumah tangga. Kekerasan fisik, psikis, seksual dan penelantaran rumah tangga. Kekerasan fisik merupakan perbuatan yang mengakibatkan rasa sakit, jatuh sakit, atau luka berat.

Kekerasan psikis adalah perbuatan yang mengakibatkan ketakutan, hilangnya rasa percaya diri, hilangnya kemampuan untuk bertindak, rasa tidak berdaya, dan/atau penderitaan psikis berat pada seseorang.

Kekerasan seksual ialah pemaksaan hubungan seksual terhadap anggota keluarga. Penelantaran rumah tangga yakni dilarang menelantarkan orang dalam lingkup rumah tangganya. Padahal menurut hukum yang berlaku, baginya atau karena persetujuan atau perjanjian ia wajib memberikan kehidupan, perawatan, atau pemeliharaan kepada orang tersebut.*

Laporan : HUMAS UIR

Kembali

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2018/2019 dapat dilihat disini

panduan_pembayaran_baru

Silahkan Download Sertifikat BAN PT Prodi dan UIR disini

majalah-untuk-cetak-2_compressed

 

Profil Universitas Islam Riau dapat diunduh disini

UIRNews_E2

Untuk UIR News dapat di unduh disini

 

Kepada mahasiswa angkatan 2013/2018 Input KRS dan Pembayaran SPP Dasar semester Ganjil T.A 2019/2020 paling lambat tangal

19 AGUSTUS 2019

  1. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank :
    1. BPR Unisritama Kampus UIR (Fasilitas : Teller)
    2. Bank Syariah Mandiri (BSM) (Fasilitas : Teller, Internet Banking, Mobile Banking)
    3. Bank Mega Syariah (Fasillitas : Teller, ATM, Internet Banking)
    4. Bank Negara Indonesia (BNI) (Fasilitas : Teller, ATM, Internet Banking, Mobile Banking)
  2. Bagi mahasiswa yang tidak mengindahkan batas waktu yang telah ditetapkan, maka mahasiswa tidak diperbolehkan mengikuti perkuliahan semester ganjil pada T.A 2019/2020

Pekanbaru, 26 Juni 2019

Wakil Rektor Akademik,

 

 

Dr. H. Syafhendry, M.Si

Download SK Penyesuaian Kewajiban Mahasiswa Baru 2019/2020

Disini

HASIL-SELEKSI-DOSEN-KONTRAK-2019
PENGUMUMAN-DOSEN-TETAP-V.1

 

Pengumuman penerimaan dosen tetap UIR dapat diunduh disini