• Tantangan Hukum di Era Revolusi Industri 4.0 Oleh : Syafrinaldi

    Tantangan Hukum di Era Revolusi Industri 4.0 Oleh : Syafrinaldi

    PEMBANGUNAN yang dilakukan oleh suatu bangsa harus memihak kepada kepentingan rakyat.  Pembangunan sebagai suatu proses yang berkesinambungan harus senantiasa tanggap dan peka terhadap dinamika yang terjadi di dalam masyarakat, baik di bidang politik, ekonomi, teknologi, sosial dan budaya dan sebagainya. Masyarakat modern (modern society) hidup dalam era teknologi informasi (information technology) atau disebut juga dengan […]
Jl. Kaharuddin Nasution 113 Pekanbaru Riau
28284 Ph: +62.761.674.674 Fax.: +62.761.674.834
Email : info@uir.ac.id


20 Juli 2019
Ka. Prodi Perminyakan UIR, Korean Research Consortium dan Edy Natar Nasution Bahas Perekonomian Riau Terutama Oil dan Gas

Pekanbaru, UIR : Tim yang di pimpin oleh Mr. Richard Lee M.Sc dari Hansung Heavy Industries Ltd, melakukan kunjungan ke Provinsi Riau khususnya ke Prodi Teknik Perminyakan UIR. Tim tersebut terdiri dari beberapa institusi dari Korea Selatan seperti Pohang Techno Park (Dr. Chang Woo Ohk), Golden Engineering ( Dr. Won Beom Kim dan Jae Yoon Lee M.Sc), Hansung Heavy Equipment (Mr. Richard M.Sc) dan Seoul National University yang tergabung dalam satu konsorsium melakukan R&D (research and development) bidang oil and gas.

Tim Bersama Dr. Eng. Muslim, dan Ir. Roby Koto menemui Wakil Gubernur Riau untuk menjajaki peluang kerjasama Provinsi Riau dengan pihak Korea. Pertemuan ini tidak terlepas dari andil Dr. Wan Sofyan Hadi sebagai salah satu Researcher dari Provinsi Riau (Balitbang), Jumat (19/07).

Kehadiran research consortium ini disambut oleh Pak Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution di ruang kerjanya yang dihadiri oleh Kepala Badan Penanaman Modal Asing (PMA Provinsi Riau). Dalam pertemuan Pak Wagub Riau menjelaskan potensi yang ada di Provinsi Riau bidang pertanian seperti Kelapa Sawit, Kelapa dan Sagu.

Wagub Riau berharapkan tim dari Korea dapat menginformasikan ke pelaku industri di negeri Ginseng, agar terbukanya peluang yang besar dan bahan baku tersebut dapat dijadikan produk turunan yang lebih bernilai sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Riau, ujar Edy Natar.

Selain itu terbuka peluang kerjasama Pohang Techno Park dengan Pelalawan Techo Park, seperti pihak Korea dapat membantu bagaimana mengembangkan Techno Park yang ada di Riau sehingga semakin banyak memberikan kontribusi sebagai inkubator untuk mengembangkan inovasi, produk dan pengembangan bisnis lainnya yang membutuhkan dukungan Pemerintah Provinsi Riau, tutup Wakil Gubernur Riau.

Mr. Richard sebagai ketua tim menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pihak Provinsi Riau dalam hal ini Wakil Gubernur yang telah menyediakan waktu untuk menerima mereka serta menyampaikan potensi atau peluang investasi di Provinsi Riau.

Hal senada juga disampaikan Dr. Eng. Muslim sebagai Ka. Prodi Teknik Perminyakan menjelaskan tim riset dari Korea ini pernah hadir ke UIR, yaitu institusi seperti ke Fakultas Teknik UIR pada tanggal 16 Juli 2019 yang lalu. Kehadirannya dalam rangka memberikan kuliah umum tentang Introduction Pohang Techno Park dan Hansung Heavy Industry dengan pemateri Mr. Richard Lee dan Dr. Chang Woo Ohk dari Pohang Tecno Park, lanjutnya kuliah umum ini ditaja oleh Prodi Perencanaan Kota dan Wilayah FT-UIR dan di hadiri oleh Dekan FT UIR yaitu Ir. Kudus Zaini MT.

Dr. Eng Muslim juga menceritakan pertemuan dengan PT. Riau Petroleum, kunjungan ke Lapangan Minyak PT. SPR Langgak di Provinsi Rokan Hulu, dilapangan minyak banyak hal yang didiskusikan dan pihak Korea menawarkan untuk membuat chemical untuk parafin removal dan uji coba chemical mereka di lapangan yang dikelola oleh salah satu BUMD Provinsi Riau ini sejak 2010 yang lalu. dan terakhir berkunjung ke PT. BSP Gedung Surya Dumai.

Dalam hal ini Dr. Eng. Muslim dan Dr. Wan Sofyan Hadi bersama-sama melakukan riset untuk menghasilkan solvent yang dapat digunakan di sumur minyak sehingga diharapkan dari penelitian ini dapat membantu meningkatkan produksi minyak dari lapangan yang mengalami wax problem atau minyak yang membeku saat sampai di dasar sumur. Hasil kajian mereka ini akan dilanjutkan dengan penelitian bersama kedepanya dengan pihak Golden Engineering dalam rangka meningkatkan performance solvent yang dihasilkan dari bumi Lancang Kuning ini, jelas Ka. Prodi Teknik Perminyakan UIR.

Laporan : HUMAS UIR

Kembali

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2018/2019 dapat dilihat disini

panduan_pembayaran_baru

Silahkan Download Sertifikat BAN PT Prodi dan UIR disini

majalah-untuk-cetak-2_compressed

 

Profil Universitas Islam Riau dapat diunduh disini

UIRNews_E2

Untuk UIR News dapat di unduh disini

 

Kepada mahasiswa angkatan 2013/2018 Input KRS dan Pembayaran SPP Dasar semester Ganjil T.A 2019/2020 paling lambat tangal

19 AGUSTUS 2019

  1. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank :
    1. BPR Unisritama Kampus UIR (Fasilitas : Teller)
    2. Bank Syariah Mandiri (BSM) (Fasilitas : Teller, Internet Banking, Mobile Banking)
    3. Bank Mega Syariah (Fasillitas : Teller, ATM, Internet Banking)
    4. Bank Negara Indonesia (BNI) (Fasilitas : Teller, ATM, Internet Banking, Mobile Banking)
  2. Bagi mahasiswa yang tidak mengindahkan batas waktu yang telah ditetapkan, maka mahasiswa tidak diperbolehkan mengikuti perkuliahan semester ganjil pada T.A 2019/2020

Pekanbaru, 26 Juni 2019

Wakil Rektor Akademik,

 

 

Dr. H. Syafhendry, M.Si

Download SK Penyesuaian Kewajiban Mahasiswa Baru 2019/2020

Disini