• Tantangan Hukum di Era Revolusi Industri 4.0 Oleh : Syafrinaldi

    Tantangan Hukum di Era Revolusi Industri 4.0 Oleh : Syafrinaldi

    PEMBANGUNAN yang dilakukan oleh suatu bangsa harus memihak kepada kepentingan rakyat.  Pembangunan sebagai suatu proses yang berkesinambungan harus senantiasa tanggap dan peka terhadap dinamika yang terjadi di dalam masyarakat, baik di bidang politik, ekonomi, teknologi, sosial dan budaya dan sebagainya. Masyarakat modern (modern society) hidup dalam era teknologi informasi (information technology) atau disebut juga dengan […]
Jl. Kaharuddin Nasution 113 Pekanbaru Riau
28284 Ph: +62.761.674.674 Fax.: +62.761.674.834
Email : info@uir.ac.id


31 Oktober 2018
Ketua Prodi Perminyakan Kunjungi The 47th Annual IAGI Convention and Exhibition.

Pekanbaru, UIR: Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) mengadakan event tahunan di Pekanbaru pada tahun ini dan difokuskan kegiatan tersebut di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Ketua Program studi Dr. Eng. Muslim bersama sama dengan dosen lain mengunjungi acara tersebut khususnya di kegiatan exhibition yang diadakan di ballroom Hotel Pangeran.

Kunjungan di lakukan ke beberapa stand diantaranya stand PT. BSP, PT Geodipa& Esimtech, Tnav dan lain lain. Dr. Eng. Muslim bersama rombongan berbincang bincang dengan penjaga stand dan mencari peluang kerjasama bagi prodi perminyakan kedepannya. Salah satu peluang yg dimungkinkan untuk kerjasama adalah dengan pihak PT. Geodipa & Esimtech.

Perusahaan tersebut menampilkan salah satu produk dari rekanan mereka yaitu well control simulator bagi yang ingin mengetahui lebih jauh bagaimana melakukan control terhadap sumur minyak agar tidak terjadinya well kick atau semburan liar yang dapat berakibat fatal pada operasi pemboran. Simulator tersebut portable dan bisa dibawa dg mudah.

Prodi perminyakan menawarkan kepada pihak PT. Geodipa & Esimtech agar membukan pusat pelatihan di Riau khususnya di UIR untuk memberikan training atau pelatihan bagi yang ingin mengambil sertifikat pada bidang well control tersebut karena selama ini training tersebut dilakukan di Cepu.

Peluang kerjasama ini akan dilanjutkan dengan pembicaraan lebih detail dalam waktu dekat agar dapat direalisasikan. Hal ini menjadi peluang tersendiri bagi alumni teknik perminyakan yang ingin mendapatkan sertifikat keahlian tersebut tampa harus berangkat ke Cepu.

Selain itu kunjungan di lakukan ke stand Tnav salah satu software dibidang perminyakan dan berasal dari Rusia. Pihak perusaahan tersebut menjelasakan dan mempresentasikan kemampuan dari software yang telah digunakan di perusahaan minyak pemerintah yaitu Pertamina. Beberapa kampus yang lain seperti ITB dan Tri Sakti juga telah mendapatkan software tersebut untuk digunakan bagi mahasiswa mereka.

Salah satu manfaat dari kunjungan tersebut dan koneksi dari salah satu dosen prodi perminyakan yaitu Ir. Dike Fitriansyah Putra Msc pihak Tnav akan memberikan pelatihan secara gratis bagi 20 mhs teknik perminyakan di laboratorium simulasi gedung B lantai 2 pada hari Rabu tanggal 31 Oktober 2018. Selain itu Ka. Prodi bertemu dan berbincang bincang dengan pihak Lemigas terkait dengan penelitian terkini yang mereka lakulan.

Sebagai tindak lanjutnya pihak Lemigas akan berkunjung ke Prodi Perminyakan untuk melakukan diskusi dan temu ramah di ruangan rapat fakultas teknik pada hari Rabu tgl 31 Oktober 2018 ini. Banyak hal positif yang diperoleh dari kunjungan pada kegiatan tahunan IAGI tersebut dan semoga memberikan manfaat bagi prodi teknik perminyakan dengan networking yang telah bangun selama ini.*

[]relis/humas

Kembali

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2018/2019 dapat dilihat disini

panduan_pembayaran_baru

Silahkan Download Sertifikat BAN PT Prodi dan UIR disini