Email

Kontak

Email

Kontak

KPU Goes to Campus Sosialisasikan Pemilu 2019

Pekanbaru, UIR: Untuk memberi pemahaman seputar pelaksanaan Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, melaksanakan sosialisasi bertajuk “Goes to Campus” pada Senin (04/03/2019).

Empat puluhan mahasiswa dari Fakultas Sosial dan Ilmu Politik dan Fakultas Hukum antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang berlangsung di Gedung Rektorat Universitas Islam Riau Jalan Kaharuddin Nasution Pekanbaru.

Hadir Komisioner KPU Riau Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Nugroho Noto Susanto S IP, Wakil Rektor I Dr H Syafhendry MSi, Dr Kasmanto Rinaldi SH MSi dari Fisipol dan sejumlah pegawai sekretariat KPU.

Wakil Rektor I UIR Dr H Syafhendry MSi mengapresiasi sosialisasi Goes to Campus KPU yang berjalan rutin di Kampus Universitas Islam Riau.

“Sosialisasi salah satu langkah meningkatkan partisipasi pemilih di Pemilu Serentak 2019,” kata Syafhendry. Ia berharap, melalui sosialisasi masyarakat dapat memahami betapa pentingnya pemilu dalam kehidupan bernegara bagi masyarakat.

Menurut Komisioner KPU Nugroho Noto Susanto SIP, Komisi Pemilihan Umum memiliki tugas besar yakni meningkatkan partisipasi pemilih. Karenanya pihanya melakukan berbagai langkah. Salah satunya sosialisasi ke kampus-kampus. “Harapan KPU mahasiswa dapat menyebarkan hasil sosialisasi kepada teman-teman nya dan masyarakat luas” ujar Nugroho.

Kepada peserta ia menjelaskan detail teknis pencoblosan, ketentuan surat suara yang dinyatakan sah atau tidak sah. Syarat menjadi pemilih, ketentuan pindah memilih dan hal-hal penting lainnya.

Di tepat serupa Kasmanto Rinaldi dari UIR berbicara tentang post truth society. Maksudnya, kebenaran atau fakta objektif kalah oleh kebenaran berdasarkan emosi. Saat ini, ujarnya, masyarakat cenderung mendahulukan emosi dalam menggugah atau memberi informasi di medsos sebelum berpikir kebenaran informasi tersebut.

“Jangan biarkan suara kita digunakan untuk memilih calon yang tidak berkualitas. Pilihlah orang yang mampu memperhatikan pendidikan dan aspirasi masyarakat,” tegasnya. Karena itu, jangan lupa salurkan pilihan Anda.*

[]humas

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content