Email

Kontak

Email

Kontak

Labor Dasar UIR Laksanakan Studi Banding Ke BPSJI Medan

Dalam mendukung percepatan Labor Dasar Universitas Islam Riau menuju standarisasi ISO 17025 yang merupakan standarisasi khusus laboratorium pengujian dan kalibrasi, maka Labor Dasar UIR melakukan studi banding ke Balai Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Medan yang dilaksanakan pada Selasa (7/1/2023), bertempat di Ruang Rapat Utama BSPJI Medan. 

Hadir dari UIR, Kepala Labor Dasar Arief Yandra Putra, S.Si., M.Si., C.T., KTU Labor Dasar Firdaus, S.Sos., Laboran Fisika Fevrielyanti, M.Si., Laboran Biologi Hindun Syarifah, S.Pd., M.Pd dan staf Labor Dasar lainnya, serta dari BSPJI hadir Kepala BSPJI Hendra Leonard, S.T., Ketua UPP, Ketua Tim Pengujian, Ketua Tim Kalibrasi dan beberapa staf BSPJI. 

Arief Yandra Putra dalam sambutannya mengatakan studi banding yang Labor Dasar UIR laksanakan guna mendukung percepatan terwujudnya akreditasi ISO 17025 serta saling berbagi sekaligus diskusi mengenai pengelolaan, manajemen, struktur peralatan dan pelayanan terhadap sebuah laboratorium yang baik. 

“Kunjungan yang kami laksanakan ke BSPJI dalam rangka berdiskusi dan belajar mengenai tata kelola, manajemen,struktur peralatan dan pelayanan sebuah laboratorium yang baik, karena kita ketahui bersama bahwa BSPJI sudah sangat bagus sekali untuk menjadi rujukan,” ujar Arief.

Arief juga berharap setelah studi banding tersebut, akan ada peluang terbentuknya kerjasama yang disepakati antara BSPJI Medan dan Universitas Islam Riau terutama dalam segi pengukuran sampel, penelitian, jasa kalibrasi alat laboratorium. 

Senada dengan yang disampaikan oleh Arief Yandra, Kepala BSPJI Medan Hendra Leonard mengucapkan terima kasih dan suatu kehormatan bagi BSPJI Medan karena telah dikunjungi oleh Labor Dasar UIR. 

“Kami mengucapkan terima kasih serta suatu kehormatan bagi BSPJI Medan karena telah dikunjungi oleh Labor Dasar UIR, dengan adanya kegiatan kunjungan ini diharapkan dapat menjadi momentum kolaborasi serta kerjasama antara satuan kerja BSPJI dengan seluruh stakeholder dalam hal ini ranah akademis untuk mendukung industri yang mandiri dan berdaya saing,” ungkap Hendra. 

Adapun beberapa poin yang didapatkan dari studi banding yang Labor Dasar UIR laksanakan diantaranya BSPJI Medan menyediakan jasa konsultasi ISO 17025, jasa pengujian berbagai bidang yang telah terakreditasi oleh KAN (Komisi Akreditasi Nasional), jasa kalibrasi alat ukur, dan BSPJI juga telah bekerjasama dengan berbagai sekolah dan perguruan tinggi dalam kegiatan magang dan Praktek Kerja Lapangan (PKL). 

Lebih lanjut, sehingga setelah didapatkan beberapa poin penting tersebut, maka Arief mengharapkan akan ada luaran berupa Perjanjian Kerjasama (PKS) yang akan bermuara pada ditetapkannya MoU antara UIR dan BSPJI Medan. (kh/hms)

Share:

More Posts

Universitas Islam Riau Campus
Jl. Kaharuddin Nasution 113, Pekanbaru 28284
Indonesia

Telepon :  +62 761 674674
Faks :   +62 761 674834
Email : info[at]uir.ac.id

© Universitas Islam Riau developed by SIMFOKOM

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM