• Riau Beternak Konflik

    Riau Beternak Konflik

    Persoalan asap yang sedang marayakan ulang tahun ke dua puluh dua tahun pada tahun 2019 ini, sudah merupakan derita panjang bagi kami dan kita orang Riau, yang selalu hiruk pikuk ketika asap tersebut datang. Bahkan ada sebagian masyarakat menilai bahwa musibah ini merupakan hibah bagi para pemain di pusat sana, agar dapat laba dalam proyek […]
Jl. Kaharuddin Nasution 113 Pekanbaru Riau
28284 Ph: +62.761.674.674 Fax.: +62.761.674.834
Email : info@uir.ac.id


18 Januari 2020
Laporan Umroh (2) “Tausiah Akbar Ustad Abdul Somad”

Madinah: Jum’at (17/1 2020), Nabawi dibanjiri manusia. Di halamannya yang luas, jemaah bagai merangkak keluar Jum’atan. Sulit membedakan, ini haji atau umroh.

Jemaah umroh Universitas Islam Riau ada diantara puluhan ribu umat yang berjubel itu. Hari Jum’at merupakan hari libur bagi masyarakat Madinah. Karena liburan, mereka pun jum’atan di Nabawi. Itu sebabnya, selain Masjid Nabawi penuh sesak. Hampir semua tempat shalat terisi penuh. Di dalam, di halaman bahkan di lantai dua. Jalan-jalan dari dan menuju Haram pun macet.

Cuaca siang di Madinah sangat bersahabat. Tak terlalu dingin seperti malam hari. Hari kedua di Madinah, jemaah umroh UAS PDA selain menunaikan fardhu Jum’at juga berziarah ke bukit Uhud, dan ke kebun kurma. Lepas itu mengikuti tausiah akbar Ustad Abdul Somad (UAS). Bukit Uhud terletak di bagian utara Madinah. Di bukit dengan ketinggian 350 meter ini, Nabi bersama sahabat berperang melawan pasukan kafir Quraisy.

UAS tiba lebih awal di Madinah. Bersama timnya, ustad yang sedang viral di Tanah Air ini bergabung dengan beberapa travel termasuk PDA Pekanbaru. Ia menjadi magnet bagi jemaah karena kajian-kajian agamanya yang problematik dan kontemporer.

Kami tiba di Uhud pukul 15.00. Tak ada agenda khusus di Uhud. Kecuali berziaran dan berfoto untuk kenang-kenangan. Sampai di Uhud, ratusan peziarah sudah datang lebih awal termasuk UAS. UAS berdiri diantara ratusan jemaah, sementara timnya yang memakai rompi warna krem terlihat sibuk mengatur sesi foto bersama jemaah.

Uniknya. Rencana ziarah dan berfoto di Uhud menjadi buyar karena jemaah lebih memilih berkodak dengan UAS. Ustad kondang ini menjadi pusat perhatian jemaah sejak ia datang di Uhud hingga berjalan ke mobilnya. Tak henti-hentinya jemaah berfoto, sampai-sampai UAS berjalan tertatih lantaran melayani permintaan jemaah.

Cuaca panas. Tapi udara di padang tandus Madinah tak menyengat ke badan. Suhu berkisar 25 derjat. Kami pun bersiap menaiki bus menuju kebun kurna mendengar tausiah akbar UAS. Di kebun kurma milik Majed itu, hadir juga jemaah travel lain dari berbagai daerah. Jarak Uhud ke kebun kurna tak terlalu jauh. Cuma butuh waktu 10 menit.

UAS tiba lebih awal bersama timnya. Sebuah spanduk, ‘Tablik Akbar Madinah Ustadz Abdul Somad Perjuangan Rasul SAW dalam Penyebaran Islam’ terpasang diantara pohon-pohon kurma. UAS bertausiah di bawah spanduk itu. Usai Ashar yang diimami UAS, Abdul Somad yang memakai batik panjang dibalut rompi warna krem itu pun bertausiah dihadapan ratusan jemaah.

Dalam tausiahnya, UAS mengurai tentang hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah. Kata UAS, dulu di kota ini hidup dua suku, Aus dan Khazraj. Kedua suku ini suka hidup berperang tetapi mereka kemudian dipersaudarakan oleh Nabi. Dalam usia 53 tahun, Baginda Nabi Muhammad SAW memulai dakwah mendamaikan kaum-kaum yang bersekutu di Madinah.

”Kita yang datang dari berbagai daerah di Indonesia pun dipersaudarakan oleh la illa haillallah muhammadurrasulullah tanpa mengenal travel yang mengangkut kita. Juga tak mengenal asal daerah,” kata UAS.

Hari ini, kita berada di kota dia (Nabi Muhammad). Diantara rumah Nabi dan mimbarnya terdapat raudah. Berdoalah di sana meminta apapun yang menjadi hajat kita. Perbanyaklah amal di Masjid Nabawi, sebab banyak orang sudah sampai di Nabawi tak tau apa yang mereka kerjakan.

Waktu cepat berlalu. Setengah bertausiah UAS mengucap salam karena maghrub segera datang. Jemaah pun secara antrian berfoto-foto dengan UAS. Ada pula yang masuk ke toko kurma. Usai maghrib yang diimani UAS, panitia mengumumkan, ‘jemaah jangan bubar dulu, kita makan bersama dengan ustad. Nasinya dihidang di depan shaf’.

Makan bajambau, kata orang Ocu di Kampar. Nasi kotak Khamsah pun dibagi-bagi panitia. Lalu ditumpahkan ke atas plastik di hadapan jemaah. ”Tradisi orang Madinah kalau hari Senen dan Kamis, di Masjid Nabawi disediakan makan berdama seperti yang kita lakukan sekarang,” komen panitia menutup kegiatan tausia UAS.*

Kembali

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2018/2019 dapat dilihat disini

panduan_pembayaran_baru

Silahkan Download Sertifikat BAN PT Prodi dan UIR disini

majalah-untuk-cetak-2_compressed

 

Profil Universitas Islam Riau dapat diunduh disini

UIRNews_E2

Untuk UIR News dapat di unduh disini

 

Kepada mahasiswa angkatan 2013/2018 Input KRS dan Pembayaran SPP Dasar semester Ganjil T.A 2019/2020 paling lambat tangal

19 AGUSTUS 2019

  1. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank :
    1. BPR Unisritama Kampus UIR (Fasilitas : Teller)
    2. Bank Syariah Mandiri (BSM) (Fasilitas : Teller, Internet Banking, Mobile Banking)
    3. Bank Mega Syariah (Fasillitas : Teller, ATM, Internet Banking)
    4. Bank Negara Indonesia (BNI) (Fasilitas : Teller, ATM, Internet Banking, Mobile Banking)
  2. Bagi mahasiswa yang tidak mengindahkan batas waktu yang telah ditetapkan, maka mahasiswa tidak diperbolehkan mengikuti perkuliahan semester ganjil pada T.A 2019/2020

Pekanbaru, 26 Juni 2019

Wakil Rektor Akademik,

 

 

Dr. H. Syafhendry, M.Si

Download SK Penyesuaian Kewajiban Mahasiswa Baru 2019/2020

Disini

HASIL-SELEKSI-DOSEN-KONTRAK-2019
PENGUMUMAN-DOSEN-TETAP-V.1

 

Pengumuman penerimaan dosen tetap UIR dapat diunduh disini

 

UirNews Edisi 3

Untuk UIR News Edisi Ketiga dapat di unduh disini

 

Berikut berita acara dan data nama penerimaan dosen Universitas Islam Riau yang lulus Administrasi Tahun 2019.

BA-PENERIMAAN-DOSEN-FAI-DAN-PSIKOLOGI

File dapat diunduh disini

 

 

Berikut adalah pengumuman penerima beasiswa Pemerintah Provinsi Riau

1. Beasiswa FKIP

BeasiswaFKIP

 

2. Beasiswa Prodi Teknik Peminyakan

BeasiswaT.Perminyakan

 

3. Beasiswa Prodi Kriminologi

BeasiswaKriminologi

 

4. Beasiswa Bhakti Negeri

BeasiswaBhaktiNegeri

 

5. Beasiswa Tahfiz

BeasiswaTahfiz

Berikut adalah Undangan Sosialisasi Beasiswa Pemerintah Provinsi Riau

1. Beasiswa FKIP

UndanganFKIP

 

2. Beasiswa Prodi Teknik Peminyakan

UndanganT.Perminyakan

 

3. Beasiswa Prodi Kriminologi

UndanganKriminologi

 

4. Beasiswa Bhakti Negeri

UndanganBhaktiNegeri

1. PENDAFTARAN CALON KETUA UMUM IKA UIR PERIODE 2020-2024

Berikut adalah persyaratan dan tata cara pendaftaran calon ketua umu IKA UIR periode 2020-2024

PERSYARATAN PENDAFTARAN KETUA UMUM IKA UIR 2020

Formulir pendaftaran dapat didownload disini

 

2. PENDAFTARAN SAYEMBARA LOGO IKA UIR

Berikut adalah persyaratan dan tata cara pendaftaran sayembara logo IKA UIR

SYARAT DAN KETENTUAN SYAMEBARA LOGO IKA UIR-REVISI

Formulir pendaftaran dapat di download disini