Email

Kontak

Email

Kontak

LPT Psikologi UIR Turut Berkontribusi Lakukan Psikoedukasi Kepada Masyarakat

Pentingnya meningkatkan kepedulian akan kesehatan mental, tumbuh kembang psikologis anak, serta edukasi terkait minat dan bakat yang berguna untuk penentuan karir untuk masa depan merupakan sesuatu yang harus dimiliki oleh masyarakat saat ini. Mental health serta berbagai faktor pengiringnya saat ini sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Saat menderita sakit fisik seperti patah tulang kita akan berkonsultasi dengan dokter spesialis Ortopedi. Begitupun ketika seseorang tersebut mengalami sakit pada pencernaan maka langkah yang tepat untuk mendapatkan penanganan segera adalah menemui dokter Spesialis penyakit Dalam. 

Begitu pun saat seseorang dilanda kegelisahan terhadap penyelesaian masalah yang begitu rumit ataupun orang tua yang dewasa ini merasa kebingungan memilih sekolah yang sesuai dengan kebutuhan baik hobi juga minat bakat anaknya. Tidak sesuatu yang salah bahwa dengan berbagai persoalan yang dihadapi di atas bisa dikonsultasikan dengan seorang profesional yang ahli di bidangnya. 

Sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau mempunyai Lembaga Psikologi Terapan (LPT) mandiri. Lembaga yang sudah berdiri sejak 2007 lalu tersebut memberikan layanan-layanan psikologi seperti asesmen psikologi hingga melakukan psikoedukasi kepada masyarakat

Aldila Putri Sandani, M.Psi., Psikolog salah satu tim psikolog yang merupakan penanggung jawab layanan menceritakan latar belakang didirikannya lembaga ini 

“Latar belakang didirikannya Lembaga Psikologi Terapan (LPT) Fakultas Psikologi UIR adalah sebagai bentuk pengabdian masyarakat Pekanbaru khususnya dan Riau pada umumnya dalam memberikan pelayanan psikologi kepada masyarakat. Setiap tahunnya, LPT Fakultas Psikologi UIR mengalami perkembangan hingga LPT Fakultas Psikologi UIR lebih tertata dengan rapi dan memiliki berbagai layanan yang bisa masyarakat akses tidak hanya bagi kalangan UIR” ujar Aldila 

LPT Fakultas Psikologi UIR dibawah fakultas dan dipertanggungjawabkan oleh Dekan Fakultas Psikologi. Pada saat ini, LPT Fakultas Psikologi UIR sudah banyak bekerja sama dengan beberapa instansi besar baik pemerintahan maupun yang berada di Riau seperti Pekanbaru, Indragiri Hulu, Bengkalis dan Meranti.

Ada berbagai jenis layanan yang bisa diakses oleh masyarakat umum di LPT Fakultas Psikologi UIR seperti jenis layanan industri yang meliputi rekrutmen, review potensi, management SDM, dan training. Jenis Layanan Pendidikan meliputi psikotes, tes kecerdasan (IQ), tes kesiapan sekolah bagi anak, tes minat dan bakat, serta konseling atau psikoterapi bagi individu. Layanan klinis yang mencakup berbagai konseling yaitu konseling perkawinan, konseling bagi calon pengantin, assessment kasus forensik, terakhir assessment anak berkebutuhan khusus. 

Dikatakan Aldila LPT Psikologi UIR memiliki tim psikolog yang profesional dan berpengalaman  pada bidangnya yang di dalamnya terdiri dari dosen-dosen psikologi serta psikolog-psikolog klinis lulusan kampus ternama dalam dan luar negeri. 

Rencana dalam waktu dekat LPT Psikologi UIR akan semakin melebarkan sayap dengan bekerja sama dengan beberapa sekolah-sekolah untuk melakukan asesmen psikologis. Sementara untuk rencana jangka panjang adalah dengan memulai melakukan kerjasama dengan berbagai terapis-terapis profesional berkebutuhan khusus untuk pengembangan pada layanan klinis serta tak lupa melakukan kerjasama-kerjasama dengan pihak swasta dan instansi-instansi pemerintah. (kh/hms)

Sumber Animasi : Rilliv.com

Share:

More Posts

Kampus Universitas Islam Riau
Jl. Kaharuddin Nasution 113, Pekanbaru 28284
Indonesia

Telepon :  +62 761 674674
Faks :   +62 761 674834
Email : info[at]uir.ac.id

© 2021 Universitas Islam Riau dikembangkan oleh Biro Sistem Informasi dan Komputasi