• Riau Beternak Konflik

    Riau Beternak Konflik

    Persoalan asap yang sedang marayakan ulang tahun ke dua puluh dua tahun pada tahun 2019 ini, sudah merupakan derita panjang bagi kami dan kita orang Riau, yang selalu hiruk pikuk ketika asap tersebut datang. Bahkan ada sebagian masyarakat menilai bahwa musibah ini merupakan hibah bagi para pemain di pusat sana, agar dapat laba dalam proyek […]
Jl. Kaharuddin Nasution 113 Pekanbaru Riau
28284 Ph: +62.761.674.674 Fax.: +62.761.674.834
Email : info@uir.ac.id


27 November 2019
Mahasiswa Teknik Perminyakan UIR Jalani Program Credit Transfer di Chulalongkorn Univ, Thailand

Pekanbaru, UIR : Program Studi (Prodi) Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau (UIR) meloloskan 6 mahasiswanya mengikuti kuliah selama 1 semester di Chulalongkorn Univ Thailand.

Ke-6 mahasiswa UIR tersebut mendapatkan bantuan beasiswa, tiket pesawat pulang pergi dan biaya hidup selama mengikuti kuliah yang akan dimulai Januari 2020.

Nilai dari mata kuliah yang akan diambil di Departmen Mining and Petroleum Engineering tersebut akan dikonversikan ke mata kuliah yang seharusnya mereka ambil di semester genap di Prodi Perminyakan UIR.

Program ini merupakan proses credit transfer yang pertama kali dilakukan di Fakultas Teknik UIR bahkan seluruh fakultas yang ada dan diharapkan dapat menjadi benchmarks bagi program studi lainnya yang akan melakukan proses credit transfer bagi mahasiswanya.

Program ini terlaksana setelah adanya kerjasama yang dimotori Dr. Eng. Muslim bersama koleganya Dr. Falan dari Chulalongkorn Univ Thailand.

Kemudian kerjasama antara universitas diperkuat dengan adanya MoU yang ditandatangani Dekan Fakultas Teknik UIR dengan Dekan Fakultas Teknik Chulalongkorn Univ pada tanggal 9 Oktober 2019 lalu.

Program kuliah 1 semester yang ditawarkan oleh kampus yang terletak di Kota Bangkok itu diikuti lebih dari 60 mahasiswa dari seluruh dunia dan kegiatan ini merupakan agenda tahunan sehingga peluang mahasiswa S1,S2 dan S3 terbuka setiap tahunnya.

Ada beberapa proses yang dilewati oleh mahasiswa untuk bisa lolos dan diantaranya adalah menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti transkip nilai, skor bahasa inggris, rekomendasi dari dosen, kesesuaian mata kuliah yang akan diambil. Kemudian semua dokumen tersebut dikirim ke International Affairs oleh masing-masing mahasiswa untuk diseleksi,”

Adapun ke-6 mahasiswa yang akan kuliah ke Negeri Gajah Putih tersebut adalah Natttasha Aulia, Gema Ramadhani, Ahyatul Fikri kelahiran Kuntu, Fouja Ramadhany Atmadja, Dhimas Indragunawan dan Naufal Rifqi Taufiq yang semuanya mewakili angkatan 2017, 2018 dan 2019, ungkap Ketua Prodi Teknik Perminyakan UIR, Dr. Eng. Muslim, Rabu (27/11/2019) kepada staf Humas dan Protokoler UIR.

Dipaparkan Muslim, Prodi Teknik terus berupaya untuk membawa mahasiswanya merasakan bagaimana bisa belajar di luar negeri.

Sepanjang tahun 2019 ini mahasiswa Prodi Teknik Perminyakan telah dikirim ke beberapa kampus di Asia seperti Kyushu Univ 1 orang (Jepang), Inha Univ 1 orang (Korea Selatan), HCMUT 2 orang (Vietnam).

Awal tahun 2020 nanti akan dikirim 6 orang mahasiswa tidak hanya ke Thailand, tetapi akan dikirimkan juga 15 mahasiswa ke Asia Pacific Univ di Kuala Lumpur untuk program Joint Field Work selama 1 minggu dengan didampingi 4 dosen pembimbing dan beberapa mahasiswa akan mengikuti kuliah 1 semester di kampus yang terletak di Kuala Lumpur tersebut.

Selain itu perestasi yang membanggakan lainnya adalah dikirimnya 1 orang mahasisw ke Dahran (Arab Saudi) selama 1 minggu mengikuti IPTC Education Week . Dengan demikian mahasiswa berpeluang untuk menambah wawasan, pengalaman hidup dan networking dengan rekan2nya di luar negeri.

Selain itu, program belajar keluar negeri ini didukung oleh pihak universitas dan sponsor dari PT. CPI dengan University Relationship Program (URP) 2019. Diharapkan dukungan kegiatan ini baik dari pihak universitas maupun dari Chevron tetap dilakukan pada tahun berikutnya.

Laporan : HUMAS UIR

Kembali

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2018/2019 dapat dilihat disini

panduan_pembayaran_baru

Silahkan Download Sertifikat BAN PT Prodi dan UIR disini

majalah-untuk-cetak-2_compressed

 

Profil Universitas Islam Riau dapat diunduh disini

UIRNews_E2

Untuk UIR News dapat di unduh disini

 

Kepada mahasiswa angkatan 2013/2018 Input KRS dan Pembayaran SPP Dasar semester Ganjil T.A 2019/2020 paling lambat tangal

19 AGUSTUS 2019

  1. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank :
    1. BPR Unisritama Kampus UIR (Fasilitas : Teller)
    2. Bank Syariah Mandiri (BSM) (Fasilitas : Teller, Internet Banking, Mobile Banking)
    3. Bank Mega Syariah (Fasillitas : Teller, ATM, Internet Banking)
    4. Bank Negara Indonesia (BNI) (Fasilitas : Teller, ATM, Internet Banking, Mobile Banking)
  2. Bagi mahasiswa yang tidak mengindahkan batas waktu yang telah ditetapkan, maka mahasiswa tidak diperbolehkan mengikuti perkuliahan semester ganjil pada T.A 2019/2020

Pekanbaru, 26 Juni 2019

Wakil Rektor Akademik,

 

 

Dr. H. Syafhendry, M.Si

Download SK Penyesuaian Kewajiban Mahasiswa Baru 2019/2020

Disini

HASIL-SELEKSI-DOSEN-KONTRAK-2019
PENGUMUMAN-DOSEN-TETAP-V.1

 

Pengumuman penerimaan dosen tetap UIR dapat diunduh disini

 

UirNews Edisi 3

Untuk UIR News Edisi Ketiga dapat di unduh disini

 

Berikut berita acara dan data nama penerimaan dosen Universitas Islam Riau yang lulus Administrasi Tahun 2019.

BA-PENERIMAAN-DOSEN-FAI-DAN-PSIKOLOGI

File dapat diunduh disini