Email

Kontak

Email

Kontak

Agenda Workshop Pengembangan Kurikulum dan Materi Ajar Islam Bagi Dosen Bersama Direktur DPPAI

UIR melakukan workshop bersama dosen Fakultas Agama Islam (FAI), Dekan, dan Wakil Dekan selingkungan UIR dengan mengusung tema “Pengembangan Kurikulum Materi Ajar Al- Islam Integrasi Islam dan Ilmu Pengetahuan”. Workshop menghadirkan Direktur Direktorat Pendidikan dan Pembinaan Agama Islam (DPPAI) Dr. Nanang Nuryanta, M.Pd sebagai narasumber. Kegiatan berlangsung di ruang rapat lantai II, Gedung Rektorat UIR, Rabu, (11/01/2023).

Agenda diawali dengan penyusunan materi kurikulum. Landasan penyusunan kurikulum diatur dalam UUD 1945, UU SISDIKNAS 2023, UU No. 12 Tahun 2012 tentang SNPT, Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0, dan Landasan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi (PT) yang terdiri dari Filosofi, Sosioogis, Psikologis, Historis, dan Yudiris.

Dr. Nanang Nuryanta, M.Pd menyampaikan, terdapat 5 tahapan dalam menyusun kurikulum PT. Tahapan pertama analisis, dimulai dari menetapkan visi misi, menganalisis kebutuhan sosial, dan penetapan profil lulusan. Tahapan kedua yaitu menentukan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) prodi, membuat bahan kajian sesuai body of knowledge, menentukan pengalaman belajar hingga assesment. Tahapan ketiga yaitu pengembangan dengan merancang penyusunan RPS dan menyusun instrumen penilaian dan evaluasi perangkat pembelajaran. Tahapan keempat pelaksanaan, terdiri dari mengidentifikasi kemungkinan masalah yang menghambat implementasi kurikulum serta melakukan evaluasi formatif terhadap implementasi kurikulum.

Skema perumusan CPL prodi dimulai dari pengembangan sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus sesuai dengan keahlian di program studi. Untuk menunjang skema tersebut maka perlu dilakukan muatan CPL melalui literasi data, literasi teknologi, literasi manusia, memahami era industri 4.0 dan pemahaman ilmu yang bisa diaplikasi secara lokal, nasional hingga global.

“Apakah Universitas Islam Indonesia memiliki standar kepada mahasiswa dalam proses pembelajaran dan mengembangan mata kuliah Al – Islam ?” tanya Azmansyah, S.E., M.Econ selaku Kadiv Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran.

Dr. Nanang Nuryanta, M.Pd menjelaskan tidak ada perbedaan antara UII dengan UIR. UII dan UIR sama – sama melakukan pengabdian kepada masyarakat, hingga saat proses akreditasi mengevaluasi bagaimana dakwah islamiah yang sudah di terapkan oleh kampus. 

“Jadi kalau di UII berbagai macam cara dakwah yang diterapkan oleh dosen. Contoh ketika dosen tidak mampu menggunakan lisan maka boleh melakukan dakwah melalui tulisan yang di publish. Kami juga melakukan dakwah secara digital dengan kerjasama kepada radio RRI dan RM, jadi dosen dakwahnya di sana secara digital”. 

Dr. Nanang Nuryanta, M.Pd memaparkan langkah tahapan perencanaan pembelajaran harus mengidentifikasi CPL yang dibebankan pada kuliah, selanjutnya perlu analisis pembelajaran untuk memberikan gambaran pada mahasiswa tentang tahapan belajar yang akan di jalani, dan terakhir menentukan indikator pencapaian sebagai kemampuan akhir tahap pembelajaran untuk memenuhi CPL. (hms/smh)

Share:

More Posts

Pelantikan UKM Jurnalistik FH UIR

Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik Fakultas Hukum Universitas Islam Riau melaksanakan pelantikan untuk periode Kepengurusan 2022 – 2023 dengan jumlah anggota yaitu 14 mahasiswa dan mahasiswi.

Universitas Islam Riau Campus
Jl. Kaharuddin Nasution 113, Pekanbaru 28284
Indonesia

Telepon :  +62 761 674674
Faks :   +62 761 674834
Email : info[at]uir.ac.id

© Universitas Islam Riau developed by SIMFOKOM

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM