Email

Kontak

Email

Kontak

Mau Menjadi Guru Bahasa Arab yang Terampil, Belajar di UIR Saja

Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau memiliki lima program studi yang salah satunya  merupakan Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), prodi yang genap berusia lima tahun tersebut  berdiri berdasarkan surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Agama Islam tanggal 31 Juli 2017. Untuk akreditasi sendiri prodi PBA UIR sudah terakreditasi Baik berdasarkan SK dari BAN-PT Nomor : 4825/SK/BAN-PT/Ak-PKP/5/VIII/2020. 

Ketika belajar di Prodi  Pendidikan Bahasa Arab UIR mahasiswa akan mempelajari  tata bahasa Arab dari aspek linguistik, kesusasteraan, dan dari aspek kependidikan. Bahasa arab kerap dikaitkan dengan Agama Islam, karena bahasa Arab adalah bahasa yang dipergunakan dalam Al Quran dan Hadist. Namun cakupan bahasa Arab nyatanya lebih luas dari yang diketahui oleh orang awam. 

Pendidikan bahasa arab adalah program studi yang berfokus mencetak mahasiswanya menjadi tenaga pendidik. Sebagai profil lulusan utama, mahasiswa tidak lupa dibekali berbagai ilmu pedagogi, yaitu ilmu mengenai pendidikan dan pengajaran. Mahasiswa di didik menguasai berbagai aspek yang diperlukan dalam pengajaran, seperti metode dan teknik mengajar, cara mendesain kurikulum, psikologi peserta didik, dan beragam hal yang berkaitan dengan proses pengajaran.

Prodi Bahasa Arab Universitas Islam Riau mempunyai visi dan misi yaitu:

Visi: Mewujudkan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang profesional, unggul dan kompetitif dalam menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan bahasa arab yang memiliki kompetensi sebagai guru dan tenaga kependidikan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika islami serta memiliki nilai kebangsaan 2025.

Misi: 

1.Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bahasa arab yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing tinggi, adaptif, beriman dan bertaqwa, berbudi luhur dan berakhlak mulia, cinta tanah air, berdedikasi tinggi dan bertanggung jawab;

  1. Menyelenggarakan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang berorientasi pada integrasi antara keilmuan bahasa arab, pendidikan bahasa arab dan ilmu-ilmu keislaman dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan kompetensi lulusan;
  2. Mempersiapkan lulusan yang kreatif, inovatif serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik sehingga mampu diimplementasikan pada pembelajaran bahasa arab di pendidikan dasar dan menengah;
  3. Mengembangkan strategi pembelajaran yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar Bahasa Arab;
  4. Menyiapkan lulusan yang memiliki wawasan keilmuan, keterampilan dan kewirausahaan sehingga mampu mengembangkan diri di masyarakat;
  5. Meningkatkan kerja sama yang sinergis dengan pengelola pendidikan tingkat daerah, nasional dan regional dalam rangka distribusi penggunaan lulusan Pendidikan Bahasa Arab dan peningkatan mutu pembelajaran Bahasa Arab;
  6. Menyiapkan Alumni yang mampu bersaing dengan alumni perguruan tinggi lainnya di daerah, nasional dan regional.

Prodi Bahasa Arab UIR juga memiliki sasaran serta target yang ingin dicapai, adapun target dan sasaran tersebut adalah menjadi lembaga rujukan dalam pembelajaran bahasa arab di level dasar dan menengah, mengimplementasikan kurikulum yang mengacu pada kerangka kualifikasi nasional sehingga lulusan dapat berguna di masyarakat bangsan dan negara, karena dalam pembelajaran di kelas PBA UIR memiliki salah satu mata kuliah entrepreneurship diharapkan juga kepada para lulusan dapat menciptakan lapangan kerja dan akan menyedot banyak tenaga kerja sehingga dapat bersumbangsih mengurangi angka pengangguran. 

Selanjutnya, prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Riau diharapkan para mahasiswanya mampu dan terampil berbahasa arab lisan dan tulisan, mampu menjalin kerja sama dengan masyarakat dalam rangka mengembangkan pembelajaran bahasa arab serta mampu bersaing di nasional dan global.

Prodi PBA UIR memiliki pengajar yang merupakan dosen – dosen lulusan master dan doktoral dalam dan luar negeri yang kebanyakan lulusan Arab Saudi yang juga lulusan sastra arab, tarbiyah islam, pengajaran bahasa arab untuk pendidikan. 

Kabar baik bagi para calon mahasiswa baru yang ingin berkuliah di Universitas Islam Riau. Saat ini UIR memperpanjang penerimaan mahasiswa barunya untuk Tahun Ajaran 2022/2023 hingga Gelombang 4 khusus program S1 yang dimulai dari 2 September sampai dengan 9 September 2022 mendatang. 

Calon mahasiswa baru bisa mengakses link www.pmb.uir.ac.id untuk informasi mengenai alur pendaftaran dan informasi upload dokumen. (dh/kh/hms)

Share:

More Posts

Universitas Islam Riau Campus
Jl. Kaharuddin Nasution 113, Pekanbaru 28284
Indonesia

Telepon :  +62 761 674674
Faks :   +62 761 674834
Email : info[at]uir.ac.id

© Universitas Islam Riau developed by SIMFOKOM

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM