Email

Kontak

Email

Kontak

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Rapor Online 2022: Teknik Geologi Berikan Sosialisasi Khusus

Program Studi Teknik Geologi mengadakan pembukaan sekaligus sosialisasi rutin setiap tahun ajaran baru yang diagendakan secara khusus dalam rangka memberikan pelayanan informasi terpadu kepada seluruh calon mahasiswa yang dapat diikuti secara online tanpa pungutan biaya apapun. Acara tersebut dilaksanakan melalui daring dari aplikasi zoom pada Sabtu lalu (23/4/2022) dengan mengambil tema “Pengelolaan Eksplorasi Sumberdaya Alam di Provinsi Riau Berbasis Konservasi Lingkungan dan Penguasaan IPTEKS”. 

Sosialisasi tersebut di buka langsung oleh Kepala Prodi  Teknik Geologi UIR Budi Prayitno, S.T., M.T 

“Semoga dengan adanya kegiatan ini orang tua wali dan calon mahasiswa dapat mengakses mekanisme serta lebih jauh dapat mengenali program studi yang menjadi pilihannya secara cerdas dan bijaksana sehingga diharapkan sesuai dengan pembidangan minat dan bakat yang dimiliki oleh calon mahasiswa yang bersangkutan” ungkap Budi Prayitno

Adapun pelaksanaan sosialisasi PMB tahun ini menghadirkan Dr. Kurnia Hastuti., MT selaku Ketua Biro Akademik dan Kemahasiswaan, serta menghadirkan dua narasumber eksternal yaitu Wildanto Putera Nusantara., S.T., M.Si selaku Senior Geologist PT. Pertamina Hulu Rokan, dan Afdal Zikri., ST (Alumni TG 14) selaku Kepala Teknik Tambang Usaha Guna Mandiri. 

Untuk mekanisme seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Islam Riau sendiri pada tahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya, yakni seleksi berbasis nilai rapor dan telah dibuka secara serentak di 34 program studi (S1) yang tersebar di 9 fakultas dilingkungan Universitas Islam Riau. 

Pada jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Strata Satu Universitas Islam Riau menyediakan beberapa pilihan metode yang dapat dipilih sesuai dengan potensi serta minat dan bakat yang dimiliki calon mahasiswa yaitu ; jalur prestasi akademis ranking 10 besar, jalur prestasi bidang minat dan bakat, jalur tahfiz minimal 1 juz dan jalur seleksi berbasis rapor. Adapun pendaftaran akun PMB terbagi dalam 3 gelombang yakni 09 maret s/d 13 Mei gelombang I, 16 Mei s/d 5 Agustus gelombang II, dan 18 Agustus s/d 2 September gelombang III. 

“Dari sisi pembiayaan perkuliahan selama 8 semester terdapat perubahan mekanisme yang mendasar dari tahun sebelumnya dan secara khusus diterapkan pada mahasiswa tahun ajaran baru ini” ujar Dr. Kurnia Hastuti., MT. 

Mengenai proposi pembiayaan tersebut terdiri dari pembiayaan diawal perkuliahan atau diawal semester 65% dan pembiayaan menjelang ujian tengah semester 35% dan besarannya disesuaikan dari masing masing program studi. Adapun link pendfataran PMB Universitas Islam Riau dapat di akses di halaman website: https://pmb.uir.ac.id/

Berkaitan dengan pengenalan Program Studi Teknik Geologi dilingkungan Universitas Islam Riau, merupakan program studi bidang ilmu kebumian pertama dan satu satunya di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau, serta fokus mengangkat isu – isu konservasi lingkungan dan penguasaan IPTEKS. 

Menurut Senior Geologist PT Pertamina Hulu Rokan Wildanto Putera Nusantara, S.T., M.Si 

“selama ini Provinsi Riau telah dikenal lama sebagai lumbung minyak type sumatra (sumatran crude oil) yang terakumulasi dibeberapa formasi. adapun saat ini PT Pertamina dibawah pemerentahan Jokowi telah mencanangkan satu juta barrel produksi perhari, mulai tahun ini kinerja blok rokan sedang dalam proses pemboran eksplorasi untuk pengembangan sumur baru dari sumur produksi sebelumnya atau reaktifasi serta sumur sumur produksi dari sumur pengembangan baru”. Tutur Wildanto Putera 

Wildanto Putera juga mengungkapkan dalam pemaparan materi nya bahwa reaktifasi dan pengembangan sumur baru, tentu membutuhkan sumberdaya manusia yang mampu memilih-memilah high technology proceccing untuk meminimalisir resiko kegagalan sekaligus memproyeksikan management pengelolaan lingkungan, kesehatan dan keamanan selama eksplorasi berjalan. 

Sedangkan dari sisi pengembangan infrastruktur sipil pada acara yang berlangsung selama dua jam tersebut, tantangan dan permasalahan di Provinsi Riau secara umum di kontrol oleh karakteristik geologi, kita ketahui bahwa geologi Provinsi Riau disusun oleh batuan bersifat plastis berkomposisi material lepas bercampur bahan gambut. Kegagalan teknik seringkali masih menjadi kasus kasus yang sering terjadi sebagai akibat penggunaan single metode tanpa melakukan comparative methode. Disisi lain pada penambangan skala kecil yang menjamur dibeberapa kabupaten, diperlukan adanya solusi konservatif mengingat kerusakan lingkungan tambang telah terjadi dimana mana sebagai akibat operasional tambang skala kecil yang tidak disertai surat ijin penambangan.

Sebagai penutup acara sosialiasasi,  kegiatan tersebut di akhiri dengan pengumuman pemenang  undian yang beruntung dari penarikan nomer undian pertanyaan yang telah dirangkum sebelumnya dari para peserta pada saat melakukan pendaftaran via online dengan mengisi link google from.

Share:

More Posts

Kirim Pesan kepada kami

Kampus Universitas Islam Riau
Jl. Kaharuddin Nasution 113, Pekanbaru 28284
Indonesia

Telepon :  +62 761 674674
Faks :   +62 761 674834
Email : info[at]uir.ac.id

© 2021 Universitas Islam Riau dikembangkan oleh Biro Sistem Informasi dan Komputasi