• Memahami kembali Makna Demokrasi di Era yang Berubah

    Memahami kembali Makna Demokrasi di Era yang Berubah

    DEMOKRASI adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi, baik secara langsung atau melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum. Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara. Demokrasi […]
Jl. Kaharuddin Nasution 113 Pekanbaru Riau
28284 Ph: +62.761.674.674 Fax.: +62.761.674.834
Email : info@uir.ac.id


10 November 2020
Pengembangan Pembelajaran Kelas Melalui Metode Inquiri Discovery dan Pendekatan Motivasi Pendidik Bidang Ilmu Geologi Untuk Kelompok IPA Sekolah Menengah Atas Cendana Pekanbaru

PADA saat ini mutu pendidikan menjadi tanggungjawab otonomi institusi untuk mengelola sekaligus meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku guna meningkatkan ketercapaian pembelajaran. Peningkatan mutu pendidikan salah satunya dapat tercermin dari proses pembelajaran yang memiliki efektifitas tinggi dan luaran yang dihasilkan dari institusi.

Beberapa faktor yang mempengaruhi efektifitas pembelajaran sehingga produktifitas luaran dapat ditingkatkan. 1) Sumberdaya Manusia; peningkatan jenjang kualifikasi pendidik dan pendekatan motivasi pendidik melalui pelatihan dan atau pendidikan. Permasalahan umum yang dialami pendidik diantaranya adalah masalah belajar siswa dalam menciptakan suasana pembelajaran kelas, kesalahan pemilihan metode pembelajaran, persepsi dan lain sebagainya sehingga pembelajaran kelas kurang bermakna. 2) Sarana dan prasarana; secara etimologi keduanya memiliki perbedaan, namun keduanya memiliki keterkaitan yang sangat penting sebagai alat penunjang keberhasilan suatu proses yang dilakukan.

Dengan demikian, suatu proses kegiatan yang akan dilakukan tidak akan dapat mencapai hasil yang diharapkan sesuai dengan rencana, jika sarana dan prasarana tidak tersedia. Sebagai contoh tersedianya buku pedoman, alat peraga, alat tulis dan lainya yang bersifat langsung menentukan keberhasilan pembelajaran, sedangkan prasarana merupakan penunjang utama yang tidak secara langsung menentukan keberhasilan pembelajaran seperti; gedung, ganset, meja dan kursi.

3) situasi dan kondisi lingkungan belajar secara motorik mempengaruhi kemauan belajar, situasi yang tidak ramai dan terkendali, ruang kelas yang sehat serta pencahayaan yang cukup. 4) waktu; tersedianya waktu yang cukup bagian dari komponen penting untuk menuntaskan pembelajaran, efektifitas dan efisensi pemilihan metode pembelajaran menentukan seberapa lama waktu yang dibutuhkan.

Menurut E. Mulyasa dan Udin Syaefudin (2007,. 2008) metode inkuiri merupakan metode yang gunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan pada pencarian/penelitian dan penemuan melalui proses berfikir secara sistematis. Sedangkan Menurut Sun (dalam Suryo, 2002), berpendapat bahwa “Discovery adalah proses mental dimana siswa mengasimilasikan sesuatu konsep atau suatu prinsip”. Berdasarkan penelusuran hasil penelitian terdapat langkah dalam metode inkuiri adalah sebagai berikut:(1) merumuskan masalah, (2) mengajukan hipotesis/pertanyaan, (3) mengumpulkan data/eksperimen, (4) menguji hipotesis, (5) membuat kesimpulan dan mengembangkan sikap ilmiah yaitu objektif, jujur, rasa ingin tahu, terbuka, berkemauan dan tanggung jawab.

Hasil percobaan dari seluruh peserta didik diketahui adanya peningkatan hasil evaluasi nilai antara 55 – 60 adalah 44.44% dan 60.01 – 70.00 adalah 55.55% (sebelum implementasi). Selanjutnya prsentase ketercapaian belajar dari rank nilai 70 – 80 adalah 72.22% dan untuk rank nilai 80 – 90.00 adalah 27.77% (sesudah implementasi). Adapun nilai tertinggi dari hasil evaluasi sesudah implementasi lebih sedikit dari rank sebelumnya, dapat diartikan bahwa pemahaman siswa/I sudah mencapai pada tahap pengembangan. Indikator tersebut dapat diketahui dari bentuk soal yang diberikan dapat dijawab dengan ketuntasan lebih dari 80%. Bentuk soal dalam hal ini terdapat type soal dasar dan modifikasi pengembangan.

Sedangkan pendekatan motivasi pendidik dalam peningkatan mental belajar siswa/I memberikan pengaruh posistif dengan meningkatnya rasa kepercayaan yang tinggi dan empati terhadap lingkungan sekitar. Kedua pendekatan pembelajaran ini berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan diketahui memiliki hubungan secara simultan, dimana kedua metode ini tidak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya. Kenyataanya bahwa siswa/I membutuhkan sikap pendidik yang mampu membimbing dan empati terhadap siswa/I dalam mengasimilasi materi sedangkan tindakan penelitian dan penemuan membutuhkan kerangka kerja yang sistematis sehingga mudah untuk dilaksanakan.

Penutup; Implementasi dan penekanan metode terhadap permasalahan pembelajaran, adakalanya perlu untuk dikaji secara berulang-ulang sehingga ditemukannya desain pembelajaran yang sistematis serta dapat memancing siswa untuk berfikir; pencarian/penelitian/penemuan yang berimplikasi terhadap tumbuhkembang mental untuk berani menggabungkan komponen komponen penemuan yang terpisah menjadi satu kesatuan (asimilasi) yang didasari oleh tanggungjawab.*

Oleh: Budi Prayitno, MT
Dosen Fakultas Teknik Universitas Islam Riau

Kembali

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2018/2019 dapat dilihat disini

Silahkan unduh cara pembayaran SPP Dasar dan SKS disini.

Silahkan Download Sertifikat BAN PT Prodi dan UIR disini

Profil Universitas Islam Riau dapat diunduh disini

Untuk UIR News dapat di unduh disini

 

Kepada mahasiswa angkatan 2013/2018 Input KRS dan Pembayaran SPP Dasar semester Ganjil T.A 2019/2020 paling lambat tangal

19 AGUSTUS 2019

  1. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank :
    1. BPR Unisritama Kampus UIR (Fasilitas : Teller)
    2. Bank Syariah Mandiri (BSM) (Fasilitas : Teller, Internet Banking, Mobile Banking)
    3. Bank Mega Syariah (Fasillitas : Teller, ATM, Internet Banking)
    4. Bank Negara Indonesia (BNI) (Fasilitas : Teller, ATM, Internet Banking, Mobile Banking)
  2. Bagi mahasiswa yang tidak mengindahkan batas waktu yang telah ditetapkan, maka mahasiswa tidak diperbolehkan mengikuti perkuliahan semester ganjil pada T.A 2019/2020

Pekanbaru, 26 Juni 2019

Wakil Rektor Akademik,

 

 

Dr. H. Syafhendry, M.Si

Download SK Penyesuaian Kewajiban Mahasiswa Baru 2020/2021 (Tidak ada perubahan dari tahun ajaran 2019/2020)

Disini

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2019/10/HASIL-SELEKSI-DOSEN-KONTRAK-2019.pdf” toolbar=”top”]

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2019/10/PENGUMUMAN-DOSEN-TETAP-V.1.pdf” toolbar=”top”]

 

Pengumuman penerimaan dosen tetap UIR dapat diunduh disini

 

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2019/10/UirNews Edisi 3.pdf” toolbar=”top”]

Untuk UIR News Edisi Ketiga dapat di unduh disini

 

Berikut berita acara dan data nama penerimaan dosen Universitas Islam Riau yang lulus Administrasi Tahun 2019.

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/BA-PENERIMAAN-DOSEN-FAI-DAN-PSIKOLOGI.pdf” toolbar=”top”]

File dapat diunduh disini

 

 

Berikut adalah pengumuman penerima beasiswa Pemerintah Provinsi Riau

1. Beasiswa FKIP

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/01/BeasiswaFKIP.pdf” toolbar=”top”]

 

2. Beasiswa Prodi Teknik Peminyakan

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/01/BeasiswaT.Perminyakan.pdf” toolbar=”top”]

 

3. Beasiswa Prodi Kriminologi

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/01/BeasiswaKriminologi.pdf” toolbar=”top”]

 

4. Beasiswa Bhakti Negeri

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/01/BeasiswaBhaktiNegeri.pdf” toolbar=”top”]

 

5. Beasiswa Tahfiz

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/01/BeasiswaTahfiz.pdf” toolbar=”top”]

Berikut adalah Undangan Sosialisasi Beasiswa Pemerintah Provinsi Riau

1. Beasiswa FKIP

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/02/UndanganFKIP.pdf” toolbar=”top”]

 

2. Beasiswa Prodi Teknik Peminyakan

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/02/UndanganT.Perminyakan.pdf” toolbar=”top”]

 

3. Beasiswa Prodi Kriminologi

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/02/UndanganKriminologi.pdf” toolbar=”top”]

 

4. Beasiswa Bhakti Negeri

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/02/UndanganBhaktiNegeri.pdf” toolbar=”top”]

1. PENDAFTARAN CALON KETUA UMUM IKA UIR PERIODE 2020-2024

Berikut adalah persyaratan dan tata cara pendaftaran calon ketua umu IKA UIR periode 2020-2024

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/02/PERSYARATAN PENDAFTARAN KETUA UMUM IKA UIR 2020.pdf” toolbar=”top”]

Formulir pendaftaran dapat didownload disini

 

2. PENDAFTARAN SAYEMBARA LOGO IKA UIR

Berikut adalah persyaratan dan tata cara pendaftaran sayembara logo IKA UIR

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/02/SYARAT DAN KETENTUAN SYAMEBARA LOGO IKA UIR-REVISI.pdf” toolbar=”top”]

Formulir pendaftaran dapat di download disini

Berikut lampiran penerimaan proposal bantuan sosial pendidikan mahasiswa kurang mampu tahun 2020 Pemerintah Provinsi Riau .

File dapat diunduh disini