Email

Kontak

Email

Kontak

Prodi Bahasa Inggris FKIP UIR Memenuhi Kebutuhan Pendidikan Revolusi Industri 4.0 di SMAN 1 Kampar Timur

Kampar, UIR : Tim Program Studi pendidikan Bahasa Inggris FKIP UIR tetap konsisten melaksanakan Roadmap Pengabdian kepada masyarakat Program Studi (Prodi) sejak 2016 hingga saat ini setiap semester. Kegiatan ini merupakan salah satu pelakasanaan Catur Dharma Universitas Islam Riau yang difasilitasi oleh LPPM UIR.

Pentingnya integrasi dunia pendidikan dengan Revolusi Industri 4.0 telah menuntut para pendidik untuk menerapkannya. Sehingga ini menjadi alasan Tim Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mengimplementasikan Roadmap PKM tahap ini dengan Revolusi Industri 4.0.

Ditunjukanya SMAN 01 Kampar Timur merupakan salah satu sekolah yang di bina oleh Pemerintah Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan Tim Program Studi Pendidikan dalam memilih lokasi kegiatan, ujar Ka. Prodi Bahasa Inggris FKIP UIR Miranti Eka Putri., S.Pd., M.Ed

Kegiatan yang telah dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Akademik 2018/ 2019, pada Selasa, 18 Juni 2019 yang lalu, ini diresmikan oleh  Kepala Sekolah SMAN 1 Kampar Timur, H. Kiram, S.Sos., M.Pd diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Akademik Asnaridawati Sy., M.Pd dihadiri oleh sembilan puluh satu orang guru SMAN 1 Kampar Timur, enam belas dosen pendamping Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris serta tujuh belas mahasiwa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan teknis pendampingan dilaksanakan oleh masing-masing tim.

Pemutaran video Revolusi Industri 4.0 dilakukan pada sesi pembukaan untuk membuka wawasan para pendidik mengenai perkembangan 4.0 yang sedang dan akan dihadapai di dunia pendidikan. Sehingga pendidik diharapkan mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran terintegrasi dengan kebutuhan 4.0.

Selanjutnya pemaparan konteks sesuai bidang pendidikan tersebut meliputi : Miranti Eka Putri., S.Pd., M.Ed dengan pendampingan penggunaan infografik; Muhammad Ilyas S.Pd., M.Pd dengan pendampingan penyusunan penelitian tindakan kelas berbasis Infografik ; Dra. Syofinais Ismail., M.Ed dengan pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran; Dr. Rugaiyah., M.Pd dengan meningkatkan motivasi anak dalam belajar serta membangun karakter bangsa dan nilai nasionalisme melalui metode Field Trip; Dr. Sri Yuliani., M.Pd dengan pengembangan bahan ajar kreatif inovatif berbasis potensi lokal; Yulianto., S.Pd., M.Pd dengan penyusunan penelitian tindakan kelas berbasis potensi lokal; Johari Afrizal., S.Pd., M.Ed dengan pembelajaran dan penerapan model Flipped Classroom; Marhamah., S.Pd., M.Ed dengan PKM Guru-Guru Bahasa Inggris; Estika Satriani., S.Pd., M.Pd dengan penyusunan penelitian tindakan kelas berbasis media MALL; Andi Idayani., S.Pd., M.Pd dengan penggunaan Quipper School dalam pembelajaran; Arimuliani Ahmad., S.Pd., M.Pd dengan membuat presentasi dengan Powtoon; Sri Wahyuni., S.Pd., M.Pd dengan CALL dan MALL melalui Kahoot; Fauzul Etfita., S.Pd., M.Pd dengan pemanfaatan padlet pada pengajaran; Sitti Hadijah., S.Pd., M.Pd dengan penggunaan software multimedia untuk kegiatan belajar mengajar.

Terakhir, wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Akademik, Asnaridawati Sy., M.Pd, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat diperlukan dan berdampak dalam peningkatan kualitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan pelaksanaan kegiatan Tim Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UIR ini berkelanjutan yang ditandai dengan penandatangan surat perjanjian kerjasama mitra.

Laporan : HUMAS UIR

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content