• Riau Beternak Konflik

    Riau Beternak Konflik

    Persoalan asap yang sedang marayakan ulang tahun ke dua puluh dua tahun pada tahun 2019 ini, sudah merupakan derita panjang bagi kami dan kita orang Riau, yang selalu hiruk pikuk ketika asap tersebut datang. Bahkan ada sebagian masyarakat menilai bahwa musibah ini merupakan hibah bagi para pemain di pusat sana, agar dapat laba dalam proyek […]
Jl. Kaharuddin Nasution 113 Pekanbaru Riau
28284 Ph: +62.761.674.674 Fax.: +62.761.674.834
Email : info@uir.ac.id


12 Januari 2020
Prodi Perminyakan Menggadakan PKM di Desa Paluh

Siak, UIR : Salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai bentuk kontribusi nyata perguruan tinggi terhadap lingkungannya.

Dalam hal ini Program Studi Perminyakan mengadakan kegiatan secara rutin pada setiap semesternya. Dr. Eng. Muslim sekaligus sebagai Ketua Program Studi melibatkan 5 orang mahasiswa mengadakan kegiatan ini di Desa Paluh Kecamatan Mempura di Kabupaten Siak. Kabupaten ini salah satu daerah penghasil minyak dan disekitar masyarakat ada fasilitas atau peralatan yang mendukung baik untuk produksi maupun transportasi minyak bumi. Dengan demikian tentunya diharapkan masyarakat setempat dapat memahami dan mengerti bahwa fasilitas tersebut harus dijaga secara bersama sama, tidak hanya oleh pihak perusahaan tetapi peran masyarakat sangat diperlukan untuk menjaga aset nasional tersebut.

Prodi Teknik Perminyakan tentu perlu memberikan informasi dan pemahaman agar masyarakat dapat menyadari bahwa mereka juga ikut bertanggung jawab dan bersama-sama menjaga fasilitas yang ada di sekitar mereka.

Kegiatan ini berlangsung di Kantor Kepala Desa Paluh yang dipimpin oleh Bapak Suprayitno sebagai Kepala Desa sekaligus menyambut rombongan dari Prodi Teknik Perminyakan tersebut. Kepala dusun, ketua RW, ketua RT dan masyarakat juga hadir dalam kegiatan tersebut. Acara dimulai pada jam 9.30 yang diawali dengan sambutan Kepala Desa, sambutan dan sekaligus pemaparan dari Dr. Eng. Muslim tentang penyampaian fasilitas transportasi minyak dan gas bumi serta bahaya yang dapat ditimbulkan. Pemaparan selanjutnya disampaikan oleh Tri Indah Sari (mhs) tentang proses terbentuknya minyak bumi kemudian dilanjutkan oleh Supandi Lahagu (mhs) tentang proses explorasi sampai proses produksi minyak bumi.

Setelah pemaparan dilanjutkan dengan diskusi, beberapa pertanyaan yang disampaikan masyarakat diantaranya kenapa ada gas yang dibakar dan tidak dimanfaatkan sebagai penggerak turbin untuk pembangkit listrik, selain itu ada yang bertanya kenapa di sekitar pipa minyak masih dibenarkan adanya pohon sawit serta tempat tinggal seharusnya hal tersebut bisa saja di larang oleh pihak perusahaan. Bahkan ada yang bertanya bagaimana anak-anak tempatan bisa masuk dan bekerja diperusahaan minyak tersebut. Semua pertanyaan dijawab dan dijelaskan oleh Dr. Eng Muslim sehingga terjadi dialog dan diskusi yang cukup hangat antara pemateri dan audience yang hadir.

Setelah ditelusuri dari hasil diskusi tersebut ternyata pihak perusahaan migas yang beroperasi disekitar desa mereka belum pernah hadir untuk memberikan pengetahuan serta informasi sehingga mereka ingin mengetahui lebih banyak tentang industri migas ini. Dr. Eng. Muslim memberikan masukan agar Kepala Desa dapat menyampaikan surat permintaan ke perusahaan untuk memberikan penjelasan serta informasi tentang aktivitas yang mereka lakukan sehingga masyarakat merasa dilibatkan dan ikut bertanggung jawab terhadap fasilitas yang ada.

Kegiatan berakhir jam 11.30 kemudian ditutup dengan penyerahan sertifikat dan plakat dari Prodi Teknik Perminyakan kepada Kepala Desa kemudian di tutup dengan doa serta foto bersama. Kegiatan ini disponsori oleh PT. CPI melalui University Relationship Program Tahun 2019 dan untuk itu kami mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan lancar ucap Dr. Eng. Muslim.

Laporan : HUMAS UIR

Kembali

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2018/2019 dapat dilihat disini

panduan_pembayaran_baru

Silahkan Download Sertifikat BAN PT Prodi dan UIR disini

majalah-untuk-cetak-2_compressed

 

Profil Universitas Islam Riau dapat diunduh disini

UIRNews_E2

Untuk UIR News dapat di unduh disini

 

Kepada mahasiswa angkatan 2013/2018 Input KRS dan Pembayaran SPP Dasar semester Ganjil T.A 2019/2020 paling lambat tangal

19 AGUSTUS 2019

  1. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank :
    1. BPR Unisritama Kampus UIR (Fasilitas : Teller)
    2. Bank Syariah Mandiri (BSM) (Fasilitas : Teller, Internet Banking, Mobile Banking)
    3. Bank Mega Syariah (Fasillitas : Teller, ATM, Internet Banking)
    4. Bank Negara Indonesia (BNI) (Fasilitas : Teller, ATM, Internet Banking, Mobile Banking)
  2. Bagi mahasiswa yang tidak mengindahkan batas waktu yang telah ditetapkan, maka mahasiswa tidak diperbolehkan mengikuti perkuliahan semester ganjil pada T.A 2019/2020

Pekanbaru, 26 Juni 2019

Wakil Rektor Akademik,

 

 

Dr. H. Syafhendry, M.Si

Download SK Penyesuaian Kewajiban Mahasiswa Baru 2019/2020

Disini

HASIL-SELEKSI-DOSEN-KONTRAK-2019
PENGUMUMAN-DOSEN-TETAP-V.1

 

Pengumuman penerimaan dosen tetap UIR dapat diunduh disini

 

UirNews Edisi 3

Untuk UIR News Edisi Ketiga dapat di unduh disini

 

Berikut berita acara dan data nama penerimaan dosen Universitas Islam Riau yang lulus Administrasi Tahun 2019.

BA-PENERIMAAN-DOSEN-FAI-DAN-PSIKOLOGI

File dapat diunduh disini