Email

Kontak

Email

Kontak

Teknik Perminyakan UIR Berhasil Mengharumkan UIR, di Ajang International Plan Of Development Competition-OGIP 2020

Pekanbaru, UIRNews : OGIP 2020, merupakan kompetisi Intelektual tahunan terbesar yang diadakan oleh Teknik Perminyakan UPN Veteran Yogyakarta, beberapa kompetisi yang dilaksanakan iyala international smart competition, internasional oil rig design, chevron international paper , internasional reservoir simulation, dan international plan of development. kompetisi ini berlangsung dari bulan November 2019 hingga 19 Januari 2020.

Untuk tahun ini OGIP mengusung “Elevating World Energy Resilience” sebagai temanya. Pada kompetisi yang telah digelar sejak November tahun 2019. Untuk UIR mengirimkan perwakilannya yang terdiri dari mahasiswa Teknik Perminyakan untuk berkompetisi dengan puluhan mahasiswa lain dari dalam maupun luar negeri.

Pada tahun ini UIR mengirimkan mahasiswa Teknik Perminyakan untuk mengikuti perlombaan Internasional Plan Of Development (POD), dimana tahapan kompotisinya dimulai dari pendaftaran tim tercepat (November 2019), pengumuman peserta dan case distribution (23 November 2019), final POD Project submission (10 Januari 2020), presentation file submission deadline (16 Januari 2020), final presentation (17 Januari 2020) dan ditutup pada 19 Januari 2020.

Alhamdulillah, mahasiswa UIR kembali mengharumkan nama Universitas Islam Riau (UIR) setelah meraih juara Internasional Plan Of Development (POD) pada Oil and Gas Intellectual Parade (OGIP) 2020, ujar Dr. Eng Muslim.

Lanjut Ka. Prodi Perminyakan UIR ini, Kompotisi tersebut diikuti oleh enam universitas dalam maupun luar negeri yang telah lolos dalam tahap seleksi dari awal-akhir bulan November 2019 dan langsung masuk ke tahap “Case Distribution” pada 23 November 2019, universitas tersebut diantaranya Universitas Islam Riau (UIR), Institut Teknologi Bandung (ITB), UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Gajah Mada (UGM), PEM Akamigas Cepu dan Universitas Pertamina, ungkapnya

Dr. Eng Muslim menjelaskan, Teknik Perminyakan UIR mengirimkan delegasi, yang mana mereka menamai Timnya sebagai Rafflesia Petroleum.Ltd yang mewakili angkatan 2016, 2018, dan 2019. Tim tersebut beranggotakan Dede Kurniawan, Yessi Ratna Sari, Dea Sucianty, Toni Dwi Setiawan, dan Dhimas Indragunawan.

Pada kompotisi Internasional Plan Of Development (POD), mahasiswa-mahasiswa Teknik perminyakan UIR berhasil dalam membuat perencanaan yang matang mengenai sebuah proyek yang akan dijalankan dalam industri perminyakan. Perencanaan ini disajikan dalam bentuk laporan dengan mengkaji seluruh aspek dari keilmuan program studi Teknik Perminyakan, kemudian diperesentasikan secara langsung pada tanggal 17 Januari 2020 didepan dewan juri “Ibu Alice Maylana (Planning and Evaluatin Manager PT Pertamina EP Asset-5), Bapak Eko Yudhi Purwanto (Head of simulation & Reservoir studies service PT Pertamina Hulu Mahakam), dan Bapak Herman Sanitioso (On-Shore Asset Speciallist PT Medco E&P Indonesia), jelasnya.

Dengan menerapkan ilmu aplikatif yang sesuai dan berkaitan dengan bidang perminyakan, tim dari UIR berhasil merih dan mempertahakan 3 besar juara pada perlombaan ini, dimana pada tahun 2019 Tim UIR meraih juara 1 dan UPN Veteran Yogyakarta meraih juara 2 dan pada tahun ini 2020 Tim UIR meraih juara 2nd Runner Up setelah Tim Universitas Pertamina sebagai Juara pertama dan Tim PEM Akamigas cepu sebagai 1st Runner Up, yang mana lebih unggul dari tim lainnya, tutup Ka. Prodi teknik Perminyakan UIR Dr. Eng Muslim.

Tim Rafflesia Petroleum.Ltd-UIR mengaku kemenangan ini juga berkat dukungan dari berbagai pihak, seperti program studi Teknik Perminyakan (Bapak Dr.Eng. Muslim, M.T), Dosen pembimbing (Bapak Dike Fitriansyah Putra Msc, MBA.,) dan beberapa pihak lainnya. “Kami harap kemenangan ini tidak menjadikan kita cepat berpuas diri. Semoga kami dapat membangun Indonesia menjadi lebih baik dimasa yang akan datang dengan keilmuan kami”., pungkas salah satu mahasiswa perminyakan UIR, Dea Sucianty.

Laporan : HUMAS UIR

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content