• Tantangan Hukum di Era Revolusi Industri 4.0 Oleh : Syafrinaldi

    Tantangan Hukum di Era Revolusi Industri 4.0 Oleh : Syafrinaldi

    PEMBANGUNAN yang dilakukan oleh suatu bangsa harus memihak kepada kepentingan rakyat.  Pembangunan sebagai suatu proses yang berkesinambungan harus senantiasa tanggap dan peka terhadap dinamika yang terjadi di dalam masyarakat, baik di bidang politik, ekonomi, teknologi, sosial dan budaya dan sebagainya. Masyarakat modern (modern society) hidup dalam era teknologi informasi (information technology) atau disebut juga dengan […]
Jl. Kaharuddin Nasution 113 Pekanbaru Riau
28284 Ph: +62.761.674.674 Fax.: +62.761.674.834
Email : info@uir.ac.id


28 Mei 2019
The 2nd International Event Prodi Perminyakan Di Ikuti 6 Universitas Luar Negeri

Pekanbaru, UIR : Prodi Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau terus melalukan berbagai kegiatan tingkat international dalam rangka untuk menjalin kerjasama dengan berbagai kampus di luar negeri.

Hal ini membuktikan bahwa jaringan/networking program studi ini sudah cukup luas dibeberapa universitas baik di benua Asia, benua Afrika maupun di benua Australia. Kegiatan yang akan dilakukan pada tanggal 24 Juni sd 28 Juni nanti akan melakukan beberapa kegiatan diantaranya adalah kursus simulasi CMG (Computer Modelling Group) dengan mendatangkan instrukturnya langsung dari perusahaan yg berkantor pusat berbasis di Calgary dan kantor regional Asia di Kuala Lumpur, ujar Dr. Eng. Muslim.

Di jelaskan Dr. Eng. Muslim. kegiatan ini dilakukan selama 2 hari (24 – 25)di laboratorium simulasi Teknik Perminyakan yang telah mendapatkan hibah 4 software senilai US $5 juta pada tahun 2018 yang lalu dan salah satu software nya adalah software CMG.

Lanjutnya, kegiatan selanjutnya pada tanggal 26 Juni adalah International Seminar yang dihadiri berbagai kampus dari Asia (UKM, UCSI dari Malaysia, Chulalongkon Univ dari Thailand), Australia (Adelaide Univ) dan dari Afrika (Sebha Univ dan Sirt Univ). Masing-masing kampus tersebut mengirimkan pembicaranya dan bahkan delegasi yang paling banyak dari Libya yaitu 8 orang yang terdiri dari 5 orang dosen dan 3 orang mahasiswa.

Sedangkan, Sebha Univ mengutus Vice President dan Director of International Office untuk menghadiri kegiatan ini, cakap Dr. Eng. Muslim.

Selain itu diharapkan pada kegiatan international event ini sekaligus melakukan kerjasama antar Sebha Univ dengan UIR karena ini adalah kali ke 2 mereka mengirimkan wakil dari kampus yang terletak di Kota Sebha ini jelas Dr. Eng. Muslim.

Ia menambahakan, kegiatan selanjutnya adalah kunjungan ke Main Office dan Laboratorium PT. CHEVRON PACIFIC INDONESIA (PT. CPI) pada tanggal 27 Juni untuk memperkenalkan bagaimana perusahaan ini beroperasi di Propinsi Riau dalam rangka memproduksikan salah satu minyak terbaik didunia dengan teknogi yang mereka miliki.

Kemudian kegiatan terakhir adalah kunjungan ke PLTA Koto Panjang sebagai salah satu pembangkit listrik dengan tenaga air yang mensupport electricity di Propinsi Riau dan sekaligus berwisata di danau yang ada.

Semua rangkaian kegiatan ini disupport penuh oleh PT. Chevron Pasific Indonesia serta pendanaan internal dari Universitas Islam Riau ucap Dr. Eng. Muslim sebagai Ketua Program Studi Perminyakan UIR.

Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar besar kepada PT. CPI yang telah banyak mendukung berbagai kegiatan di Prodi Perminyakan ini.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari tahun 2018 yang lalu dan tahun ini dipimpin oleh Idham Khalid, MT sebagaj ketua panitianya. Hingga hari ini persiapan sudah mencapai 80% dan dalam waktu yang tersisa 1 bulan kedepan semua persiapan sudah selesai di lakukan. Khusus untuk international seminar kami akan mengundang berbagai pihak untuk hadir mulai dari pihak industri migas yang ada di Propinsi Riau, pihak kampus seperti dosen dan mahasiswa, pihak pemerintah serta pihak-pihak yang ingin mengetahui tentang kegiatan di sektor migas.

Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan meningkatkan reputasi Prodi Teknik Perminyakan UIR di luar negeri sehingga semakin menambah kerjasama dengan berbagai pihak khususnya kampus-kampus yang sudah menjadi mitra prodi ini di berbagai negara yang ada. Selain itu kegiatan ini diharapakan dapat mendukung Visi UIR Unggul di Asia Tenggara pada tahun 2020, pungkas Dr. Eng. Muslim

Laporan : HUMAS UIR

Kembali

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2018/2019 dapat dilihat disini

panduan_pembayaran_baru

Silahkan Download Sertifikat BAN PT Prodi dan UIR disini

  1. Undangan Untuk YLPI
  2. Undangan Undangan Untuk Hari Senin
  3. Undangan Undangan Untuk Hari Selasa
  4. Undangan Undangan Untuk Hari Rabu
majalah-untuk-cetak-2_compressed

 

Profil Universitas Islam Riau dapat diunduh disini

Untuk UIR News dapat di unduh disini