• Riau Beternak Konflik

    Riau Beternak Konflik

    Persoalan asap yang sedang marayakan ulang tahun ke dua puluh dua tahun pada tahun 2019 ini, sudah merupakan derita panjang bagi kami dan kita orang Riau, yang selalu hiruk pikuk ketika asap tersebut datang. Bahkan ada sebagian masyarakat menilai bahwa musibah ini merupakan hibah bagi para pemain di pusat sana, agar dapat laba dalam proyek […]
Jl. Kaharuddin Nasution 113 Pekanbaru Riau
28284 Ph: +62.761.674.674 Fax.: +62.761.674.834
Email : info@uir.ac.id


4 Desember 2019
Untuk Pengabdian Masyarakat UIR Segera Dirikan Pusat Kajian Halal Centre

Pekanbaru, UIR : Sebuah langkah maju. Dalam upaya mengimplementasikan Undang Undang Nomor 33 Tahun 2014 yang mengharuskan Pemerintah menyelenggarakan Jaminan Produk Halal, Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Riau akan mendirikan Pusat Kajian Halal Centre. Rencana pendirian itu disampaikan Dekan FAI Dr Zulkifly Rusbi dan Wakil Rektor Bidang Akademik Dr H Syafhendry ketika menyampaikan sambutan dalam Kuliah Umum bertajuk, ‘Peluang dan Cabaran Industri Halal Era 4.0’ di Gedung Rektorat UIR Jalan Kaharuddin Nasution 113 Pekanbaru pada Selasa siang (12/3 2019).

Kuliah Umum yang menghadirkan Dr Kamisah binti Supian dari Universitas Selangor Malaysia dan Dr Zulkifly Rusbi itu diikuti ratusan mahasiswa FAI. Turut hadir Ketua Dewan Pembina Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Riau Drs H Mukni, Wakil Rektor II Dr Ir Asrol, Dekanat FAI dan Civitas Akademika UIR.

Menurut Zulkifli, pendirian Halal Centre sedang dipersiapkan dan telah melalui kajian akademik yang sangat serius dalam beberapa bulan. Kedatangan Dr Kamisah binti Supian di kuliah umum juga dalam rangka Halal Centre. Ia memahamkan mahasiswa FAI agar melakukan kajian secara mendalam terhadap makna halal. Sebab dalam era industrialisasi dan ilmu pengetahuan sekarang, terjadi pergeseran maknawi atas konsepsi halal.

”Selain diperbolehkan dalam syariat, kita juga mengenal halal dalam konteks produksi, dalam dunia perbankan, bahkan di bidang pariwisata pun berkembang wisata halal. Termasuk halal dalam bergaya hidup atau fashion show. Silakan mahasiswa menelaah dan menganalisisnya bagaimana sejatinya konsepsi halal itu di samping yang telah diatur oleh syariat,” pungkas Zulkifly Rusbi.

Halal Centrem kata Zulkifly, memberi keuntungan yang multi fungsi. Tidak semata melebelkan produk makanan tetapi membuka lapangan kerja. Akan banyak umat Islam tertampung bekerja dalam pusat kajian halal yang segera kita dirikan.

Hal senada ditegaskan Syafhendry. Dalam pandanngan Wakil Rektor ini, di paroh berkembangnya industrialisasi kita menyaksikan hadirnya pusat-pusat perbelanjaan yang menjual beragam produk negara luar. Ada yang berlebel halal, tak sedikit pula yang tidak berlebel. Mereka juga masuk ke kampus-kampus merambah dunia pendidikan. Karena itu, sertifikasi halal menjadi penting. Dan, ini pula yang melecut Universitas Islam Riau mendirikan Halal Centre.

”Kita sudah lakukan kajian mendalam. Kesimpulannya, saatnya UIR memiliki Halal Centre. Kelak pusat kajian ini akan kita uji petik ke beberapa universitas di Indonesia dan Malaysia untuk memastikan bahwa Halal Centre UIR teruji dan dikelola secara profesional. Ini juga merupakan salah satu bentuk pengabdian UIR kepada masyarakat,” ujar Syafhendry.

Laporan : HUMAS UIR

Kembali

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2018/2019 dapat dilihat disini

panduan_pembayaran_baru

Silahkan Download Sertifikat BAN PT Prodi dan UIR disini

majalah-untuk-cetak-2_compressed

 

Profil Universitas Islam Riau dapat diunduh disini

UIRNews_E2

Untuk UIR News dapat di unduh disini

 

Kepada mahasiswa angkatan 2013/2018 Input KRS dan Pembayaran SPP Dasar semester Ganjil T.A 2019/2020 paling lambat tangal

19 AGUSTUS 2019

  1. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank :
    1. BPR Unisritama Kampus UIR (Fasilitas : Teller)
    2. Bank Syariah Mandiri (BSM) (Fasilitas : Teller, Internet Banking, Mobile Banking)
    3. Bank Mega Syariah (Fasillitas : Teller, ATM, Internet Banking)
    4. Bank Negara Indonesia (BNI) (Fasilitas : Teller, ATM, Internet Banking, Mobile Banking)
  2. Bagi mahasiswa yang tidak mengindahkan batas waktu yang telah ditetapkan, maka mahasiswa tidak diperbolehkan mengikuti perkuliahan semester ganjil pada T.A 2019/2020

Pekanbaru, 26 Juni 2019

Wakil Rektor Akademik,

 

 

Dr. H. Syafhendry, M.Si

Download SK Penyesuaian Kewajiban Mahasiswa Baru 2019/2020

Disini

HASIL-SELEKSI-DOSEN-KONTRAK-2019
PENGUMUMAN-DOSEN-TETAP-V.1

 

Pengumuman penerimaan dosen tetap UIR dapat diunduh disini

 

UirNews Edisi 3

Untuk UIR News Edisi Ketiga dapat di unduh disini

 

Berikut berita acara dan data nama penerimaan dosen Universitas Islam Riau yang lulus Administrasi Tahun 2019.

BA-PENERIMAAN-DOSEN-FAI-DAN-PSIKOLOGI

File dapat diunduh disini