Sejarah Universitas Islam Riau


Universitas Islam Riau adalah perguruan tinggi tertua di Provinsi Riau berdiri pada tanggal 4 September 1962 bertepatan dengan 23 Zulkaidah 1382 H, dibawah Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau. Tokoh Pendiri Universitas Islam Riau yaitu :

  1. Dt. Wan Abdurahman
  2. Soeman Hasibuan
  3. H. Zaini Kunin
  4. H. A. Malik
  5. H. Bakri Sulaiman
  6. H.A. Kadir Abbas,S.H, dan
  7. H.A. hamid Sulaiman.

Pertama kali Universitas Islam Riau hanya ada satu fakulas saja, yaitu Fakultas Agama dengan dua Jurusan yaitu jurusan Hukum dan Tarbiyah, dengan Dekan Pertama H.A. Kadir Abbas,S.H. Terletak di Pusat Kota Pekanbaru Jalan Prof. Mohd. Yamin, S.H, bangunan gedung Tingkat dua. Namun pembangunan kampus tidak sampi disisni saja, maka UIR terus mengembangkan pembangunan dibidang fisik di lokasi kedua Jalah Kaharuddin Nasutin KM 11 Perhentian Marpoyan.

 

Pembangunan Gedung UIR

Pertamanya Universitas Islam Riau hanya memiliki satu areal kampus yang terletak di pusat kota Jalan Prof. Mohd. Yamin, SH Pekanbaru dengan bangunan gedung tingkat II, namun pengembangan kampus tidak sampai disini saja, maka Universitas Islam Riau terus mengembangkan pembangunan dibidang fisik. Berkat kejelian dan kegigihan Pimpinan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Riau maka diusahakan pembelian lahan di Km. 11 Perhentian Marpoyan seluas 65 Ha, dan tepatnya pada tahun 1983 dilaksanakan pembangunan pertama untuk gedung Fakultas Pertanian, sehingga pada tahun itu juga Fakultas Pertanian resmi menempati gedung baru di Perhentian Marpoyan tersebut. Dengan adanya lahan di Perhentian Marpoyan tersebut UIR tetap berusaha mengembangkan pembangunan gedung, sehingga pada tahun akademis 1990/1991 semua fakultas dilingkungan UIR resmi menempati Kampus baru yang terletak di Perhentian Marpoyan, Km. 11 seluas 65 Ha, yang telah memperoleh hak guna bangunan atas nama Yayasan Pendidikan Islam. Lahan yang terletak di Perhentian Marpoyan Km. 11 telah dibangun berbagai bangunan seperti :

  1. Gedung Fakultas Hukum tiga lantai
  2. Gedung Fakultas Agama Islam dua lantai
  3. Gedung Fakultas Pertanian dengan dua lantai
  4. Gedung Fakultas Ekonomi dengan dua lantai
  5. Gedung FKIP dengan tiga lantai
  6. Gedung Fisipol dengan tiga lantai
  7. Gudung Fakultas Psikologi empat lantai
  8. Gedung Fakultas Ilmu Komunikasi tiga lantai
  9. Bangunan Mesjid Kampus
  10. Bangunan Gedung Perpustakaan 4 lantai
  11. Bangunan Gedung kafeteria
  12. Bangunan Mushalla
  13. Bangunan Garase kendaraan UIR
  14. Bangunan Komplek perumahan Karyawan dan Dosen UIR
  15. Bangunan Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa ( PKM )
  16. Bangunan Gedung laboratorium
  17. Bangunan Gedung olah raga tennis
  18. Lapangan Bola Kaki
  19. Gedung Rusunawa

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2018/2019 dapat dilihat disini

Panduan_Pembayaran