Celoteh Civitas

Kontak

Ilmu, Amal, Iman dan Taqwa Menjadi Penentu Kenaikan Derajat Manusia

Dalam kitab yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhori bab pertama, diterangkan bahwa umat muslim diwajibkan menuntut ilmu dunia dan akhirat. Keterangan tersebut disampaikan oleh Dr. H. Nixson Husin, LC.,MA pada kegiatan Kajian Rutin bagi Civitas Akademisi Universitas Islam Riau (UIR) diruang sidang lantai II Gedung Rektorat UIR Jumat, (08/12/2023).

Sebelum beramal sholeh maka manusia diperintah terlebih dahulu untuk mencari ilmu. Singkatnya ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang telah disusun secara rapi dan sistematis berdasarkan pengalaman, pengamatan, dan penelitian yang kemudian dikaitkan dengan pemikiran cermat.

“Usai memiliki Ilmu barulah seseorang bisa beramal. Baik itu beramal sholeh menjalankan perintah agama, maupun berilmu untuk memahami tata cara pekerjaan di dunia”, terang Dr. H. Nixson Husin, LC.,MA kepada Civitas Akademisi UIR.

Ia melanjutkan usai beramal, barulah iman akan muncul, nikmat yang paling nikmat adalah bagaimana cara seseorang meraih keberkahan karena hakikatnya manusia diberi pikiran untuk berfikir dan beramal sholeh.

“Usai ilmu amal dan iman maka taqwa akan terbentuk. Ini tentunya harus melalui proses yang panjang secara berkala hingga pada akhirnya menjadi istiqomah”, terang Dr. H. Nixson Husin, LC., MA.

Istiqomah berasal dari kata “qomah” berarti berdiri, punya pendirian, atau konsisten Orang istiqomah hiduonya akan tenang karena apabila diberi nikmat ia bersyukur dan apabila diberi musibah maka ia akan bersabar.Seseorang yang istiqomah juga senantiasa optimis dan berfikir postif kepada Allah SWT.

“Allah SWT telah menyebut bahwa aku tergantung bagaimana prasangka hamba ku. Mari bersama kita hidupakn akhirat agar dunia bisa mengikut, kalau hanya mengejar dunia akhirat sudah dipastikan tidak akan mengikut”, sebut Nixson Husin lagi.

Kajian rutin tersebut juga berlangsung hibrid, turut menyaksikan Ketua YLPI Riau Prof. Dr. Nurman, Sos., M.Si, Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., MCL, WR II UIR Dr. Firdaus AR, S.E., M.Si., AK., CA, WR III UIR Dr. Admiral, S.H., M.H, Direktur Direktorat Dakwah Islam Kampus (DDIK) Dr. Anton Afrizal Chandra, S.Ag., M.Si, Sekretaris DDIK UIR Ary Antony Putra, MA, Ketua LPM Dr. H. Asrol, M.Ec, serta Dosen dan Tenaga kependidikan lainnya. (hms/smh)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content