Celoteh Civitas

Kontak

Rektor UIR Jadi Tim Panel PPRA LXVII LEMHANNAS RI, Jelaskan Implementasi Kebijakan IKN

Rektor Universitas Islam Riau (UIR) Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H.,MCL turut diundang menjadi tim panel dalam kegiatan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) ke LXVII tahun 2024 oleh Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANNAS) Republik Indonesia (RI). Kegiatan berlangsung pada Rabu, (26/06/2024) di Gedung Pancagatra Lantai III Timur LEMHANNAS RI.

Pada kesempatan ini ia turut menjelaskan tentang Implementasi Kebijakan Ibu Kota Negara (IKN) dalam perspektif Sitem Manajemen Nasional (SISMENNAS). Pembahasan ini fokus pada kebijakan politik dan pemerintahan terhadap pembangunan IKN pasca pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024 serta bagaimana kebijakan terhadap pembangunan IKN sesuai dengan pedoman dalam UU Nomor 3 Tahun 2022.

“Saya juga membahas implementasi SISMENNAS dalam tata kelola IKN pada aspek pemerintahan. Peserta LEMHANNAS angkatan 67 terdiri dari 5 orang jenderal, puluhan Kolonel, Kombes dan beberapa orang sipil” ujar Rektor.

SISMENNAS berpusat pada tatanan pengambilan Keputusan berkewenangan (TPKB) yang dimulai pada tingkat politik, administrasi, hingga pelaksanaan keputusan. Faktor pengambilan keputusan terdiri dari faktor manusia, lingkungan, bidang keuangan, keterampilan dan waktu.

Untuk itu salah satu implementasi SISMENNAS adalah bagaimana memperbarui tata kelola IKN di Indonesia dengan membangun konsep smart governance sebagai pilar penting yaitu komitmen organisasi pemerintah, partisipasi publik, hingga pengguna teknologi. (hms/smh)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content