Celoteh Civitas

Kontak

Tips dan Trik Lulus Beasiswa versi Awardee Beasiswa Unggulan UIR

Beasiswa merupakan bantuan biaya pendidikan yang sangat diperlukan oleh masyakarat Indonesia. Untuk menunjang kemajuan bangsa pemerintah gencar menggelontarkan beasiswa guna membantu penerimanya untuk mengejar pendidikan sesuai dengan bidang keilmuan yang disukai.

Terdapat banyak jenis beasiswa yang diberikan oleh pemerintah pusat, daerah hingga swasta untuk masyarakat, salah satunya beasiswa unggulan Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia (RI). Pendaftaran beasiswa ini dibuka sejak 01 hingga 14 Juli 2024.

Agar bisa meraih beasiswa ini tentunya diperlukan pemenuhan berkas administrasi yang lengkap hingga test wawancara. Untuk itu salah satu awardee S1 beasiswa unggulan UIR tahun 2023 Adinda Aulia Safitri memberikan tips dan trik agar bisa lulus seleksi beasiswa.

“Perjuangan buat lulus itu melewati usaha yang luar biasa mulai dari pembuatan karya ilmiah essay, mengumpulkan sertifikat nasional dan internasional, mengumpulkan karya seperti buku yang berhasil terbitkan, memperoleh skor UKBI (621) predikat unggul, dan juga sertifikat kompetensi”, jelas Adinda saat mengisi webinar secara daring pada Selasa, (02/07/2024).

Salah satu administrasi yang harus dipernuhi adalah membuat essay beasiswa. Essay beasiswa cenderung bersifat subjektif dan personal, karena memaparkan pengalaman dan pendapat penulis. Essay lain dapat bersifat lebih objektif dan ilmiah, seperti esai analisis yang membandingkan data.

Awardee UIR ini juga menggunakan metode star yaitu situation, calon penerima dapat mengkaji dan identifikasi problematika yang sedang terjadi di lapangan secara detail, temukan titik permasalahannya. Kemudian task, deskripsikan tanggung jawab dan tugas yang harus di hadapi atas tantangan yang sedang di kaji berdasarkan tujuan dan planning.

“Selanjutnya action, kita bisa menjelaskan tindakan apa yang akan dilakukan untuk solve problem tersebut, berikan penekanan atas kontribusi yang akan kamu lakukan kedepannya, dan terakhir result, paparkan hasil dan perubahan apa yang akan di dapat setelah tindakan tersebut dapat terimplikasi dengan baik secara rinci dan konkret”, jelas Adinda.

Pendaftaran Beasiswa Unggulan ditujukan bagi Mahasiswa Baru (MABA) 2024 dan Mahasiswa Angkatan 2023. Sebelum upload dokumen persyaratan dapat membuat akun pendaftaran terlebih dahulu melalui https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/app/register. (hms/smh)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content