Celoteh Civitas

Kontak

DDIK UIR Gelar Edukasi Zakat dan Pelestarian Lingkungan di Kandis Siak

Direktorat Dakwah Islam Kampus Universitas Islam Riau (DDIK UIR) bersama Forum Mahasiswa Penerima Beasiswa Cendekia BAZNAS (FMP-BCB UIR) dan Balai Pelatihan dan Pengembangan Masyarakat (BPPM) PT Arara Abadi menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis dan Kelurahan Simpang Belutu, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak.

Dalam Acara tersebut dihadiri oleh Direktur DDIK UIR Dr. Anton Afrizal Candra, M.Si., Sekretaris DDIK UIR Ary Antoni Putra, S.Pd.I., M.A., Dosen Fakultas Pertanian Dr. Ir. H. Rosyadi, M.Si., serta Mentor FMP-BCB Febry Ferdiyanto Purba, S.Pi, dan mahasiswa penerima beasiswa Cendekia BAZNAS Universitas Islam Riau.

Dengan mengusung tema “Edukasi Zakat dan Penyuluhan Pelestarian Lingkungan,” kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya zakat dan memberikan penyuluhan tentang pelestarian lingkungan.

Dalam sambutannya, Direktur DDIK UIR, Dr. Anton Afrizal Candra, menekankan pentingnya edukasi zakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan keagamaan.
“Keberadaan UIR di tengah-tengah masyarakat sebagai penyuluh diharapkan dapat menerangi dan mendidik masyarakat tentang zakat serta tanggung jawab sosialnya,” ujarnya.

Kegiatan tersebut juga sekaligus digelar penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara DDIK UIR dan pihak Pondok Pesantren Jabal Nur serta Kelurahan Simpang Belutu.

Dr. Rosyadi Dosen Fakultas Pertanian UIR memberikan materi mengenai teknik pelestarian lingkungan yang dapat diterapkan oleh masyarakat setempat. “Kami berharap materi ini dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat,” kata Rosyadi.

Febry Ferdiyanto Purba, S.Pi., selaku Mentor BCB, juga menambahkan bahwa terlaksananya kegiatan diharapkan dapat meningkatkan semangat mahasiswa penerima beasiswa BAZNAS UIR untuk terus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

“Kami ingin membentuk masyarakat yang lebih sadar akan pentingnya zakat dan pelestarian lingkungan serta mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Lebih lanjut, sebagai bagian dari kegiatan, dilakukan juga penyerahan dan penanaman bibit tanaman buah di lingkungan Pondok Pesantren Jabal Nur dan Kelurahan Simpang Belutu, Siak.(kh/hms)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content