Celoteh Civitas

Kontak

Audiensi Bahas Peluang Kerjasama, UIR Jembatani Kolaborasi antara BUMD dan Pemerintah Daerah Riau

Universitas Islam Riau (UIR) melalui Kantor Urusan Internasional (KUI&K) dan Pusat Studi Energi (PSE) gelar audiensi membahas kerjasama antara Golden Engineering sebuah perusahaan asal Korea Selatan dengan beberapa BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) minyak dan gas (Migas), perkebunan serta Pemerintah Kota dan Kabupaten se Riau.

Kegiatan audiensi diselenggarakan pada Senin (05/08/2024) di Ruang Rapat Rektor Gedung Rektorat UIR. Audiensi peluang kerjasama membahas peluang yang dapat dilaksanakan dalam optimalisasi dan pengelolaan sumber daya alam (SDA) daerah yang dikelola oleh beberapa BUMD Migas dan perkebunan Riau.

Selama tiga puluh menit Richard CG Lee dari Golden Engineering Ltd memaparkan presentasi seputar kerjasama, proyek yang telah berjalan, dan cakupan proyek yang sekiranya dapat dilaksanakan. Audiensi berlangsung aktif terlihat dari aktifnya tanya jawab yang dilakukan oleh BUMD Migas dan perwakilan Pemkot serta Pemkab yang hadir.

Assoc. Prof. Dr. Rendi Prayuda, M.Si dalam keterangannya kepada Tim Humas UIR, audiensi hingga sampai pada berhasilnya terjalin kerjasama proyek nantinya tentu akan membawa rekognisi bagi UIR, terutama terhadap tercapainya implementasi kerjasama dengan pihak industri maupun pemerintah.

“Pada posisi ini, UIR melalui Pusat Studi Energi (PSE) dan KUIK menjadi jembatan keberlangsungan proyek. Selain menjadi penghubung tetapi juga memberikan keyakinan kepada pihak industri serta pemerintah bahwa proyek yang akan berlangsung nantinya akan terlaksana dan menerapkan prinsip ilmiah dengan menggandeng peran institusi pendidikan,” ujar Rendi Prayuda.

Adapun poin – poin yang disampaikan dalam presentasi seperti penerapan teknologi CCUS (Carbon Capture Utilization an Storage), pengelolaan limbah menjadi energi terbarukan, teknologi water purification yang dapat dijajaki oleh beberapa pihak tersebut.

Lebih lanjut, hadir Prof. Dr. Eng. Ir. Muslim, S.T., M.T., Kepala KUI&K Assoc. Prof. Dr. Rendi Prayuda, M.Si., Ketua PSE Dike Fitriansyah, S.T., M.Sc., M.B.A., Ka.Div Kerjasama Luar Negeri Muhammad Akbar Al-Muttaqin, B.Com., M.Sc. hadir perwakilan dari BUMD Migas diantara dari PT. Bumi Siak Pusako, PT, Siak Prima Nusalima, PT. Siak Prima Sakti, PT. Persi, dan Pemkab Meranti.(kh/hms)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content