Celoteh Civitas

Kontak

Peluang Kerja Teknik Geologi dalam Bidang Pertambangan

Fakultas Teknik Universitas Islam Riau (UIR) merupakan Fakultas ke-3 yang berdiri di UIR. Fakultas ini memiliki 6 Program Studi (Prodi) terdiri dari Prodi Teknik Sipil, Teknik Perminyakan, Teknik Mesin, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Informatika, hingga Teknik Geologi.

Fakultas Teknik UIR berupaya untuk menciptakan lulusan berkompeten dan berdasaya saing khususnya dibidang engineering. Salah satu Prodi Teknik yang memiliki peluang kerja dalam bidang pertambangan adalah Prodi Teknik Geologi.

Abdul Hadi, S.T., sebagai Geologist and Quality Control Mining Company menyampaikan Indonesia salah satu produsen dan eksportir Batubara terbesar di dunia, memiliki cadangan Batubara yang besar dengan jumlah sekitar 26,2 miliar ton. Cadangan terbesar terletak di Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah dengan jumlah Cadangan sekitar 14,9 miliar ton.

“Lulusan teknik geologi memainkan peran penting dalam pertambangan batubara, mulai ekplorasi hingga produksi, mengawasi operasi tambang, dan bertanggung jawab terhadap lingkungan”, jelas Abdul Hadi saat menjad narasumber dalam webinar yang ditaja oleh Prodi Teknik Geologi.

Adapun beberapa peluang kerja lulusan teknik geologi di pertambangan batubara yaitu bisa menjadi exploration geologist, geologist, mine geologis, Hydrogeologist, dan Geotechnical Engineer.

“Sebelum terjun pada industri pertambangan terdapat 7 hal yang harus disiapkan yaitu memulai magang dan pengalaman kerja, menjalankan pendidikan dan sertifikasi, networking, meningkatkan keterampilan khusus, persiapkan cv dan portofolio, melamar ke perushaan, serta prepare untuk menghadapi tes dan wawancara”, tambah Abdul Hadi.

85% peluang kerja ini didapatkan dari networking. Jika berminat untuk bekerja pada industri pertambangan maka Prodi Teknik Geologi UIR solusinya. Saat ini Prodi Teknik Geologi telah terakreditasi dengan peringkat “Baik Sekali” berdasarkan keputusan LAM Teknik No. 0078/SK/LAM Teknik/AS/IV/2024.

Saat ini Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di UIR tengah berlangsung gelombang III dimulai tanggal 01 Agutus – 31 Agustus 2024. Pendaftaran dapat dilakukan melalui website pmb.uir.ac.id. (hms/smh)

Sumber Gambar : wikipedia.id

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content