Celoteh Civitas

Kontak

UIR Gelar Upacara Peringatan HUT RI ke-79, Rektor Ajak Refleksi Jasa Pahlawan dan Pendiri YLPI

Universitas Islam Riau (UIR) menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79 di Lapangan PKM UIR pada Sabtu (17/08/2024). Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L., memimpin jalannya upacara yang berlangsung dengan khidmat yang diikuti oleh pimpinan, unit dan biro se lingkungan UIR.

Upacara tersebut dipimpin oleh Abdul Hakim dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sebagai komandan upacara, dengan Perwira Upacara Fauzan Kamil El-Maliki dari Resimen Mahasiswa (Menwa) yang juga mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) dan Fakultas Hukum. Pasukan Pengibar Bendera terdiri dari M. Ade Rahman Hidayat dari Fakultas Hukum, Sindy Lara Puspita, dan Dimas Aditya Permana Putra dari Fakultas Psikologi.

Dalam amanatnya, Rektor UIR mengajak seluruh peserta upacara untuk berefleksi dan mengingat jasa serta sumbangsih para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Beliau juga menekankan pentingnya mengingat peran para pendiri Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau dan Universitas Islam Riau dalam memajukan pendidikan.

“Adanya peran dalam mensejahterakan pendidikan, kegigihan dan berkembang pesatnya YLPI Riau bersama UIR sebagai penyelenggara pendidikan dan pelaksana jalannya pendidikan dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua,” ujar Prof. Syafrinaldi.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor juga menyampaikan kebanggaannya terhadap pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Beliau menegaskan bahwa UIR akan terus mendukung pemerintah melalui kontribusi di ranah pendidikan.

“UIR selalu mendukung pemerintah melalui ranah pendidikan dengan berbagai kontribusi serta capaian sekaligus harus dapat disyukuri seperti UIR terekognisi QS Star Bintang 3 dengan beberapa kategori seperti good governance dan social impact Bintang 5,” imbuhnya.

Upacara ditutup dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua Umum YLPI, Dr. H. Nurman, M.Si, dan doa yang dipimpin oleh Direktur Direktorat Dakwah Islam Kampus (DDIK), Dr. Anton Afrizal Candra, S.Ag., M.Si.

Dalam penutup amanatnya, Prof. Syafrinaldi menyampaikan harapannya untuk Indonesia yang terus maju dan dapat mewujudkan Indonesia Emas pada 2045. “Dirgahayu Republik Indonesia ke-79, semoga Indonesia terus maju dan dapat wujudkan Indonesia Emas pada 2045,” tutupnya.(kh/hms)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content