Email

Kontak

Email

Kontak

PBA FAI UIR dan BSA IAIN Syekh Nurjati Cirebon Selenggarakan Seminar International Bersama

Pekanbaru, UIRNews: Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau bekerjasama Dengan Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan Seminar Internasional Bahasa Arab dalam Jaringan (SeiBA Daring) Seri 01 Tahun 2020

Seminar yang berlangsung Senin (29/06 2020) itu dihadiri 500 dari 1.000 orang yang mendaftar. Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL dan Rektor IAIN Syekh Nurjati Dr H Sumanto turut hadir memberi sambutan.

Seminar dilaksanakan secara webinar melalui media zoom dan dihubungkan dengan channel youtube Bahasa dan Sastra Arab Syekh Nurjati.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan bersama Ustadz Harif Supriady MA, dosen PBA FAI UIR selaku master of ceremony. Dilanjutkan pembacaan ayat suci al Qur’an oleh Jamaluddin, mahasiswa PBA UIR.

Rektor Universitas Islam Riau Syafrinaldi mengapresiasi panitia yang telah menginisiasi terselenggaranya kegiatan antaruniversitas ini.

Ia menyatakan, kondisi pandemi Covid 19 jangan sampai memandekkan kegiatan akademik. Sebaliknya harus dijadikan peluang untuk berkreatifitas.

Hal senada disampaikan Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Sumanta. Ia berharap kegiatan ini dapat memberi pencerahan, sharing ilmu, informasi dan pengalaman, serta menjadi sarana peningkatan kerjasama antara kedua institusi.

Webinar juga didukung Ittihad Mudarrisii Lughatil ‘Arabiyah (IMLA) Pusat yang diketuai Dr Tulus Musthafa dan Departmen Kerjasama Dalam Negeri IMLA Pusat yang dipimpin Ustadzah Siti Shalihah.

Dalam seminar yang dimoderatori Rijal Mahdi Lc MA ini, panitia menghadirkan sejumlah nara sumber yang berasal dari tiga universitas dari dalam dan luar negeri.

Mereka adalah Dr El Sayed Mohammed Salem Salem El Awady (Assoc. Professor, Universiti Sultan Zainal Abidin Terengganu Malaysia), Dr Yusring Sanusi Baso, M.App.Ling (Assoc. Professor, Universitas Hasanuddin Makassar, Indonesia), Dr Haji Gamal Abdul Nasir Zakaria (Senior Assistant Professor, Universiti Brunei Darussalam).

Ketiga narasumber membahas tentang Model Pembelajaran Bahasa Arab di Dunia Maya: Sudut Pandang Pendidikan Tinggi.

Yusring Sanusi Baso membahas sistem pembelajaran online di Universitas Hasanuddin Makassar yang menggunakan sistem Sikola dan Moodle. Universitas Hasanuddin memiliki sistem yang lengkap dalam mendata elemen-elemen universitas sampai menggunakan pembelajaran ala Sikola dan moodle.

Sementara Gamal Abdul Nasir Zakaria menyampaikan pembelajaran Bahasa Arab di Universiti Brunei Darussalam (UBD). Perkuliahan di UBD dilaksanakan melalui media berbasis teknologi CANVAS. Menurutnya, pembelajaran secara daring sudah dilaksanakan sejak tahun 2012.

Ia juga mengemukakan pengalamannya melakukan pembelajaran secara daring. ”Kemajuan teknologi harus dimanfaatkan untuk kemajuan dunia pendidikan bahasa Arab,” katanya.

Namun demikian ada beberapa kendala yang dihadapi ketika melakukan pembelajaran daring. ”Ini musti kita carikan solusinya,” imbuh Gamal Abdul Nasir.

Pandangan senada dikemukaka El Sayed Mohammed Salem Salem El Awadi. Disebutkannya, apabila kita ingin sukses menguasai bahasa Arab, maka perlu banyak praktek. Tanpa praktek pelajar tidak akan berhasil menguasai suatu bahasa.

Di penghujung presentasi nara sumber, moderator menyediakan waktu tanya jawab. Diantara penanya yang ikut berpartisipasi, antara lain Dr Ammar Zaid (dari Arab), Dr Naim Majid (UMY) dan Malia Fransisca (Gresik).

Webinar Internasional ini diketuai
Erfan Gazali, MSi dan Dr Rojja Pebrian Lc. MA selaku wakil ketua (Prodi PBA UIR). Keduanya sangat bersyukur dapat menyelenggarakan kegiatan ini dengan menghadirkan pakar dari tiga negara.

”In syaa Allah kolaborasi antara kedua Institusi akan dilanjutkan dengan agenda-agenda berikutnya,” kata Rojja Pebrian.*

[]hmsuir/fai

 

 

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content