Email

Kontak

Email

Kontak

Wisuda Periode I 2023, Rektor Sampaikan Deretan Prestasi UIR

Wisuda UIR Periode 1 2023

Universitas Islam Riau (UIR) terus berupaya mewujudkan visi menjadi “Universitas Islam Berkelas Dunia Berbasis Iman dan Taqwa”. Berdasarkan hal tersebut UIR resmi menggelar perhelatan wisuda periode I tahun 2023 kepada wisudawan Ahli Madya (D3), Sarjana (S1), Pascasarjana (S2 dan S3) di Gor Volly UIR pada Kamis, (16/02//2023).

Untuk pertama kali nya UIR menghadirkan orang tua wisudawan pada wisuda offline yang sebelumnya terhambat pandemi covid-19. Wisudawan berjumlah 1747 orang yang terdiri dari 2 orang D3, 1625 orang S1, 121 orang S2, dan 1 orang S3. Dari jumlah tersebut terdapat 2 orang Warga Negara Asing (WNA) dari Thailand yaitu Fais Niyaka prodi S2 Ilmu Pemerintahan dan Abdullah Maeha dari prodi PAI.

Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L membacakan deretan prestasi yang telah UIR raih satu tahun terakhir. Menutup tahun 2022 bertambah satu orang guru besar dalam bidang Kebijakan Publik yaitu Prof. Dr. H. Nurman, S.Sos., M.Si., sehingga guru besar di UIR berjumlah 13 orang.

UIR juga menjalin kerjasama dengan 2 perguruan tinggi di Jerman yakni Fachhochschule Dortmund dan Universitaet der Bundeswehr Munchen melalui pembiayaan dari DAAD Jerman dan sudah diperpanjang hingga 2024. Kegiatan yang dilakukan sama seperti pada tahun 2022 yang lalu dengan menambahkan Universitas Airlangga sebagai perguruan kedua dalam Kerjasama ini. Program ini bertemakan “Hochschule Dialog mit der islamischen Welt”, sedangkan tema khususnya “Digitalization of Law And Society in Indonesia (DLSI)”.

Selanjutnya 15 Desember 2022 lalu UIR mendapatkan anugerah dalam kategori kampus terbaik II (Silver Winner) dalam bidang kerjasama internasional dari Kemdikbudristek RI. Terdapat juga mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Johan Hariwitonang  yang belajar ke Saga University melalui program Academic Exchange Space E selama satu tahun. Ia mendapatkan beasiswa dari JASSO Scholarship Jepang sebesar 100.000 Yen per year.

Rektor menyebut mahasiswa Fakultas Hukum Dwi Yusuf Rafli  juga akan mengikuti program DAAD Jerman 2023 untuk menjalankan pendidikan di Fachhochschule Dortmund dan  der Bundeswehr München. Dita Putri Purnama mahasiswi Prodi Perminyakan Fakultas Teknik berangkat ke Kansas University – United State (US) pada program Global Undergraduate Exchange (UGRAD) dan Rahmi Nurul Litawati ke Sultan Qaboos University – Oman dalam kegiatan Petro Barza mewakili Indonesia.

Saat ini terdapat beberapa orang dosen dan mahasiswa UIR yang berada di beberapa negara seperti Agung Wicaksono, S.I.P., MPA. melanjutkan studi S3 ke Corvinus University Hongaria dengan beasiswa Pemerintah Hongaria (Stipendum Hungarium). Tiggi Choanji, S.T., M.T. dan Yuniarti Yuskar, S.T., M.T melanjutkan studi S3 ke Switzerland dengan beasiswa LPDP. Tengku Nila Fadhlia, S.Psi., M. Psi melanjutkan study S3 ke Amsterdam University, Netherland dengan beasiswa LPDP, Dini Tiara Sasmi, M.Si mengambil S3 di bidang Hubungan Internasional di Binghamton State University – New York dengan beasiswa Fulbright.

Siti Hadijah, S.Pd., M.Pd melanjutkan studi S3 National University of Ireland Galway, North Ireland dengan beasiswa LPDP, Abdul Syukur, S.Kom., M.Kom melanjutkan studi S3 ke Taiwan, Augusta Adha, S.T., M.T melanjutkan studi S3 ke Wollongong University United Kingdom dengan beasiswa LPDP,  Dewandra Bagus Eka Putra, B.Sc.(Hons)., M.Sc melanjutkan study S3 di Seoul University Korea Selatan. Idham, ST., M.T studi S3 ke Skotlandia dengan beasiswa dari LPDP, Artha Yudilla, SIP., M.A studi S3 di Corvinus University, Hongaria dengan beasiswa Pemerintah Hongaria (Stipendum Hungarium). Cifebrima Suyastri, S,Ip., M.A studi S3 di Etle University, Hungaria dengan beasiswa Pemerintah Hongaria (Stipendum Hungarium) dan Tomi Fernando melanjutkan studi S3 National University of Ireland Galway, North Ireland dengan beasiswa LPDP.

Hingga kini UIR memiliki 13 Profesor, 56 Associate Professor, 190 orang dosen tetap berkualifikasi Doktor dan 150 orang dosen sedang melanjutkan studi ke strata Doktor (S3) baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 

Sejak bulan Oktober 2022 yang lalu, UIR sudah menambah 9 orang Doktor baru dari berbagai disiplin ilmu, yaitu Dr. Septian Wahyudi meraih gelar doktor dari Undip di bidang Ilmu Administrasi Bisnis. Doktor ke 183 bagi UIR, Dr. Diyah Ayu R, M.Si meraih gelar Doktor di UNY bidang English Education. Doktor ke 184 bagi UIR, Dr. Ira Herawati, M.T dosen prodi Teknik Perminyakan FT UIR atas capaian gelar doktor dalam bidang Teknik Perminyakan di ITB pada hari ini Selasa, 20 Des 2022. Doktor ke 185 bagi UIR.

Dr. Raden Imam Al Hafis, S.Sos., M.AP atas capaian gelar Doktor dalam bidang Ilmu administrasi Publik di UNDIP.  Doktor ke 186 bagi UIR, Dr. Muhammad Zaenal Muttaqin, M.T atas capaian Doktor dalam bidang Teknik Sipil dari UGM. Doktor ke 187 bagi UIR, Dr. Mefa Indriati, M.Pd. atas capaian gelar Doktornya dalam bidang Pendidikan Matematika di UPI Bandung. Doktor ke 188 bagi UIR, Dr. Reni Wahyuni, M.Pd atas capaian gelar Doktornya dalam bidang Pendidikan Matematika di UPI Bandung. Doktor ke 189 bagi UIR, Dr. Yudi Daherman, M.Ikom atas capaian gelar Doktornya dalam bidang Ilmu Komunikasi dari Universitas Sahid Jakarta. Doktor ke 190 bagi UIR, Dr. Muhammad Arsyi, M.Si atas capaian gelar Doktornya dalam bidang Hubungan Internasional dari Universitas Padjadjaran. Doktor ke 191 bagi UIR

“Semoga para dosen yang saat ini sedang tugas belajar baik di dalam maupun di luar negeri akan segera pulang membawa gelar Doktor dan mengabdikan ilmunya kembali di kampus “Berkelas Dunia Berbasis Iman dan Takwa” Universitas Islam Riau”, harap Rektor.

Prestasi selanjutnya pada bulan Oktober 2022 lalu UIR kembali dipercaya oleh pemerintah untuk penambahan prodi baru  yaitu program studi S2 Magister Akuntansi dan Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG).

“8 Juni 2022 yang lalu secara resmi UIR masuk di dalam List 20 Kampus di Indonesia yang tercatat dalam World Class University (WCU). Ini awal yang sangat baik bagi UIR untuk mewujudkan visi 2040 “Menjadi Universitas Islam berkelas dunia berbasis iman dan takwa”, ujar Rektor.

Saat ini UIR memiliki 44 Program Studi, 9 Prodi berakreditasi “A” dari BAN-PT dan 21 Prodi Berakreditasi “B”, 2 Prodi Terakreditasi BAIK SEKALI, 10 Prodi terakreditasi “BAIK” dan 3 Prodi SK izin operasional dari Kemdikbudristek. Di samping itu UIR sudah memiliki 3 Fakultas yang bersertifikasi ISO 9001 : 2015 yaitu FH, FAI dan FISIPOL. 

Sebanyak 18 program studi di UIR juga sudah mendapatkan rekognisi internasional dari ASIC, United Kingdom. Posisi UIR saat ini berada pada peringkat 120 pada Top Islamic Universities in the world pada tahun 2021 versi Uni Rank dan peringkat 110 pada tahun 2022 Top Islamic Universities in the World.

Pada tahun 2022 yang lalu UIR mendapatkan apresiasi dari Kemdikbudristek dalam bidang pelaksanaan MBKM periode I sebagai PTS terbaik bersama 12 PTS lainnya. Untuk itu Kemenristekdikti memberikan dana sebesar Rp 900 Juta,- dalam bentuk program riset dan abdimas di bidang MBKM.

Pada MBKM periode III tahun 2023 ini, UIR merupakan satu-satunya PTS di LLDIKTI Wilayah X sebagai Kampus Penyelenggara Program Pertukaran Mahasiswa (PPM). Tahun 2022 yang lalu terdapat 135 mahasiswa dari 35 kampus (PTN dan PTS) dari Sabang sampai Merauke yang telah memilih UIR sebagai tempat belajar mereka selama 1 semester yang dibiayai oleh Kemendikbudristek.

Secara resmi Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si telah menyerahkan 3 (tiga) eks venue PON 2012 ke UIR.  Keluarga besar UIR mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Riau karena setelah 10 tahun lebih status 3 venue PON tersebut baru dapat diserahkan ke UIR. 

Melalui sambutannya seluruh pimpinan dan civitas akademika UIR mengucapkan selamat atas prestasi wisudawan semua yang telah berjuang dan berbuat secara maksimal untuk memajukan nama baik UIR di berbagai bidang baik akademik maupun non akademik. (hms/smh)

Wisuda UIR Periode 1 2023

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content