• Tantangan Hukum di Era Revolusi Industri 4.0 Oleh : Syafrinaldi

    Tantangan Hukum di Era Revolusi Industri 4.0 Oleh : Syafrinaldi

    PEMBANGUNAN yang dilakukan oleh suatu bangsa harus memihak kepada kepentingan rakyat.  Pembangunan sebagai suatu proses yang berkesinambungan harus senantiasa tanggap dan peka terhadap dinamika yang terjadi di dalam masyarakat, baik di bidang politik, ekonomi, teknologi, sosial dan budaya dan sebagainya.
Jl. Kaharuddin Nasution 113 Pekanbaru Riau
28284 Ph: +62.761.674.674 Fax.: +62.761.674.834
Email : info@uir.ac.id


23 Juli 2019
Diminati Karena Miliki Kelebihan Spesifik

Pekanbaru, UIR : Psikologi adalah salah satu Program Studi (Prodi) paling populer di Indonesia. Selain mempelajari tentang perilaku dan kepribadian manusia, lapangan pekerjaan untuk alumni fakultas ini terbuka lebar. Begitu pula dengan pilihan jalur karier yang beragam.

Di Universitas Islam Riau (UIR), program studi ini baru ada pada akhir tahun 2004. Perkuliahan perdananya dimulai pada tahun 2005 dengan jumlah mahasiswa kurang dari 100 orang.

Dalam perjalanannya, Fakultas Psikologi juga mengalami tantangan. Salah satunya, tantangan untuk mewujudkan visi dan misi menjadikan penyelenggara pendidikan yang unggul dan terdepan dalam bidang psikologi yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Indonesia.

Hal ini disampaikan Dekan Fakultas Psikologi UIR Yanwar Arief MPsi Psikolog beberapa waktu lalu. Menurutnya, melalui tersebut, fakultas psikologi UIR dituntut memiliki nilai dan ciri khusus dari fakultas psikologi umumnya dan tertutama dengan fakultas psikologi yang berbasis nilai islam.

“Psikologi ini merupakan disiplin ilmu yang mempelajari mental, pikiran, dan perilaku manusia. Program studi ini juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik perilaku dan tindakan manusia. Oleh sebab itu, mental mahasiswanya juga harus baik,” kata Yanwar Arief.

Meski animo masyarakat untuk masuk ke Fakultas Psikologi UIR ini terus meningkat, namun program studi yang tersedia cuma ada satu, yakni Program Studi Psikologi. Uniknya lagi, walau masih menyandang akreditasi B, tapi Fakultas Psikologi UIR merupakan yang terbaik dibanding fakultas psikologi lainnya yang ada di Perguruan Tinggi di Riau.

“Keunggulan kita itu memiliki nilai akreditasi tertinggi jika dibanding fakultas Psikologi lainnya yang ada di Riau. lantas, alumni Psikologi kita juga dilihat dari sisi intelektualitasnya yang sudah bagus. Kemudian, kultur akademiknya juga bagus. Ketika masuk di Fakultas Psikologi, sepertinya sudah sedang belajar. Ini kesan pertama masuk di fakultas ini. Karena memang sudah didesign sebagai lingkungan belajar,” ungkap Yanwar.

Jadi, sebut Yanwar lagi, kesan main-main tidak ada di Fakultas Psikologi. Keunggulan lainnya, fakultas ini juga memiliki Bounding yang bagus. Dimana ikatan dosen dengan mahasiswa terjalin sangat baik.

Disinggung soal lapangan pekerjaan, Yanwar menyebutkan, alumni psikologi banyak digunakan di perusahaan. Baik dipakai di bagian HRD atau bagian psikolog. Masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan juga tidak terlalu lama. Sebab para alumni bisa menjadi asisten psikolog atau guru bantu di sekolah-sekolah dulu sebelum terjun ke dunia kerja.

SIAP dan e-Learning
Fakultas Psikologi UIR memiliki kelebihan yang tidak dimiliki fakultas sejenis di Riau ini. Program SIAP dan e-Learning merupakan salah satu dari kelebihan itu.

Tak berlebihan kalau Psikologi UIR menjadi tempat favorit untuk mahasiswa menimba ilmu. Sebab, fakultas ini memiliki dosen-dosen yang kualified dan sudah dikenal masyarakat luas. Bisa dil;ihat, untuk pengurus inti Himpunan Psikologi Indonesia itu berasal dari UIR, sekretariatnya juga berada di UIR.

“Kita juga punya banyak jaringan kerjasama. Dengan Provinsi, Polda dan perusahaan. Karena kita buka layanan setiap hari. Untuk saat ini klien kita itu banyak banget,” ucap Yanwar.

Dan untuk mengahadapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat, Fakultas Psikologi UIR juga memanfaatkan Sistem Informasi Administrasi Fakultas Psikologi (SIAP) yang efisien dan kompetitif.

“SIAP merupakan proses pembelajaran melalui online. Di SIAP semua mudah untuk mendapatkan informasi. Misalnya, mau cari mahasiswa berprestasi atau dosen berprestasi, atau buku, dan lain sebagainya, semua dicari di SIAP. Sementara, e-Learning khussu untuk pembelajaran. Dimana mahasiswa bisa belajar lewat online,” pungkas Yanwar

Laporan : HUMAS UIR

Kembali

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2018/2019 dapat dilihat disini

panduan_pembayaran_baru

Silahkan Download Sertifikat BAN PT Prodi dan UIR disini

majalah-untuk-cetak-2_compressed

 

Profil Universitas Islam Riau dapat diunduh disini

UIRNews_E2

Untuk UIR News dapat di unduh disini

 

Kepada mahasiswa angkatan 2013/2018 Input KRS dan Pembayaran SPP Dasar semester Ganjil T.A 2019/2020 paling lambat tangal

19 AGUSTUS 2019

  1. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank :
    1. BPR Unisritama Kampus UIR (Fasilitas : Teller)
    2. Bank Syariah Mandiri (BSM) (Fasilitas : Teller, Internet Banking, Mobile Banking)
    3. Bank Mega Syariah (Fasillitas : Teller, ATM, Internet Banking)
    4. Bank Negara Indonesia (BNI) (Fasilitas : Teller, ATM, Internet Banking, Mobile Banking)
  2. Bagi mahasiswa yang tidak mengindahkan batas waktu yang telah ditetapkan, maka mahasiswa tidak diperbolehkan mengikuti perkuliahan semester ganjil pada T.A 2019/2020

Pekanbaru, 26 Juni 2019

Wakil Rektor Akademik,

 

 

Dr. H. Syafhendry, M.Si

Download SK Penyesuaian Kewajiban Mahasiswa Baru 2019/2020

Disini