Email

Kontak

Email

Kontak

Peringatan Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia tahun 2024

anggal 08 Mei diperingati dengan hari Palang Merah dan Bulan Sabit Sedunia atau dikenal juga dengan Hari Palang Merah Internasional. Sampai hari ini PMI masih eksis tengah masyarakat dan dunia pendidikan baik itu SD, SMP. SMA, hingga Universitas.

Keberadaan PMI tentunya tidak lepas peran dari Bapak Palang Merah yang mencetus gerakan kemanusiaan ini yaitu Jean Henry Dunant. Oleh karena itu Palang Merah juga termasuk dalam organisasi dunia.

Dikutip dari detik.com, peringatan hari Palang Merah dan Bulan Sabit Sedunia muncul setelah perang dunia pertama tahun 1948, dimana saat perperangan tersebut banyak relawan yang saling membantu salah satunya Jean Henry Dunant. Untuk itu peringatan hari Palang Merah dan Bulan Sabit Sedunia dipilih tanggal 08 Mei karena merupakan hari kelahiran pendiri Komite Palang Merah Internasional.

Indonesia juga tergabung dalam organisasi ini, saat ini Palang Merah Indonesia (PMI) di pimpin oleh Dr. (HC) H. M. Jusuf Kalla. Universitas Islam Riau (UIR) tentunya juga memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) PMI diketuai oleh Reka Miftahul Hayati angkatan 2021 Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Dibawah naungan Wakil Rektor III UIR Dr. Admiral, S.H.,M.H, PMI UIR turut aktif dalam aktifitas kemasyarakatan. Reka memaparkan PMI merupakan organisasi bidang kemanusiaan yang mempelajari ilmu medis secara dasar sebagai bentuk pertolongan pertama.

“Ini adalah organisasi sukerela dimana setiap anggotanya harus memiliki nilai social yang tinggi. Kami menjadi penolong pertama sebelum timm medis hadir pada saat bencana datang”, sebut Reka pada Selasa, (08/05/3034).

Pada UKM PMI UIR seluruh mahasiswa dapat bergabung, open recruitment dilakukan setelah Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), calon anggota akan diminta untuk mengisi formulir, melakukan wawancara, melakukan pradiklat, diklat, hingga tergabung menjadi anggota. (hms/smh)

Sumber Gambar : klikdokter.com

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content