Email

Kontak

Email

Kontak

UIR Dorong Dosen Tingkatkan Rasio dan Kualitas Penelitian pada DRTPM 2024

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Islam Riau (UIR) menggelar sosialisasi Hibah Penelitian dan Pengabdian DRTPM dan Internal 2024 yang diikuti oleh seluruh Dosen se lingkungan UIR. Kegiatan yang berlangsung selama satu hari tersebut digelar pada Rabu (28/02/2024) di Auditorium Gedung Rektorat.

Hadir membuka kegiatan sosialisasi Wakil Rektor I bidang Akademik Dr. H. Syafhendry, M.Si. yang dalam sambutannya mengatakan ditaja nya agenda tersebut merupakan sebuah langkah dalam peningkatan kinerja Dosen UIR dalam melaksanakan penelitian maupun pengabdian.

“Kegiatan ini ditaja sebagai langkah memotivasi dan meningkatkan kinerja dosen dalam melaksanakan penelitian maupun pengabdian serta didasari juga atas evaluasi dan tinjauan manajemen selama setahun terakhir bersamaan diperbarui nya regulasi terkait skema penelitian dan pengabdian oleh Kementerian pendidikan tinggi,” ungkap Syafhendry.

Syafhendry turut menambahkan pentingnya sivitas UIR khususnya Dosen untuk meningkatkan keaktifan dalam penelitian dan pengabdian karena saat ini UIR sedang mengejar beberapa target diantaranya wujudkan kampus yang berkelas dunia, posisi QS ranking dan QS star serta target raih klasterisasi mandiri oleh Kemendikbud Ristekdikti.

Dalam kesempatan yang sama, selaku Direktur DPPM Dr. Arbi Haza Nasution, B.IT., M.IT mengungkapkan adanya bidang fokus prioritas riset nasional menurut Perpres tahun 2017 – 2045 tentang Rencana Riset Induk yaitu pangan, energi, kesehatan, transportasi, produk rekayasa keteknikan, pertahanan dan keamanan, kemaritiman, sanksi humaniora, dan lain sebagainya.

“Dalam penyusunan proposal penelitian bapak – ibu harus memetakan dan menyinggung instrument fokus prioritas riset nasional, selain itu lima prioritas riset tambahan yang harus diperhatikan juga ialah green harmony, blue economy, digital economy, tourism, dan health independence,” paparnya.

Lebih lanjut, dalam ketentuan hibah penelitian DRTPM 2024 terdapat besaran dana penelitian mulai dari 30 – 100 juta rupiah dengan ketentuan proposal penelitian akan terlebih dahulu diseleksi oleh tim DPPM UIR sebelum lanjutkan submit BIMA.(kh/hms)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content