Celoteh Civitas

Kontak

UIR dan PII Wilayah Riau Gelar “Oil and Gas Lifting Institution of Engineers Indonesia Goes to Campus 2024”

Universitas Islam Riau (UIR) melalui Fakultas Teknik bekerja sama dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Wilayah Riau menggelar kegiatan “Oil and Gas Lifting Institution of Engineers Indonesia Goes to Campus 2024.” Acara yang berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis (9-10/102024), diselenggarakan di Auditorium Gedung Rektorat UIR.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor II UIR, Assoc. Prof. Dr. Firdaus AR, S.E., M.Si., Ak.CA. Dalam sambutannya, ia berharap agar acara berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat bagi mahasiswa UIR serta para peserta yang hadir.

Dekan Fakultas Teknik UIR, Dr. Deddy Purnomo, ST., MT., GP. A-Utama mengungkapkan acara demikian penting terlaksana guna dalam peningkatan wawasan dan perkembangan industri migas saat ini.
“Ini adalah kesempatan yang baik bagi mahasiswa dan peserta untuk menambah pengetahuan mengenai perkembangan industri minyak dan gas di Indonesia saat ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PII Wilayah Riau, Ir. Siswo Pradoto, M.T., IPM. menyampaikan terlaksana kegiatan merupakan inisiatif dari PII untuk memberikan wawasan kepada para publik khususnya para insinyur dan mahasiswa.

“Semoga acara ini berjalan dengan baik dan membawa manfaat bagi seluruh yang hadir,” tuturnya.

Siswo juga menekankan pentingnya peran insinyur dalam menghadapi tantangan di sektor migas. Para insinyur diharapkan menjadi tenaga profesional yang kompeten, cerdas dalam mencari cadangan migas baru, serta mampu menciptakan iklim pengelolaan migas yang aman dan berkelanjutan.

Menyoroti data terbaru dari Ditjen Migas Kementerian ESDM yang menunjukkan bahwa cadangan minyak dan gas Indonesia cukup dan aman untuk 9,5 tahun ke depan, sementara industri ini masih menjadi salah satu sektor unggulan bagi Indonesia.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan seminar yang menghadirkan sejumlah pemateri dari berbagai bidang, termasuk pemerintah, profesional, dan industri. Tema yang dibahas dalam seminar ini antara lain Jasa Penerimaan Migas, Penanggulangan Produksi Menurun, Peran Industri Migas dalam Transisi Energi, serta Transisi Energi dari Perspektif Ketenagakerjaan.

Lebih lanjut, turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua Badan Kejuruan Teknik Industri PII, Ir. Faisal Safa, M.Sc., IPU., Analis Humas BPH Migas, Mukti Yunarso, S.H., Sp. N., serta perwakilan dari UIR seperti Koordinator Migas Center, Ir. Fitrianti, S.T., M.T., dan Kepala Program Studi Teknik Perminyakan UIR, Ir. Novia Rita, S.T., M.T. Acara ini juga dihadiri oleh segenap sivitas akademika UIR.(kh/hms)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content