• Signature Bonus dan Komitmen Fee di Industri Migas – Dr. Eng. Muslim

    Signature Bonus dan Komitmen Fee di Industri Migas – Dr. Eng. Muslim

    INDUSTRI migas memiliki ciri khas diantaranya adalah high risk, high cost, and high technology. Dengan demikian industry migas menjadi ekslusif dibandingkan industry lainnya. Sehingga para pemain di industri migas adalah pemilik modal yang harus memiliki financial yang cukup kuat. Walaupun industry migas menjadi salah satu industri yang memiliki resiko tinggi masih sangat banyak pemain yang […]
Jl. Kaharuddin Nasution 113 Pekanbaru Riau
28284 Ph: +62.761.674.674 Fax.: +62.761.674.834
Email : info@uir.ac.id


6 September 2018
UIR dan UTP Laksanakan Pengabdian Masyarakat Bersama di Kuala Kampar

Pekanbaru – Universitas Islam Riau (UIR) dan Universiti Teknologi Petronas (UTP) Malaysia melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat bersama di Desa Teluk dan Tanjung Sum, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan.

Kegiatan tersebut sudah dilaksanakan mulai dari tanggal 28 Agustus 2018 dan berakhir 5 September 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan yakni pembuatan solar panel assembly (lampu jalan dari cahaya matahari) dan science workshop.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIR, Dr Evizal Ibrahim menyebutkan, kegiatan pengabdian masyarakat bersama Universiti Teknologi Petronas (UTP) Malaysia ini melibatkan mahasiswa kedua universitas. Dan selama melaksanakan kegiatan, mahasiswa UIR dan UTP Malaysia telah berhasil dan sukses membangun jaringan penerangan jalan tenaga surya (solar panel assembly). Yakni sumber listrik penerangan sebagai sebuah alternatif yang murah dan hemat karena menggunakan sumber energi gratis dan tak terbatas dari alam yaitu energi matahari.

“Secara keseluruhan sistem ini dirancang untuk penyediaan cahaya penerangan umum dengan sumber energi terbarukan, bebas biaya perawatan dan berumur ekonomis lama. Dengan sistem pemasangan yang cepat dan mudah, PJU LED Tenaga Surya dapat menjadi solusi yang cepat dalam mengatasi kebutuhan penerangan jalan umum,” terang Evizal seraya menyampaikan, dengan adanya penerangan umum dengan menggunakan tenaga surya yang ini sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa Teluk dan Tanjung Sum, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan. Karena selama ini desa mereka masih minim sarana dan prasarana penerangan listrik.

Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi menyambut baik kerjasana UIR dengan UTP dalam bidang Pengabdian kepada Masyarakat. Menurutnya, kerjasama kedua universitas telah lama berlangsung tidak hanya di bidang pengabdian, akan tetapi juga bidang pendidikan dan penelitian.

”Saya berharap kerjasama serupa dapat terus ditingkatkan. Solar panel assembly sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat apalagi bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan yang belum dialiri penerangan karena keterbatasan PLN maupun Pemerintah Daerah. Walau, misalnya, panel solar yang disumbangka itu empat atau lima unit lampu, tapi sangat bermanfaat bagi warga tempatan. Di masa akan datang kita cari lagi lokasi yang sama yang bisa dikerjasamakan dengan UTP,”’ kata Rektor.

Syafrinaldi juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pelalawan yang sangat welcome dengan program pengabdian mahasiswa UIR-UTP. Saya dapat kabar mereka disambut luar biasa baik oleh Pak Camat maupun warga setempat,” ujar Rektor.*

Kembali

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2018/2019 dapat dilihat disini

panduan_pembayaran_baru

Silahkan Download Sertifikat BAN PT Prodi dan UIR disini