Email

Kontak

Email

Kontak

Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Tingkat UIR

Sebelum maju ke tingkat nasional, Univeristas Islam Riau (UIR) terlebih dahulu melakukan seleksi Olimpiade Nasional (ON) Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Acara berlangsung di lantai IV Gedung Rektorat UIR pada Rabu, (05/04/2023).

ON MIPA merupakan kegiatan perlombaan yang dirancang dan dikhususkan untuk mahasiswa yang menggeluti salah satu bidang seperti bidang Kimia, Fisika, Biologi, dan Matematika.

Kegiatan bertujuan untuk mempromosikan daya Tarik mahasiswa terhadap MIPA dilingkungan masyarakat, meningkatkan motivasi belajar pada siswa, meningkatkan kemampuan akademik siswa, memberikan masukan pembelajaran terhadap perguruan tinggi, hingga mengapresiasi mahasiswa berprestasi dibidang MIPA.

Peserta lomba tersebut tentunya berasal dari mahasiswa jurusan Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Pertanian, dan Teknik UIR. Namun menariknya kegiatan ini juga diikkuti oleh mahasiswa yang berasal dari Ilmu Sosial seperti dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol, dan Fakultas Agama Islam (FAI).

Kepala ON MIPA UIR tahun 2023 Arief Yandra Putra, S.Si.,M.Si, C.T menyampaikan bahwa peserta olimpiade meningkat 70% dari tahun 2022 yang hanya berjumlah 70 orang. Sedangkan tahun 2023 ini peserta ON MIPA UIR meningkat menjadi 120 orang yang akan mengikuti 4 bidang.

“Silahkan berjuang dengan penuh semangat, bayangkan jika anda nanti lolos ketahap wilayah hingga ke tahap nasional mewakili UIR”, ujar Arief saat memberikan sambutan.

Ia bercerita bawah kegiatan ini direncanakan akan dilakukan pada awal bulan Maret 2023, namun diundur menjadi 8 Mei, karena kesiapan panitia sudah maksimal acara bisa digelar pada Rabu, 05 April 2023.

5 orang mahasiswa yang akan lulus di tingkat UIR akan berpacu di tingkat wilayah, setelahnya akan di pilih 3 orang untuk maju ketahap nasional bersaing dengan Universitas besar yang ada di Indonesia yang akan dilakukan di Bandung tepatnya pada Institut Teknologi Bandung (ITB)

Apresiasi luar biasa disampaikan oleh  Wakil Rektor (WR) III  UIR Dr. Admiral, S.H.,M.H karena anggota lomba tingkat UIR meningkat dan bertambah secara signifikan. Ia berharap agar peserta ON MIPA dapat membawa nama UIR hingga ketingkat nasional. (hms/smh)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM