• Rusuh Berlatar Rasisme di Amerika Serikat

    Rusuh Berlatar Rasisme di Amerika Serikat

    SEBERAPA pentingkah mempelajari sejarah HAM? Pertanyaan ini layak diajukan mengingat mempelajari sejarah, utamanya HAM kadang memicu debat yang tidak berkesudahan, kesimpangsiuran dan tendensi penyalahgunaan isu HAM. Padahal, sejarah dapat menyediakan data mengenai awal mula munculnya HAM sebagai sebuah gagasan hingga menjelma menjadi sebuah standar dan norma umum yang dalam perkembangannya bahkan sejumlah instrumen hukum HAM […]
Jl. Kaharuddin Nasution 113 Pekanbaru Riau
28284 Ph: +62.761.674.674 Fax.: +62.761.674.834
Email : info@uir.ac.id


26 Juli 2019
Layanan Sebabkan Pascasarjana UIR Diminati

Pekanbaru, UIR : Layanan yang maksimal, plus fasilitas yang lengkap, menjadikan Pascasarjana Universitas Islam Riau (UIR) sebagai pilihan utama bagi mereka yang ingin meraih gelar S2 atau S3.

Ada beberapa alasan kenapa orang tertarik masuk ke Pascasarjana UIR. Pertama, semua proses fleksibel dan tidak Rumit. Intinya, Bagaimana proses administrasi itu cepat dan tepat. Kedua, para mahasiswa akan mendapat berbagai kemudahan dalam menjalani perkuliahan.

Seperti yang disampaikan Direktur Pascasarjana UIR, Dr Ir Saipul Bahri M.Ec, layanan yang diberikan bagaimana mahasiswa dalam menjalani proses belajar mengajar itu enjoy, tidak terbebani. Apalagi mereka-mereka yang kuliah Di Pascasarjana itu rata-rata berprofesi sebagai pegawai do pemerintahan.

“Lebih dari 90 persen mahasiswa kita ini berprofesi sebagai pegawai. Makanya disini kita memberikan kemudahan-kemudahan untuk membantu mahasiswa dalam menjalani proses perkuliahan,” ujar Saipul.

Saipul menjelaskan, sejak berdiri pada tahun 2003, minat mahasiswa untuk meraih gelar magister atau doktoral di UIR terus mengalami peningkatan. Meski pada awal berdirinya baru memiliki satu Program Studi (Prodi) Agronomi, tapi minat orang untuk kuliah di Pascasarjana ini menunjukkan grafik menaik.

“Ya, keberadaan kita dimulai pada bulan September 2003 ketika dikeluarkannya izin pembukaan Program Magister (S2) Ilmu Agronomi oleh Dikti. Mulai saat itu kita melakukan penerimaan Mahasiswa Program Magister (S2) Ilmu Agronomi,” terangnya.

Kemudian, lanjut Saipul, lima bulan setelah itu, Ditjen Dikti kembali mengabulkan permohonan UIR untuk membuka Program Magister (S2) Ilmu Hukum yang disampaikan oleh Arifin Bur SH MHum. Sementara jabatan Direktur Pascasarjana dipercayakan kepada Prof. Dr. Syafrinaldi, SH MCL

Perkembangan signifikan terus ditunjukkan Pascasarjana UIR. Sejak berdiri hingga kini, tercatat sudah ada 6 (enam) Prodi S2 yang bisa dijadikan pilihan mahasiswa. Yaitu, Program Studi Agronomi akreditasi B, Ilmu Hukum akreditasi A, IImu Pemerintahan akreditas B, Manajemen Agribisnis akreditasi A, Teknik Sipil akreditasi B, dan Prodi Ilmu Administrasi akreditasi A.

Gapai Visi 2020
Menjadikan Program Pascasarjana terkemuka di Asia Tenggara yang dilandasi nilai-nilai keislaman tahun 2020, merupakan visi yang hendak dicapai Pascasarjana UIR. Untuk itu, berbagai langkah dilakukan demi pencapaian visi tersebut.

Diantaranya, dengan penyediaan pendidikan S2 dan S3 dalam berbagai bidang ilmu. Kemudian, menyelenggarakan penelitian yang inovatif untuk pengembangan IPTEK sesuai kebutuhan masyarakat. Membangun kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak, dan langkah-langkah lainnya.

Adapun kerjasama yang sudah dibangun Pascasarjana UIR diantaranya dengan Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI) dalam upaya meningkatan kemampuan sumberdaya manusia dalam bidang teknik konstruksi

Kemudian membangun kerjasama dengan perguruan tinggi seperti dengan Universitas Islam Indragiri, UNPAD, UKM, UGM, dan perguruan tinggi lainnya. Kerjasama itu juga dilakukan dengan instansi pemerintah dan juga perusahaan swasta, baik yang ada di Riau maupun dari luar Provinsi Riau.

“Upaya lain yang kita lakukan adalah mencoba membuka model perkuliahan baru. Kalau biasanya jadwal kuliahnya Jumat dan Sabtu, sekarang kita buat 4 hari dalam sepekan. Mulai Rabu, Kamis, Jum’at dan Sabtu. Jadi, setiap bulannya mahasiswa hanya kuliah 4 hari dalam Rabukan. Hanya saja kuliah mereka ini full,” sebut Saipul.

Cara ini dikatakannya lebih efisien dan memudahkan mahasiswa, khususnya mereka yang berasal dari luar Riau. Apa yang mereka dapat? Pertama, dari aspek waktu lebih efisien. Kedua, biaya operasional mereka dalam kuliah lebih rendah.

“Bayangkan saja, kalau ia berasal dari Kepri sana, tentu costnya jauh lebih mahal. Karena setiap pekannya datang kesini. Jadi, dengan sistim yang kita tawarkan untuk kuliah selama sepekan full, ini akan sangat membantu para mahasiswa,” tukasnya.

Kemudahan lainnya, mahasiswa yang hendak membuat tesis diberi kebebasan untuk membicarakannya dengan pembibing dari awal. Biasanya ini diakhir semester kedua. Artinya, mereka sudah mendapatkan pembimbing untuk membuat tesis. Dengan demikian, target 18 bulan kuliah mereka sudah menyandang gelar magister tercapai.

Terkait tenaga pengajar, Pascasarjana UIR juga mengambil dosen dari luar daerah bahkan manca negera. Seperti dari padang, Medan, UI dan Malaysia. Ini juga menjadi daya tarik tersendiri.

Kemudian akreditasi juga menjadi pilihan bagi mereka-mereka yang hendak kuliah disini. Sebab, tolak ukur universitas itu kini dilihat dari akreditasi progran studi yang disandang. Kalau akreditasinya A, maka ini cendrung dipilih.

“Kampus kita sangat refresentatif dengan fasilitas yang memadai. Pelayanan juga menjadi daya tarik mereka untuk kuliah disini. Mungkin hanya kita menyediakan makan dan snack untuk mahasiswanya,” pungkas Saipul.

Laporan : HUMAS UIR

Kembali

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2018/2019 dapat dilihat disini

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2018/10/panduan_pembayaran_baru.pdf” toolbar=”top”]

Silahkan Download Sertifikat BAN PT Prodi dan UIR disini

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2019/05/majalah-untuk-cetak-2_compressed.pdf” toolbar=”top”]

 

Profil Universitas Islam Riau dapat diunduh disini

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2019/06/UIRNews_E2.pdf” toolbar=”top”]

Untuk UIR News dapat di unduh disini

 

Kepada mahasiswa angkatan 2013/2018 Input KRS dan Pembayaran SPP Dasar semester Ganjil T.A 2019/2020 paling lambat tangal

19 AGUSTUS 2019

  1. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank :
    1. BPR Unisritama Kampus UIR (Fasilitas : Teller)
    2. Bank Syariah Mandiri (BSM) (Fasilitas : Teller, Internet Banking, Mobile Banking)
    3. Bank Mega Syariah (Fasillitas : Teller, ATM, Internet Banking)
    4. Bank Negara Indonesia (BNI) (Fasilitas : Teller, ATM, Internet Banking, Mobile Banking)
  2. Bagi mahasiswa yang tidak mengindahkan batas waktu yang telah ditetapkan, maka mahasiswa tidak diperbolehkan mengikuti perkuliahan semester ganjil pada T.A 2019/2020

Pekanbaru, 26 Juni 2019

Wakil Rektor Akademik,

 

 

Dr. H. Syafhendry, M.Si

Download SK Penyesuaian Kewajiban Mahasiswa Baru 2019/2020

Disini

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2019/10/HASIL-SELEKSI-DOSEN-KONTRAK-2019.pdf” toolbar=”top”]

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2019/10/PENGUMUMAN-DOSEN-TETAP-V.1.pdf” toolbar=”top”]

 

Pengumuman penerimaan dosen tetap UIR dapat diunduh disini

 

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2019/10/UirNews Edisi 3.pdf” toolbar=”top”]

Untuk UIR News Edisi Ketiga dapat di unduh disini

 

Berikut berita acara dan data nama penerimaan dosen Universitas Islam Riau yang lulus Administrasi Tahun 2019.

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/BA-PENERIMAAN-DOSEN-FAI-DAN-PSIKOLOGI.pdf” toolbar=”top”]

File dapat diunduh disini

 

 

Berikut adalah pengumuman penerima beasiswa Pemerintah Provinsi Riau

1. Beasiswa FKIP

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/01/BeasiswaFKIP.pdf” toolbar=”top”]

 

2. Beasiswa Prodi Teknik Peminyakan

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/01/BeasiswaT.Perminyakan.pdf” toolbar=”top”]

 

3. Beasiswa Prodi Kriminologi

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/01/BeasiswaKriminologi.pdf” toolbar=”top”]

 

4. Beasiswa Bhakti Negeri

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/01/BeasiswaBhaktiNegeri.pdf” toolbar=”top”]

 

5. Beasiswa Tahfiz

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/01/BeasiswaTahfiz.pdf” toolbar=”top”]

Berikut adalah Undangan Sosialisasi Beasiswa Pemerintah Provinsi Riau

1. Beasiswa FKIP

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/02/UndanganFKIP.pdf” toolbar=”top”]

 

2. Beasiswa Prodi Teknik Peminyakan

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/02/UndanganT.Perminyakan.pdf” toolbar=”top”]

 

3. Beasiswa Prodi Kriminologi

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/02/UndanganKriminologi.pdf” toolbar=”top”]

 

4. Beasiswa Bhakti Negeri

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/02/UndanganBhaktiNegeri.pdf” toolbar=”top”]

1. PENDAFTARAN CALON KETUA UMUM IKA UIR PERIODE 2020-2024

Berikut adalah persyaratan dan tata cara pendaftaran calon ketua umu IKA UIR periode 2020-2024

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/02/PERSYARATAN PENDAFTARAN KETUA UMUM IKA UIR 2020.pdf” toolbar=”top”]

Formulir pendaftaran dapat didownload disini

 

2. PENDAFTARAN SAYEMBARA LOGO IKA UIR

Berikut adalah persyaratan dan tata cara pendaftaran sayembara logo IKA UIR

[pdf-embedder url=”https://uir.ac.id/wp-content/uploads/2020/02/SYARAT DAN KETENTUAN SYAMEBARA LOGO IKA UIR-REVISI.pdf” toolbar=”top”]

Formulir pendaftaran dapat di download disini

Berikut lampiran penerimaan proposal bantuan sosial pendidikan mahasiswa kurang mampu tahun 2020 Pemerintah Provinsi Riau .

File dapat diunduh disini