Email

Kontak

Email

Kontak

Dosen FKIP UIR Beri Pendampingan Penyusunan Perangkat Belajar Interaktif Pada Mahasiswa Calon Guru

Pengabdian kepada masyarakat (PkM) adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk memberikan manfaat kepada komunitas atau masyarakat. PkM juga digelar sebagai salah satu bentuk kewajiban seorang sivitas akademika mengimplementasi catur dharma pendidikan.

Dr. Marhamah, S.Pd., M.Ed dosen Pendidikan Bahasa Inggris UIR menggelar PkM berupa pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran menggunakan liveworksheet.com sebagai media interaktif. Pendampingan dilakukan kepada 50 mahasiswa/i program studi (prodi) Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UIR semester 4 yang ikuti mata kuliah English Curriculum Development kelak akan terjun magang ataupun menekuni profesi guru.

“Di era yang sudah serba digital ini, penggunaan media interaktif dapat meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di kelas serta memudahkan kinerja guru – guru tentunya,” ujar Marhamah kepada Tim Humas UIR pada Jumat (28/06/2024).

Liveworksheet merupakan sebuah platform yang memungkinkan pembuatan lembar kerja peserta didik (LKPD) interaktif. Marhamah memberikan pendampingan berupa pengenalan dan mengajarkan cara pembuatan serta pemanfaatan LKPD berbasis Liveworksheet kepada mahasiswa sebagai media pembelajaran yang inovatif dan efektif. Platform tersebut memungkinkan pendidik untuk menciptakan lembar kerja yang tidak hanya teks dan gambar, tetapi juga mengintegrasikan berbagai elemen multimedia seperti video, audio, dan animasi interaktif.

“Penggunaan Liveworksheet dalam penyusunan LKPD memberikan berbagai manfaat seperti meningkatkan keterlibatan siswa, menyediakan feedback langsung, dan memungkinkan pembelajaran jadi lebih fleksibel dan adaptif. Dalam konteks mata kuliah English Curriculum Development, penggunaan LKPD berbasis Liveworksheet dapat memudahkan mahasiswa dalam merancang media pembelajaran yang inovatif,” ungkapnya.

Penyuluhan bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih mahasiswa dalam membuat dan LKPD berbasis Liveworksheet. Melalui penyuluhan diharapkan mahasiswa dapat memahami konsep dasar LKPD, menguasai keterampilan teknis penggunaan Liveworksheet, sehingga mahasiswa akan lebih siap dan terampil dalam mengembangkan kurikulum yang interaktif dan efektif di masa depan.(kh/hms)

Share:

More Posts

Universitas Islam Riau Campus
Jl. Kaharuddin Nasution 113, Pekanbaru 28284
Indonesia

Telepon :  +62 761 674674
Faks :   +62 761 674834
Email : info[at]uir.ac.id

© Universitas Islam Riau developed by SIMFOKOM

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content