Email

Kontak

Email

Kontak

Prodi Bahasa Inggris UIR Selenggarakan Pendampingan Penggunaan Software Multimedia, di SMAN 1 Kampar

Pekanbaru, UIR : Tim Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris berkunjung ke SMA N 1 Kampar dengan tujuan untuk melaksanakan beberapa agenda kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu agenda yang direncanakan adalah kegiatan pendampingan penggunaan software multimedia yang diagendakan oleh Sitti Hadijah, S,Pd., M.Pd., Shalawati, S.Pd.i., M.A.,TESOL,  kegiatan yang berlangsung  Selasa, 18 Juni 2019 yang lalu, secara khusus dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan para guru di SMA Negeri 1 Kampar dalam menggunakan perangkat lunak berbasis multimedia yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan partisipasi peserta didik didalam kelas melalui kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan penuh makna.

Kegiatan pendampingan penggunaan software multimedia merupakan kegiatan yang sangat efektif dalam mendukung kegiatan belajar dan mengajar di Sekolah tersebut. Para guru memiliki motivasi yang sangat tinggi untuk menambah pengetahuan mereka, terutama terkait dengan peningtegrasian teknologi pada kegiatan belajar dan mengajar di dalam kelas. Penggunaan aplikasi Kahoot yang menjadi materi utama pada kegiatatan tersebut meruapakan informasi baru bagi mereka, sehingga mereka sangat tertarik untuk menggunakan aplikasi tersebut, ujar Sitti Hadijah.

Selain itu, aplikasi Kahoot memungkinkan guru untuk melibatkan seluruh siswa selama proses belajar dan mengajar berlangsung, meskipun dalam keterbatasan perangkat teknologi karena aplikasi ini dapat memungkinkan para pesera didik untuk bekerja sama dalam sebuah kelompok kecil yang dapat meminmalisir penggunaan perangkat teknologi. Aplikasi Kahoot juga merupakan aplikasi edukatif dan interaktif karena aplikasi ini dapat menfasilasi peserta didik untuk lebih mudah dalam memahami informasi yang disampaikan oleh guru karena informasi dipresentasikan dalam bentuk permainan yang menarik yang menggunakan gambar-gambar yang berwarna-warni, serta musik yang menarik, kata Sitti Hadijah, S,Pd., M.Pd.

Berdasarkan saran yang dikemukakan oleh peserta pendampingan, mereka mengemukakan sebaiknya kegiatan pendampingan menjadi kegiatan yang rutin untuk dilaksanakan karena masih mininmnya jenis pelatihan yang serupa. Para guru sering mendapatkan pelatihan tentang penggunaan teknologi didalam kelas, namun sangat jarang sekali mendapatkan pelatihan yang memberikan bimbingan secara intensif dalam penggunaaan teknologi pembelajaran, seperti pendampingan penggunaan Kahoot yang mana mereka dibimbing untuk menggunakan aplikasi tersbut, merancang media pembelajaran dengan Kahoot, seta mempelajari teknik-teknik dalam mempresentasikan media tersebut, jelasnya

Laporan : HUMAS UIR

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content