Celoteh Civitas

Kontak

Universitas Islam Riau Hadirkan Ustad Abdul Somad pada PKKMB 2024

Universitas Islam Riau (UIR) meluluskan lebih kurang 5.708 Mahasiswa Baru yang tersebar ke 9 Fakultas dan 34 Program Studi (Prodi). Sebelum memulai pembelajaran dikelas UIR lebih dulu memberikan kuliah perdana berupa Perkenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) guna membuka cakrawala dan pemahaman didunia kampus.

Pada PKKMB 2024 UIR kembali menghadirkan beberapa narasumber terbaik salah satunya Prof. H. Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A., Ph.D atau yang biasa dikenal dengan Ustad Abdul Somad (UAS), ini merupakan kali keduanya UAS menjadi narasumber PKKMB UIR. Kegiatan berlangsung di Gedung Gor Volly pada Selasa (09/09/2024).

Dalam kegiatan ini UAS turut memaparkan Pengembangan Karakter Mahasiswa sebagai Intelektual. Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi terus melaju seperti terjadinya perubahan pada peradaban di Indonesia. Ustad Abdul Somad (UAS) mencontohkan dahulu orang tua harus menunggu sekitar satu minggu untuk menerima informasi dari perantauan, namun dengan adanya teknologi dalam waktu singkat informasi dapat diterima dengan cepat.

“Tanamkan pada diri sikap disiplin dan rasa tanggung jawab yang tinggi, optimis atas proses perkuliahan dan targetkan hal hal positif seperti lulus tepat waktu. Jadikan UIR sebagai rumah untuk menjadi sukses dunia dan akhirat. Manfaatkanlah teknologi yang ada sebaik mungkin sehingga mendapatkan Ridho dari Allah SWT”, ajak UAS.

UAS juga mengajak seluruh Mahasiswa Baru UIR dapat menghindari perilaku negatif yang marak terjadi dilingkungan pendidikan khususnya anak muda, seperti masalah Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT), adanya Internet yang kerap meluluhkan anak muda, Pergaulan bebas hingga Narkoba.

Oleh karena itu masalah diatas tentunya harus diatasi dengan empat hal yaitu tetap mendirikan sholat ditengah padatnya aktifitas, terus membangun prestasi bukan sensani, menghindari pergaluan bebas dengan cara memilih lingkungan positif, dan menjadi anggota organisasi Internal ataupun Eksternal kampus.

Pembangunan karakter sangat penting. Selain UAS UIR juga memberikan pemahaman kepada Mahasiswa Baru berupa Pengenalan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara dalam Upaya Penanggulangan Radikalisme. Materi ini diisi oleh Dan Lanud Roesmin Nurjaddin Marsekal Pertama TNI Feri Yunaldi, SE,M.Han.

Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H.,MCL dalam sambutannya berharap mahasiswa baru dapat mengenali bagaimana nilai budaya, etika, hak dan kewajiban mahasiswa dan mengenali sistem pendidikan di Indonesia. (hms/smh)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content