Email

Kontak

Email

Kontak

Mari Lihat Pendapat Young Voters Universitas Islam Riau tentang Pemilu 2024

Tahun 2024 mendatang Indonesia akan memasuki tahun politik pemilihan Legislatif seperti Dewan Perwakilan Rakyat (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), serta Presiden.

Pemilihan Umum (Pemilu) direncanakan berlangsung pada 14 Februari 2024 secara serentak untuk meminimalisir pengeluaran dan anggaran biaya pemilu. Tentunya ini telah menjadi tahun kedua Indonesia menggelar Pemilu serentak.

Menariknya sekitar 60% pemilih Indonesia di Pemilu 2024 didominasi oleh young voters atau pemilih muda. Data ini disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia August Mellaz, dikutip dari website nasional.tempo.co pada Senin, (29/05/2023).

Young Voters berusia 17 sampai 40 tahun. Ibra Abdillah, mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Riau Angkatan 2022 mengatakan tahun 2024, menjadi tahun pertamanya menggunakan hak pilih.

Ia terbilang berambisi menyambut tahun politik untuk menggunakan hak pilih, menentukan pemimpin yang baru dan diharapkan membawa dampak pada perubahan sosial khususnya bidang Pendidikan.

“Ini menjadi tahun pertama saya mengikuti Pemilu, menggunakan hak pilih yang sebenar-benarnya. Biasanya hanya melakukan demokrasi ruang lingkup kecil seperti pemilihan Ketua OSIS, namun tahun depan sudah memilih presiden”, ujarnya.

Pendapat yang sama disampaikan oleh Diva Cahyaning Sediro, mahasiswa Prodi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), untuk mewujudkan  demokrasi berintegritas dan substansial tidak lepas peran serta anak muda di dalamnya.

“Saya belum tahu pasti bagaimana prosedur penggunaan hak pilih karena ini adalah kali pertamanya mencoblos. Namun saya yakin satu pilihan yang saya gunakan akan berpengaruh besar pada keberhasilan pemilu”, papar Diva.

Tingginya persentase pemilih muda menunjukkan bahwa ini akan menjadi penentu kemenangan kontestasi politik 2024. Namun kedua young voters UIR belum memahami secara keseluruhan hak dan kewajiban yang harus ia tunaikan. Seiring berjalan waktu keduanya berusaha memahami hak pilih. (hms/smh)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content