Celoteh Civitas

Kontak

UIR Berikan Pelatihan Public Speaking Persiapan Mahasiswa PIMNAS 2024

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2024 akan segera berlangsung, dengan Universitas Airlangga sebagai tuan rumah. Seluruh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia akan berkumpul dalam acara bergengsi ini. Dalam rangka persiapan, lima kelompok mahasiswa mendapatkan pelatihan public speaking yang diadakan pada Selasa (16/07/2024) di Auditorium Rektorat Universitas Islam Riau (UIR).

Pelatihan bertujuan untuk memberikan tips dan trik menguasai public speaking serta meningkatkan kepercayaan diri para mahasiswa dalam menghadapi kompetitor dari seluruh Indonesia. Ns. Ari Pristiana Dewi, M.Kep., selaku pemateri public speaking dari Kita Center menyampaikan kepada para mahasiswa pentingnya pengaturan intonasi, kepercayaan diri, inti materi yang ingin disampaikan kepada dewan juri, serta kemampuan menyajikan produk hasil penelitian.

“Pengaturan intonasi, kepercayaan diri, inti materi yang ingin disampaikan kepada dewan juri, kemampuan menyajikan produk hasil penelitian adalah hal penting yang menjadi kunci,” ujar Ari Pristiana.

Lebih lanjut, Ari menekankan pentingnya kemampuan berbicara yang baik, tampilan presentasi yang menarik, serta senyum yang tulus dalam meyakinkan dewan juri. Ia juga memberikan teknik mengatasi gugup saat presentasi, seperti tersenyum tulus, menarik napas dalam 1-3 detik dan mengeluarkannya dari mulut, serta memberikan sugesti pada diri dengan kalimat “saya bisa” secara berulang hingga merasa lebih tenang.

Para mahasiswa yang tergabung dalam lima kelompok tersebut diharapkan dapat berlatih lebih giat dalam waktu yang tidak lama lagi pada 16 – 22 Oktober mendarang. Pelatihan merupakan langkah awal yang penting dalam mempersiapkan diri menghadapi PIMNAS 2024.

Dengan bekal keterampilan public speaking yang baik, diharapkan para mahasiswa dapat tampil maksimal dan memberikan yang terbaik dalam kompetisi nanti.(kh/hms)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts

Jl. Kaharuddin Nasution 113,
Pekanbaru 28284
Riau - Indonesia

FOLLOW UIR

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Copyright © Universitas Islam Riau. Developed by SIMFOKOM

Skip to content